Sukses

Viral Dokter di Depok Tak Pasang Tarif untuk Pasien, Alasannya Bikin Salut

Liputan6.com, Jakarta Sudah menjadi rahasia umum jika biaya untuk ke dokter atau ke rumah sakit kerap kali menghabiskan uang yang tak sedikit. Tak heran jika sebagian masyarakat kecil lebih memilih untuk merawat sakitnya di rumah dengan obat-obatan yang ada di pasaran.

Namun baru-baru ini viral seorang dokter yang diketahui tak mematok biaya ke pasiennya. Dokter tersebut tak pasang tarif bagi siapapun yang hendak berobat kepadanya.

Ia adalah dr. Rinal Dhuhri, seorang dokter yang membuka praktiknya di Jalan Jatimulya, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat. Ia jadi viral usai beberapa kali ia mengunggah video di TikTok pribadinya.

dr. Rinal mengaku sebenarnya sudah lama ingin melakukan aksi mulia tersebut. Hingga akhirnya pada 15 November 2021 lalu, ia menyampaikan jika pengobatan di tempatnya tak mematok biaya hingga membuat pasien berbondong-bondong mendatangi kliniknya.

2 dari 4 halaman

Tak Patok Biaya

Seorang dokter umum bernama Rinal Dhuhri kini mendadak jadi sorotan. Pasalnya ia tak patok tarif pengobatan dan rela mendapatkan bayaran seikhlasnya dari para pasien yang datang ke tempat praktiknya. Berlokasi di Jalan Jatimulya, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat, aksinya itu pun bikin salut.

"Jadi berobat di tempat saya mulai hari ini, tanggal 15 November 2021, Insya Allah untuk ke depannya kita akan mengadakan berobat umum, bayar seikhlasnya," terang dokter berusia 32 tahun tersebut di unggahan TikTok miliknya @dr.rinaldhuhri, dikutip oleh Liputan6.com, Senin (29/11/2021).

Rupanya, aksi Rinal ini bertujuan agar masyarakat tak lagi takut untuk datang ke dokter karena tak perlu lagi terbayang biaya yang mahal. Ia juga menegaskan jika dirinya tetap menangani pasien sesuai dengan prosedur.

3 dari 4 halaman

Ingin Mendapatkan Berkah

Lebih lanjut dr. Rinal berharap keputusannya itu bisa menjadi amal baiknya kelak, hingga berbuah berkah bagi siapa saja yang terbantu melalui jasanya. 

"Semoga ini bisa menjadi berkah, menjadi amal baik saya untuk seluruh orang di manapun yang terjangkau ke tempat saya silakan, Insya Allah saya tangani,” katanya lagi.

Tak hanya berjaga di klinik, ia bahkan tak segan utnuk datang ke rumah pasien lansia yang tak bisa datang berobat. dr. Rinal juga membantu pasien untuk mendapatkan rujukan ke rumah sakit bila sekiranya diperlukan.

4 dari 4 halaman

Dibayar Pakai Buah dan Sayur

Sejak memutuskan untuk tak mematok tarif pengobatan di kliniknya, dr. Rinal pernahdibayar oleh pasien dengan buah dan sayur. Menurutnya, itu adalah salah satu momen pengalamannya yang sukses bikin ia terharu.

dr. Rinal mengaku dalam sehari dirinya mampu menangani hingga 60 pasien. Jadwal praktiknya setiap hari Senin hingga Sabtu, pukul 08.00-12.00 WIB siang dan pukul 19.00-22.00 WIB malam.

"Di sini dibuka praktik dengan biaya seikhlasnya, dan saya bisa terbantu di sini," tutur Atin, salah seorang pasien yang mengantre di klinik milik dr. Rinal Dhuhri.