Sukses

10 Tanda-Tanda Hamil 2 Minggu yang Jarang Disadari Wanita, Mirip Menstruasi

Liputan6.com, Jakarta Tanda-tanda hamil 2 minggu dapat dideteksi lewat gejala umum yang juga sering dialami oleh ibu hamil muda, tanda ini kerap dikira menstruasi. Kendati demikian, tanda kehamilan tersebut tidak sepenuhnya akurat dan tetap perlu dilakukan tes kehamilan dengan alat.

Bagi para wanita yang baru mengandung anak pertama, akan mengira sindrom menjelang menstruasi (PMS) sebagai tanda kehamilan sebelum telat period. Memang, PMS dan tanda-tanda hamil 2 minggu sebelum telat menstruasi sedikit serupa.

Mulai perut kram hingga keluar bercak darah. Namun, jika diteliti lebih mendalam terdapat perbedaan antara PMS dengan tanda awal kehamilan. Tahukah kalian, tubuh wanita akan mengalami banyak perubahan menjelang munculnya tanda awal kehamilan sebelum menstruasi. Bahkan di kehamilan muda 1-2 minggu.

Berikut ini ulasan mengenai tanda-tanda hamil 2 minggu yang jarang diketahui oleh para wanita, yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jum’at (27/11/2021).

2 dari 6 halaman

Terjadi Kram dan Keputihan

1. Kram

Memasuki fase kehamilan minggu pertama, kalian akan merasakan beberapa tanda-tandanya. Tanda-tanda hamil 2 minggu yang pertama adalah kram. Kondisi ini memang kerap muncul di kehamilan usia muda. Rasa kram tersebut juga tidak jauh berbeda dengan kram menjelang menstruasi. Akan tetapi di beberapa kasus, para ibu hamil muda ini bisa merasakan rasa kram yang luar biasa. Tak jarang pula disertai dengan kontraksi yang terjadi tiap 5-20 menit sekali. Jika kalian merasakan gejala tersebut, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter kandungan. Agar rasa kram yang begitu sakit tersebut bisa segera ditangani dengan benar.

2. Keputihan

Tanda-tanda hamil 2 minggu atau satu minggu pertama selanjutnya adalah keputihan. Sebenarnya, keputihan berfungsi untuk menjaga sistem reproduksi agar terbebas dari infeksi dan tetap bersih. Keputihan yang muncul di awal kehamilan juga berfungsi sebagai perlindungan pada sistem reproduksi dari infeksi. Akan tetapi, kalian harus waspada bila kadar jumlah keputihan cukup banyak. Selain itu, keputihan yang berwarna kuning atau hijau, berbau tak sedap hingga disertai rasa nyeri juga harus diwaspadai. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter jika mendapati kondisi keputihan yang tak wajar.

3 dari 6 halaman

Timbul Bercak Darah dari Vagina dan Mual

3. Timbul bercak darah dari vagina

Tanda-tanda hamil 2 minggu atau satu minggu pertama berikutnya yakni pendarahan. Sudah menjadi rahasia umum, pendarahan bisa terjadi sebagai tanda awal kehamilan. Pendarahan ini sebagai tanda embrio yang menempel pada dinding rahim. Seperti sebelum-sebelumnya, kalian tetap perlu waspada bila munculnya pendarahan tidak normal. Misalnya seperti pendarahan berwarna merah terang atau merah muda yang disertai dengan munculnya keputihan bak gumpalan darah. Apalagi jika kalian juga merasakan kram yang begitu menyiksa. Segeralah melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

4. Mual

Tanda-tanda hamil 2 minggu lainnya adalah munculnya rasa mual. Tanda kehamilan ini cukup sering dialami oleh para ibu hamil. Siapa sangka, mual bisa berlangsung dari awal kehamilan hingga di minggu kedua belas. Beberapa wanita biasanya lebih sering mengalami mual di pagi hari. Namun, ada pula ibu hamil yang mengalami mual sepanjang hari. Kalian bisa mengatasi perasaan mual dengan cara alami. Cobalah untuk menghindari aroma pemicu timbulnya perasaan mual pada ibu hamil. Selain itu, kalian juga bisa makan dengan porsi sedikit namun sering untuk meredakannya. Jangan lupa pula untuk memperbanyak konsumsi air putih. Sebab, mual biasanya disertai juga dengan muntah yang mampu menyebabkan ibu hamil mengalami dehidrasi.

