Sukses

Arti Afirmasi Positif pada Diri Sendiri dan Manfaatnya dalam Kehidupan

Liputan6.com, Jakarta Arti afirmasi mungkin masih belum dipahami oleh sebagian orang. Istilah ini kerap kali dimaknai sebagai suatu penegasan yang bermakna positif. Afirmasi berhubungan dengan diri sendiri, bagaimana seseorang menegaskan sesuatu pada dirinya sendiri.

Afirmasi biasanya berupa kalimat yang dapat memengaruhi pikiran sadar dan bawah sadar seseorang. Hal ini nantinya dapat memengaruhi perilaku, pola pikir, kebiasaan, dan lingkungan orang tersebut. 

Arti afirmasi bisa membuat kamu lebih percaya diri dalam menjalani kehidupan. Seperti yang diketahui, afirmasi memang berhubungan dengan cara seseorang untuk memikirkan hal positif tentang dirinya, dan membuatnya menjadi suatu penetapan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (29/11/2021) tentang arti afirmasi.

2 dari 5 halaman

Arti Afirmasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti afirmasi adalah penetapan yang positif. Arti afirmasi juga dapat dipahami sebagai penegasan atau peneguhan. Selain itu, pada KBBI, arti afirmasi juga dapat dimaknai sebagai pernyataan atau pengakuan yang sungguh-sungguh (di bawah ancaman hukum) oleh orang yang menolak melakukan sumpah. Dalam kata lain, arti afirmasi adalah pengakuan.

Arti afirmasi perlu dilihat dari konteksnya. Arti afirmasi adalah suatu penetapan yang positif, penegasan, atau peneguhan terhadap diri sendiri maupun orang lain untuk mendapatkan pengaruh positif dari suatu hal yang dilakukannya. Afirmasi positif dapat membangun pribadi dan jadi motivasi untuk perubahan dan kemajuan dalam kegiatan sehari-hari seseorang. Jadi, Arti afirmasi bagi diri sendiri adalah penegasan yang berkaitan dengan hal-hal yang positif.

Dalam suatu kebijakan, arti afirmasi adalah rencana atau rancangan kegiatan positif yang dilakukan untuk memberikan fasilitas untuk seseorang atau target tertentu yang memiliki kekurangan, baik di bidang ekonomi, pendidikan, dan bidang-bidang lainnya.

Oleh karena itu, kamu mungkin sudah tidak jarang mendengar adanya istilah beasiswa afirmasi dalam bidang pendidikan. Seperti yang telah diketahui, kebijakan-kebijakan afirmatif biasanya bisa berupa bantuan pendidikan, bantuan sosial, pelatihan keterampilan, dan lain sebagainya. Kebijakan afirmasi tersebut ditujukan untuk memberikan motivasi dan membantu orang-orang yang menginginkan perubahan menjadi lebih baik.

3 dari 5 halaman

Afirmasi Positif Terhadap Diri Sendiri

Arti afirmasi dapat dikatakan sebagai pernyataan yang diucapkan secara terus menerus kepada diri sendiri dengan rasa percaya diri tentang kebenaran dan pernyataan yang baik tentang dirinya. Arti afirmasi telah membantu ribuan orang untuk membuat perubahan signifikan dalam kehidupan mereka.

Namun tidak semua orang yang melakukan afirmasi dapat berhasil. Afirmasi dapat berhasil jika ia memiliki kemampuan untuk memprogram pikiran untuk mempercayai konsep yang sudah dinyatakan. Hal ini bisa terjadi karena pikiran tidak mengetahui perbedaan antara apa yang nyata dan fantasi.

Banyak dari kita merasa tidak mampu akan satu hal, karena saat masih kecil secara sadar atau tidak sadar guru, orang tua, atau pelatih memberi arahan bahwa kamu tidak mampu untuk melakukan itu. Seperti contoh "kamu terlalu gemuk susah untuk bisa berenang”, pernyataan yang tidak bijak ini dapat tinggal bersama dalam pikiran kamu yang kemudian kamu perkuat sepanjang hidup. Jika keyakinan negatif berakar dalam di alam bawah sadar, maka keyakinan itu memiliki kemampuan untuk mengesampingkan afirmasi positif. Pola pikir negatif yang terlalu kuat melumpuhkan efek dari pernyataan-pernyataan positif lainnya.

