Sukses

18 Pengertian Statistik Menurut Para Ahli, Fungsi, Jenis, dan Contohnya

Pengertian statistik adalah angka yang dikumpulkan, ditabulasi, serta digolongkan untuk memberikan informasi.

Liputan6.com, Jakarta Memahami pengertian statistik adalah berupa catatan angka-angka (bilangan). Tak sekadar angka, para ahli sepakat pengertian statistik adalah angka yang dikumpulkan, ditabulasi, serta digolongkan untuk bisa memberikan informasi yang akurat dan tepat. Fungsi statistik adalah menyelesaikan masalah dengan praktis.

“Pengertian statistik adalah data kuantitatif baik yang masih belum tersusun atau yang sudah tersusun dalam bentuk table.,” dijelaskan ahli dalam bidang ini, Anto Dajan.

Ada dua fungsi stastistik yang perlu diketahui. Fungsi statistik deskriptif, untuk mendeskripsikan atau menerangkan data serta peristiwa. Kemudian fungsi inferensial, untuk memprediksi serta mengendalikan seluruh populasi berdasarkan data, gejala, dan peristiwa yang terdapat ada proses penelitian.

Berikut Liputan6.com ulas tentang pengertian statistik menurut para ahli lebih jauh, Senin (29/11/2021).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Statistik Menurut Para Ahli

1. Pengertian Statistika Menurut Prof. Dr. Agus Irianto

Pengertian statistika adalah cara yang berhubungan dengan pengumpulan data, analisis data, serta penarikan kesimpulan dari data-data yang berbentuk angka dengan memakai asumsi tertentu.

2. Pengertian Statistik Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian statistik adalah data yang berupa angka yang dikumpulkan, ditabulasi, digolong-golongkan sehingga dapat memberi informasi yang berarti mengenai suatu masalah atau gejala.

3. Pengertian Statistika Menurut Ir. M. Iqbal Hasan, MM

Pengertian statistika adalah ilmu yang mempelajari seluk beluk data mengenai tata cara pengumpulan data, pengolahan data, penganalisaan, penafsiran dan penarikan kesimpulan dari suatu data dalam bentuk angka-angka.

4. Pengertian Statistika Menurut Croxton dan Cowden

Pengertian statistika adalah metode yang diguankan mengumpulkan, mengolah serta untuk menyajikan dan juga menginterpresentasikan data yang berbentuk angka-angka.

5. Pengertian Statistik Menurut Anto Dajan

Pengertian statistika adalah data kuantitatif baik yang masih belum tersusun atau yang sudah tersusun dalam bentuk table.

6. Pengertian Statistika Menurut Mood, Graybill & Boes

Pengertian statistika adalah metode ilmiah serta ada kaitan dengan percobaan, penyelidikan dan juga penarikan kesimpulan.

7. Pengertian Statistika Menurut Anderson & Bancroft

Pengertian statistik adalah ilmu serta seni perkembangan dan juga metode yang paling tepat dan efektif untuk pengumpulan, mentabulasikan serta menginterprestasikan data-data kuantitatif.

8. Pengertian Statistika Menurut Stoel Torrie

Pengertian statistika adalah cara maupun metode yang memberikan langkah-langkah  untuk menilai ketidak pastian dari kesimpulan yang bersifat induktif.

9. Pengertian Statistika Menurut Supranto

Pengertian statistik adalah ilmu yang dalam hal ini mempelajari mengenai cara pengumpulan, penyajian, menganalisis data dan juga mengambil kesimpulan secara umum yang mana berdasarkan atas hasil dari penelitian menyeluruh yang sudah dilakukan.

3 dari 5 halaman

Pengertian Statistik Menurut Para Ahli Selanjutnya

10. Pengertian Statistik Menurut Modenhall

Pengertian statistik adalah bidang sains yang mana ada hubungannya dengan ekstrasi informasi pada sebuah data numerik dan dipakai untuk membuat keputusan pada suatu populasi yang mana data itu didapatkan.

11. Pengertian Statistika Menurut Kendal & Stuart

Pengertian statistika adalah cabang dari metode ilmiah yang mana ada kaitannya dengan pengumpulan data yang dikumpulkan dengan cara mengukur sifat-sifat pada populasi yang ditemukan.

12. Pengertian Statistika Menurut Asher

Pengertian statistika adalah ada kaitannya dengan suatu langkah atau metode untuk menarik sebuah kesimpulan dari hasil uji coba.

13. Pengertian Statistika Menurut Marguerrite F. Hall

Pengertian statistika adalah suatu teknik yang mana dipakai dalam pengumpulan data, menganalisa, menyimpulkan serta mengadakan penafsiran data dalam bentuk angka.

