Sukses

6 Potret Fosse Dionne, Mata Air Misterius yang Tak Memiliki Dasar

Liputan6.com, Jakarta Tuhan menciptakan alam ini dengan begitu luar biasa indahnya. Berbagai pemandangan alam yang memesona selalu berhasil membuat takjub siapapun yang memandangnya. Sesuatu yang patut disyukuri dan dijaga agar tetap lestari dan indah.

Selain itu, alam menyimpan berbagai misteri yang belum bisa dipecahkan oleh manusia. Hal itu tentu saja mengundang berbagai pertanyaan di benak banyak orang dan kerap menjadi topik menarik untuk dibicarakan. Seperti halnya dengan sumber mata air bawah tanah yang dikenal sebagai Fosse Dionne di wilayah Burgundy, Prancis.

Sumber mata air ini dikenal misterius karena selama berabad-abad, belum ada satupun orang yang mampu melihat dasarnya. Fosse Dionne adalah sebuah kolam di sekitar kota Tonnerre yang didalamnya terdapat sumber mata air bawah tanah. Dahulu kala, Bangsa Romawi menggunakannya untuk air minum, bangsa Celtic menganggapnya suci, dan Prancis menggunakannya sebagai pemandian umum.

Akan tetapi, hingga kini belum ada orang yang mampu mencapai dasar dari sumber air tersebut. Banyak yang telah mencoba menyelam untuk menemukan dasarnya, namun gagal. Bahkan ada beberapa yang meninggal. Tahun lalu, walikota Tonnerre menyewa seorang penyelam profesional bernama Pierre-√Čric Deseigne untuk memecahkan misteri tersebut.

Penyelam ini turun lebih dari 70 meter di bawah tanah, menjelajah lebih dari 370 meter dari pintu masuk rongga. Akan tetapi ia tidak dapat mencapai sumbernya. Berikut 6 potret Fosse Dionne, mata air misterius yang tak memiliki dasar, dilansir Liputan6.com dari Oddity Central, Rabu (1/12/2021).

2 dari 7 halaman

1. Keberadaan Fosse Dionne, sebuah mata air di wilayah Burgundy, Prancis, menjadi daya tarik selama ratusan tahun.

3 dari 7 halaman

2. Namun selama itu pula, misteri mengenai sumber air di sumur itu tak juga terpecahkan.

4 dari 7 halaman

3. Fosse Dionne memiliki sumur yang tampak dangkal. Akan tetapi, hingga saat ini tidak ada satupun orang yang mampu mencapai dasarnya.

5 dari 7 halaman

4. Hingga akhirnya banyak cerita masyarakat yang beredar tentang mata air misterius ini.

6 dari 7 halaman

5. Banyak yang percaya sumur mata air ini merupakan rumah seekor ular raksasa mematikan di bagian dasarnya.

7 dari 7 halaman

6. Sementara menurut yang lain, sumur ini menjadi pintu gerbang menuju dunia lain.