4 dari 5 halaman

Manfaat Melakukan Afirmasi Positif

Afirmasi memiliki manfaat yang sangat baik untuk seseorang jika diucapkan secara rutin. Berikut beberapa manfaat afirmasi seperti dikutip Liputan6.com dari Fimela:

- Menimbulkan rasa percaya diri. Afirmasi memiliki manfaat untuk membuat seseorang menjadi lebih percaya diri. Afirmasi bisa membuat kamu percaya, bahwa kamu memiliki kelebihan, kreatif, bisa melalui segala rintangan, dan merupakan pribadi yang kuat.

- Mencegah depresi. Kesehatan mental harus dijaga agar seseorang tidak mudah Depresi. Kamu harus menyemangati diri sendiri dengan afirmasi positif, agar tidak mudah depresi dan kuat menghadapi setiap masalah yang ada.

- Meningkatkan kesehatan. Pikiran negatif dan perilaku negatif bisa membuat sistem imunitas tubuh menjadi lemah. Pikiran negatif juga bisa membuat seseorang menjadi stres, overthinking, kemudian menjadi susah untuk tidur. Jika kamu memberikan afirmasi positif terhadap diri sendiri, hal ini akan membuat dirimu lebih bahagia. Secara sederhana, pikiran positif dan kebahagiaan bisa membuat sistem imun tubuh kuat, sehingga kamu tidak mudah sakit.

- Menimbulkan kenyamanan dan rasa bahagia. Pada saat mengutarakan afirmasi positif kepada diri sendiri, kamu akan merasakan kenyamanan hati dan pikiran. Afirmasi positif bisa membuatmu lebih tenang dan yakin, bahwa kamu bisa melalui setiap harinya dengan kuat. Afirmasi positif bahkan juga bisa membuat seseorang menjadi lebih bahagia.

5 dari 5 halaman

Cara Menerapkan Afirmasi Positif pada Diri Sendiri

Tulis Daftar Kritik dari Orang Lain

Tulislah semua kritik apa pun yang dilontarkan oleh orang lain tentang kamu selama ini, baik itu orang tua, saudara, teman, ataupun atasan. Jangan menilai kritikan tersebut sebagai sesuatu yang akurat, karena semua manusia juga memiliki kekurangan.

Catat saja segala kritikan dari berbagai orang dengan tema yang umum seperti "saya tidak layak”. ini akan menjadi permulaan yang bagus untuk mulai membuat perubahan dalam hidup. Ketika menulis berulang kali coba rasakan diri sendiri, apakah kritikan orang itu membangun dan bermanfaat atau justru sekedar omong kosong saja.

Tulislah Penegasan Tentang Aspek Positif dari Penilaian Diri

Kamu mungkin ingin menggunakan tesaurus untuk menemukan kata-kata yang lebih kuat untuk memperkuat pernyataan. Misalnya, alih-alih mengatakan, "Saya berharga”, kamu bisa mengatakan, "Saya luar biasa dan berharga”. Setelah menulis afirmasi mengenai dirimu, mintalah seorang teman dekat untuk membacanya dan melihat apakah mereka memiliki saran agar sebuah afirmasi yang sudah kamu tulis lebih kuat.

Ucapkan Afirmasi dengan Suara Lantang Selama 5 Menit Setiap 3 Kali Sehari

Waktu yang ideal untuk melakukan ini adalah saat sedang merias wajah atau bercukur sehingga kamu dapat melihat diri sendiri di cermin saat mengulangi pernyataan positif. Cara lain yang dapat membantu memperkuat keyakinan apabila sedang berada di tempat kerja, kuliah, atau sekolah yaitu dengan menuliskan afirmasi beberapa kali di buku catatan.

Mintalah Seorang Teman atau Pelatih untuk Mengulangi Afirmasi Positif Padamu

Seperti yang akan mereka katakan, misalnya, "kamu luar biasa dan sangat berharga”, mengidentifikasi pernyataan ini sebagai pesan yang baik. Jika kamu tidak memiliki seseorang yang nyaman untuk bertanya, gunakan bayangan di cermin sebagai orang yang memperkuat pesan yang baik dan sehat.