4 dari 6 halaman

Ukuran Payudara Berubah dan Cepat Lelah 

5. Ukuran payudara berubah

Perubahan ukuran payudara tersebut karena tubuh bersiap untuk proses menyusui. Payudara akan membesar karena ada produksi air susu. Nafsu Makan Berubah Perubahan nafsu makan jadi salah satu tanda-tanda hamil 2 minggu yang bisa Anda alami. Di masa awal kehamilan, nafsu makan Anda akan menurun. Indra pencium dan indra pencecap Anda menjadi lebih sensitif terhadap berbagai jenis makanan. Kopi, telur, dan makanan pedas jadi beberapa jenis makanan yang membuat nafsu makan Anda hilang. Meski demikian, tidak sedikit kasus di mana wanita hamil justru mengalami lonjakan nafsu makan. Hal itu disebabkan karena perubahan hormon dalam tubuh yang berpengaruh pada nafsu makan Anda.

6. Cepat lemas dan lelah

Tubuh yang mudah lelah dan lemah meski tidak habis melakukan sesuatu yang berat bisa jadi tanda-tanda hamil 4 hari. Ibu hamil bisa mengalami kelelahan luar biasa walaupun usia kehamilannya baru 1 minggu. Namun, tidak perlu khawatir karena tanda-tanda hamil ini normal terjadi. Bahkan, mungkin terus terjadi sampai waktunya melahirkan. Penyebabnya, hormon progesteron selama masa kehamilan akan meningkat drastis yang akan mengubah metabolisme tubuh. Selain itu, tubuh wanita akan melemahkan sistem imunnya sejak sebelum implantasi agar embrio dapat melekat dan menetap di rahim. Kekebalan tubuh yang melemah ini juga meningkatkan risiko ibu hamil mudah kelelahan. Kadar gula darah dan produksi darah segar juga cenderung lebih rendah karena sebagian besarnya mengarah ke rahim. Inilah alasannya ibu hamil kerap kali mengeluh tubuhnya mudah capek. Untuk mengatasinya, ibu hamil sebaiknya untuk menyesuaikan aktivitasnya. Selain itu, beristirahat dengan cukup agar tanda-tanda hamil ini tidak membuat ibu hamil terganggu.

5 dari 6 halaman

Sakit Pinggang dan Suhu Tubuh mulai Tinggi

7. Sakit pinggang

Sakit pinggang adalah salah satu tanda-tanda hamil 2 minggu yang umum terjadi. Lokasi nyeri tepatnya berpusat di bagian bawah punggung. Tanda-tanda hamil 2 minggu ini bisa terjadi akibat dampak dari kram implantasi, perut kembung, dan sembelit di awal masa kehamilan. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya konsultasi pada dokter. Nantinya dokter akan meresepkan obat untuk meredakan sakit pinggang. Selain itu, jaga posisi tidur ibu hamil di malam hari dengan benar agar mencegah sakit pinggang bertambah parah.

8. Suhu tubuh tinggi

Suhu tubuh yang tinggi juga bisa menjadi tanda-tanda hamil 2 minggu. Namun yang dimaksud di sini bukan demam melainkan kenaikan suhu internal tubuh saat baru bangun pagi. Suhu tubuh sewaktu bangun pagi disebut dengan Suhu Tubuh Basal (BBT). Suhu BBT dapat naik setelah ovulasi karena peningkatan progesteron setelah masa ovulasi. Kenaikan suhu tubuh basal yang berlangsung selama 18 hari atau lebih termasuk tanda-tanda hamil paling awal. Sayangnya, tanda-tanda hamil ini tidak selalu pasti menandakan bahwa wanita benar mengandung.

6 dari 6 halaman

Perut Kembung dan Indera Penciuman lebih Tajam

9. Perut kembung

Jika rasa mual dan ingin muntah bersamaan dengan sensasi perut kembung, bisa jadi tanda-tanda hamil muda yang patut ibu pertimbangkan. Apalagi jika tanda-tanda hamil ini terjadi setelah mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gas. Perut kembung biasanya muncul pada sekitar minggu ke-4 sampai minggu ke-6 usia kehamilan. Kembung tanda-tanda hamil karena perubahan hormon yang juga dapat memperlambat sistem pencernaan.

10. Indera penciuman lebih sensitif

Kepekaan hidung untuk mencium bau akan meningkat drastis selama kehamilan. Saat mencium bau tertentu, sebagian ibu hamil muda mengalami tanda-tanda hamil 2 minggu seperti mudah merasa pusing, mual dan muntah, atau bahkan rusak suasana hantinya. Padahal, mereka mungkin tidak merasa terganggu dengan aroma tersebut sebelum hamil. Kondisi ini juga memengaruhi ibu hamil saat ngidam. Selera makan ibu hamil mungkin berubah karena mencium bau makanan tertentu.