Sukses

Selain Estetika, Ini 7 Fungsi Tersembunyi di Balik Tanda Kecil Pada Baju

Pada setiap jenis baju terdapat sebuah tanda kecil yang punya fungsi dan jarang diketahui.

Liputan6.com, Jakarta Selain berfungsi sebagai penutup tubuh pemakainya, baju tentunya mempunyai fungsi dan tujuan untuk membuat penampilan seseorang jadi lebih menarik. Seiring dengan perkembangan zaman, jenis baju ataupun model baju pun kian beragam.

Setiap jenis ataupun model baju tentunya ada keunikannya tersendiri. Salah satunya tanda ataupun benda kecil yang memang tertempel pada baju tersebut. Seperti tanda segitiga pada bagian depan kaus, kancing bahu pada jaket, dan lain sebagainya.

Fungsi tersembunyi pada tanda ataupun benda kecil pada baju jarang diketahui, pasalnya banyak yang mengira jika tanda ataupun benda kecil yang tertempel pada baju hanya sebagai hiasan atau estetika.

Walaupun kecil dan seperti tidak terlihat, namun ada banyak fungsi dari tanda dan benda kecil tersebut. Kreator produk pasti punya maksud tertentu yang mungkin tidak dipahami oleh pengguna.

Berikut Liputan6.com merangkum dari Brightside tentang fungsi tersembunyi di balik tanda dan benda kecil pada baju, Rabu (1/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Tanda Segitiga Pada Kaus

Tanda segitiga pada bagian depan kaus tentunya hampir semua orang mengetahuinya. Bukan sebagai hiasan atau estetika semata, rupanya ada makna di balik tanda segitiga pada bagian depan kaus tersebut.

Semua kaus klasik memiliki tanda segitiga pada bagian depan kaus. Melansir dari Brightside, tanda segitiga tersebut kini beralih fungsi yang hanya berfungsi sebagai sentuhan klasik saja. Namun dulu, ketika kaus pertama kali muncul, tanda segitiga pada bagian depan kaus dibuat lebih tebal untuk menampung keringat pemiliknya dan tidak membiarkan kerahnya meregang begitu cepat.

3 dari 8 halaman

2. Kancing Pada Bahu Jaket

Bagi kamu pengoleksi jaket tentunya sudah sangat sering melihat sebuah kancing yang terdapat pada bagian baju jaket. Bukan tanpa alasan, kancing pada bagian bahu jaket punya fungsi praktis yang tentunya bermanfaat untuk si pemakai.

Kancing pada bagian bahu jaket dibuat agar ketika si pemakai memakai tas, tas yang di punggungnya tidak mudah terjatuh.

4 dari 8 halaman

3. Lingkaran di Bagian Belakang Kemeja

Tanda satu ini tentunya sering ditemukan pada kemeja. Terlihat unik, lingkaran pada baju kemeja tersebut mempunyai fungsi yang jarang diketahui. Kemeja dengan loop di bagian belakang sangat populer di kalangan pelaut yang tidak memiliki banyak ruang untuk menyimpan pakaian mereka.

Pada tahun 1960-an, GANT menambahkan loop pada kemeja mereka agar mahasiswa dapat menggantungnya di loker mereka. Kemudian, siswa menggunakan loop untuk menandai status hubungan. Jika seorang pria tidak memiliki lingkaran, itu berarti dia berkencan dengan seseorang.

Dulu sangat populer di kalangan pelaut, saat ini, lingkaran tersebut makin populer dan lingkaran pada kemeja tersebut memungkinkan si pemilik baju untuk menggantungkan kemeja itu pada sebuah kail.

5 dari 8 halaman

4. Lubang Horizontal untuk Kancing Atas Kemeja

Hampir semua kemeja terdapat lubang horizontal pada kancing atas kemeja. Bahkan kancing atas kemeja ini bisa digunakan ataupun bisa tidak digunakan tergantung kenyamanan si pemakai. Penampilan seseorang pun jadi terlihat sangat berbeda ketika kerah kemeja dikancing dan tidak dikancing.

Lubang horizontal pada kancing bagian atas kemeja dibuat khusus untuk seseorang yang menggunakan dasi. Melansir dari Brightside, dengan adanya lubang horizontal tersebut, seseorang bisa memakai dasi tanpa melepas kemeja.

6 dari 8 halaman

5. Gantungan Baju Kayu

Ada banyak jenis gantungan baju, salah satunya gantungan baju kayu. Bisa dikatakan, gantungan baju kayu lebih bagus digunakan untuk menggantung baju. Pada zaman dahulu, kayu merupakan satu-satunya bahan yang digunakan untuk membuat gantungan. Gantungan yang terbuat dari jenis kayu tertentu melindungi pakaian dari ngengat dan serangga.

7 dari 8 halaman

6. Dua Kantong di Sisi Kanan Jaket

Meski tidak terdapat pada semua jaket ataupun jas, namun untuk beberapa jenis, dua kantong pada sisi kanan jaket kerap ditemukan. Pada beberapa jaket klasik, kerap ditemukan 2 kantong di sisi kanan. Pada zaman dahulu, para pria biasa menyimpan tiket kereta api mereka di dalamnya. Namun saat ini, hampir jarang ditemukan lagi.

8 dari 8 halaman

7. Tali Pada Bagian Belakang Jas

Pada winter coat ataupun jas, tali dengan dua kancing di bagian belakang sangat familiar. Selain sebagai keindahan dan mempercantik model winter coat ataupun jas tersebut, tali dengan dua kancing di bagian belakang berfungsi untuk mengencangkan seragam agar siluetnya ramping.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.