14. Pengertian Statistika Menurut Freund & Walpole

Pengertian statistika adalah sains untuk pengambilan suatu keputusan yang masih belum pasti.

15. Pengertian Statistika Menurut Sudjana

Pengertian statistika adalah pengetahuan yang ada kaitannya dengan teknik-teknik maupun cara-cara pengumpulan data, pengolahan, penganalisaan, penarikan kesimpulan, penyajian data serta publikasi dari data-data dalam bentuk angka.

16. Pengertian Statistik Menurut Sugiyono

Pengertian statistik adalah data serta alat. Secara luas, statistik yang mana hal ini suatu alat untuk menganalisis serta mengambil sebuah keputusan.

17. Pengertian Statistika Menurut Prof. Drs. Sutrisno Hadi, MA

Pengertian statistik adalah cara dalam mengolah data serta menarik sebuah kesimpulan dan juga keputusan yang logis dari sebuaah pengolahan data.

18. Pengertian Statistika Menurut Suntoyo Yitnosumarto

Pengertian statistika adalah sebuah informasi yang mana memakai metodologi serta cara-cara perhitungan dalam untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan praktis yang muncul.

4 dari 5 halaman

Tujuan, Fungsi, dan Jenis-Jenis Statistik

1. Tujuan Statistik

- Untuk membuat deskripsi atau juga untuk menjelaskan data mengenai populasi yang diselidiki.

- Untuk membantu dalam membuat estimasi mengenai nilai yang tidak diketahui dengan berdasarkan data yang dianalisis.

- Untuk membuat estimasi tentang suatu akibat hipotesis yang diterima. Estimasi tersebut yang nantinya akan dipakai sebagai dasar dalam mengambil keputusan.

- Untuk mengurangi jumlah populasi yang luas pada ukuran yang lebih kecil supaya lebih mudah untuk dipahami.

2. Fungsi Statistik

- Fungsi Deskriptif

Fungsi statistik dapat mendeskripsikan atau menerangkan data serta peristiwa yang dikumpulkan dengan melalui proses penelitian dan penyelidikan.

- Fungsi Inferensial

Fungsi statistik selanjutnya ialah digunakan untuk memprediksi serta mengendalikan seluruh populasi dengan berdasarkan data, gejala, dan peristiwa yang terdapat ada proses penelitian. Fungsi tersebut dimulai dengan membuat suatu estimasi dan hipotesis.

3. Jenis-Jenis Statistik

- Berdasarkan Orientasi Pembahasan

Statistik matematika: statistik yang lebih memahami pemahaman model, rumus statistik matematika-teoritis, penurunan konseptual. 

Statistik terapan: statistik yang lebih fokus pada pemahaman konsep, teknik statistik, dan penerapannya dalam disiplin ilmu tertentu.

- Berdasarkan Fase dan Tujuan Analisis

Statistik deskriptif: statistik yang berkaitan dengan pengumpulan pemrosesan, analisis, dan penyajian data tanpa kesimpulan umum. Bentuk statistik ini umumnya dalam bentuk tabel, grafik, diagram, mode, dan sebagainya.

Statistik inferensial: statistik yang prosesnya memungkinkan kesimpulan umum untuk diambil pada data yang sedang diproses.

- Berdasarkan Asumsi Distribusi Populasi Data

Statistik parametik: statistik berdasarkan model distribusi normal.

Statistik non-parametrik: statistik yang dilakukan dengan metode distribusi gratis atau tidak berdasarkan model distribusi normal.

- Berdasarkan Jumlah Variabel Terikat

Statistik univariat: statistik yang hanya memiliki satu variabel dependen.

Statistik multivariat: statistik yang memiliki lebih dari satu variabel dependen.

5 dari 5 halaman

Contoh Statistik dan Statistika

Contoh statistik pada kehidupan sehari-hari:

1. Data kepemilikan kendaraan bermotor di wilayah tertentu

2. Data kependudukan dan perekonomian milik Badan Pusat Statistik (BPS)

3. Data kependudukan suatu desa melalui survei

4. Data belanja daerah dan anggaran pemerintah daerah milik Kementerian Keuangan (DPJK)

5. Data guna lahan kabupaten tertentu yang dikeluarkan oleh Dinas Pertanahan

Contoh statistika pada kehidupan sehari-hari:

1. Pengolahan data kependudukan kawasan tertentu untuk menentukan transisi demografi

2. Pengolahan data kependudukan wilayah tertentu untuk menentukan piramida penduduk dengan analisis cohort demografi

3. Menemukan rata-rata serta standar deviasi atas nilai ujian mahasiswa

4. Menemukan median usia penduduk pada suatu desa

5. Prediksi penduduk di masa depan dengan memanfaatkan proyeksi penduduk aritmatik

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.