Sukses

Parameter adalah Ukuran Seluruh Populasi dalam Penelitian, Kenali Bidangnya

Parameter adalah istilah yang berkaitan dengan ukuran ataupun tolok ukur.

Liputan6.com, Jakarta Parameter adalah istilah yang berkaitan dengan ukuran ataupun tolok ukur. Istilah ini biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari di berbagai bidang. Tentunya kamu sudah tidak jarang mendengar istilah parameter bisnis atau parameter politik.

Parameter memiliki definisi yang lebih spesifik di beberapa bidang ilmu. Oleh karena itu, mengenali istilah parameter ini perlu dilakukan dengan memahami konteks atau bidangnya. Apalagi banyak istilah lainnya yang maknanya tidak jauh berbeda dengan kata parameter ini.

Parameter adalah ukuran suatu keadaan secara relatif. Istilah parameter ini biasanya digunakan untuk membantu dalam menentukan atau mengklasifikasikan sistem tertentu. Jadi, parameter adalah komponen yang berguna dalam mengidentifikasi suatu sistem.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (30/11/2021) tentang parameter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Parameter adalah

Parameter adalah istilah yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu para yang berarti di samping, dan metron yang berarti ukuran. Secara umum, parameter adalah karakteristik apa pun yang dapat membantu dalam mendefinisikan mengklasifikasikan sistem tertentu (suatu peristiwa, proyek, objek, situasi, dan lain-lain). Hal ini berarti, parameter adalah elemen sistem yang berguna atau kritis, saat mengidentifikasi sistem, atau saat mengevaluasi kinerja, status, kondisi, dan lain-lain.

Parameter adalah istilah yang merujuk pada ukuran atau patokan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), parameter adalah ukuran seluruh populasi dalam penelitian yang harus diperkirakan dari yang terdapat di dalam percontoh. Parameter adalah sebuah tolak ukur terhadap suatu nilai dengan kondisi yang akan diharapkan dapat tercapai dan dapat menjadi salah satu syarat dalam pencapaian tujuan.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, parameter memiliki arti yang lebih spesifik dalam berbagai disiplin ilmu, seperti pada matematika, pemrograman komputer, teknik, statistik, logika, linguistik, hingga komposisi musik elektronik.Selain digunakan pada penggunaan teknis, ada juga penggunaan yang diperluas, terutama dalam konteks non-ilmiah, di mana istilah ini digunakan untuk mengartikan karakteristik atau batasan, seperti dalam frasa 'parameter pengujian' atau 'parameter permainan'. 

3 dari 4 halaman

Pengertian Parameter dalam Berbagai Bidang

Parameter dalam Bisnis

Dalam bisnis, parameter adalah ukuran atau patokan yang digunakan terhadap pertumbuhan bisnis. Biasannya parameter ini digunakan untuk sebuah bisnis di mana kamu dapat menjadikannya sebagai tolak ukur keberhasilan dari usaha kita dengan melihat kenaikan atau apapun itu yang dijadikan parameternya.

Bisinis adalah sebuah kegiatan yang dilakuan dari produsen kepada konsumen untuk menarik pelanggan demi tujuan mendapatkan laba atau keuntungan yang sebesar besarnya. Bisinis memliki tujuan seperti :

- Menyediakan barang maupun jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.

- Memperbaiki atau meningkatkan ekonomi dari pemilik bisnis dan orang yang ada di dalamnya.

- Memperbanyak lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

- Memperbaiki kehidupan ekonomi masyarakat secara luas.

 

Parameter dalam Ilmu Lingkungan

Dalam ilmu lingkungan dan khususnya dalam kimia dan mikrobiologi, parameter digunakan untuk menggambarkan entitas kimia atau mikrobiologis diskrit yang dapat diberi nilai. Hal ini pada umumnya konsentrasi, tetapi mungkin juga entitas logis (ada atau tidak ada), hasil statistik seperti sebagai nilai persentil 95 atau dalam beberapa kasus nilai subjektif.

4 dari 4 halaman

Pengertian Parameter dalam Berbagai Bidang

Parameter dalam Musik

Dalam teori musik, parameter menunjukkan elemen yang dapat dimanipulasi (dikomposisikan), secara terpisah dari elemen lainnya. Istilah ini digunakan terutama untuk nada, kenyaringan, durasi, dan timbre, meskipun ahli teori atau komposer terkadang mempertimbangkan aspek musik lainnya sebagai parameter.

Istilah ini terutama digunakan dalam musik serial, di mana setiap parameter dapat mengikuti beberapa seri tertentu. Istilah ini juga umum dalam produksi musik, karena fungsi unit pemrosesan audio (seperti serangan, pelepasan, rasio, ambang batas, dan variabel lain pada kompresor) ditentukan oleh parameter khusus untuk jenis unit (kompresor, equalizer, penundaan, dan lain-lain). 

Parameter dalam Statistika

Dalam statistika, parameter adalah nilai yang mentukan suatu populasi. Untuk menentukan nilai populasi ini, maka harus dilakukan pengamatan dari setiap anggota populasi tersebut. Sementara itu, statistik menggunakan suber data yang berasal dari sampel untuk menghitung mean atau rata-rata dan standar deviasi. Rata-rata sampel menjadi dugaan rata-rata populasi, sedangkan standar deviasi sampel menjadi duggan standar deviasi populasi. Pada dasarnya, nilai statistik dihitung dengan menggunakan semua hasil sampel atau amatan atau observasi.

Dalam statistika, parameter adalah istilah yang artinya hampir sama dengan statistika. Namun, perbedaannya terletak pada sumber data yang digunakan tadi. Seperti yang telah disebutkan, statistik menggunakan sumber data yang berasal dari sampel. Hal ini berbeda dengan parameter, yang menggunakan sumber data yang berasal dari populasi. Bahkan, statistik digunakan untuk mengestimasi nilai dari parameter populasi. 

Itulah beberapa pengertian parameter yang mungkin perlu kamu pahami sesuai bidangnya. Parameter harus dimaknai sesuai konteks, karena pengertiannya akan berbeda sesuai dengan bidangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.