Sukses

Beda Cara 12 Negara Dunia Hadapi Varian Omicron

Mayoritas negara-negara dunia menghadapi varian Omicron dengan memperketat penelusuran kontak dan menutup pintu kedatangan Internasional.

Liputan6.com, Jakarta Negara-negara dunia mulai melakukan antisipasi masuknya varian Omicron yang pertama kali ditemukan di Afrika Selatan. Apalagi setelah Badan Kesehatan Dunia atau WHO resmi menjadikan varian Omicron sebagai Variant of Concern (VoC) atau berisiko sangat tinggi.

Indonesia merupakan salah satu negara yang sudah mulai melakukan sejumlah langkah antisipasi terhadap varian Omicron. Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengungkapnya di siaran pers yang diterima Liputan6.com pada 1 Januari 2021.

Cara menghadapi varian Omicron di Indonesia adalah mulai mengkaji ulang kebijakan pembatasan pada pintu masuk negara. Mulai meningkatkan Whole Genum Sequencing (WGS), memastikan mobilitas masyarakat aman, dan memasifkan testing serta tracing pada pelaku perjalanan luar negeri.

Lalu, bagaimana cara negara dunia menghadapi varian Omicron tersebut? Pada keterangan pers yang disampaikan oleh Satgas Wiku, mayoritas negara-negara dunia menghadapi varian Omicron dengan memperketat penelusuran kontak dan menutup pintu kedatangan Internasional.

Berikut Liputan6.com ulas beda cara 12 negara dunia menghadapi varian Omicron, Rabu (1/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Negara Dunia Hadapi Varian Omicron

1. Italia

Cara menghadapi varian Omicron di Italia dengan penelusuran kontak kasus positif pelaku perjalanan ke negara-negara di Afrika. Kemudian, pemerintah Italia dalam menghadapi varian Omicron mulai meningkatkan kapasitas penelusuran kontak secara umum, termasuk cakupan Whole Genum Sequencing (WGS) agar semakin cepat mendeteksi varian Omicron.

2. Jerman

Cara menghadapi varian Omicron Jerman adalah memberlakukan travel ban atau melarang adanya perjalanan dari negara di Afrika. Larangan ini dikecualikan bagi warga negara Jerman. Cara menghadapi varian Omicron di Jerman adalah diwajibkan karantina 14 hari bagi yang kembali dari Afrika.

3. Belanda

Cara menghadapi varian Omicron di Belanda adalah memberlakukan kebijakan testing bagi seluruh pelaku perjalanan dari Afrika Selatan. Belanda melakukan WGS pada semua pelaku perjalanan dari Wilayah Afrika yang sudah masuk ke negaranya.

4. Inggris

Cara menghadapi varian Omicron di Inggris adalah melakukan isolasi dan testing ulang bagi pelaku perjalanan yang positif varian Omicron. Tak hanya itu, cara menghadapi varian Omicron di Inggris adalah mulai menutup pintu kedatangan bagi pelaku perjalanan dari negara di Afrika.

"Inggris juga kembali mewajibkan masker dan testing bagi pelaku perjalanan internasional," pungkas Wiku.

5. Australia

Cara menghadapi varian Omicron di Australia adalah mewajibkan warga negaranya melakukan karantina 14 hari khusus yang baru pulang dari 9 negara di Afrika. Lalu, cara menghadapi varian Omicron, mengkaji kebijakan kedatangan pekerja imigran dan pelajar internasional.

6. Kanada

Cara menghadapi varian Omicron di Kanada adalah menutup kedutaan bagi pelaku perjalanan dengan riwayat singgah di Afrika selama 14 bari terakhir. Bagi pelaku perjalanan internasional yang baru pulang dari negara di Afrika wajib testing dan dikarantina.

7. Israel

Cara menghadapi varian Omicron di Israel adalah memberlakukan daftar merah pada 50 negara di Afrika. Israel melarang masuknya Warga Negara Asing (WNA) dari semua negara.

Selain itu, cara menghadapi varian Omicron di Israel juga memberlakukan karantina untuk seluruh warganya. Termasuk melakukan tracing pada 800 pelaku perjalanan yang baru pulang dari negara di Afrika dan melakukan pengawasan warga melalui aplikasi telepon genggam.

8. Jepang

Cara menghadapi varian Omicron di Jepang adalah tegas melarang kedatangan WNA dari berbagai negara, termasuk Afrika Selatan.

9. Taiwan

Cara menghadapi varian Omicron di Taiwan adalah tidak berencana mengendurkan pembatasan border (perbatasan) yang sangat ketat.

10. Singapura

Cara menghadapi varian Omicron di Singapura adalah mempertimbangkan kedatangan WNA dengan vaksin lengkap dan menutupnya. Terutama setelah varian Omicron ditetapkan sebagai VOC.

11. Malaysia

Cara menghadapi varian Omicron di Malaysia adalah mempertimbangkan kedatangan WNA dengan vaksin lengkap dan menutupnya. Terutama setelah varian Omicron ditetapkan sebagai VOC. Cara menghadapi varian Omicron di Malaysia ini mirip dengan negar Singapura.

12. Indonesia

Cara menghadapi varian Omicron di Indonesia adalah mulai mengkaji ulang kebijakan pembatasan pada pintu masuk negara. Kedua, meningkatkan WGS atau untuk mendeteksi adanya varian Omicron di dalam negeri.

Ketiga, cara menghadapi varian Omicron di Indonesia adalah memastikan mobilitas masyarakat dilakukan dengan aman. Keempat, memasifkan testing dan tracing utamanya pada pelaku perjalanan luar negeri.

Disamping itu, Satgas Wiku mengingatkan penerapan protokol kesehatan ketat harus terus dilakukan terlebih dalam waktu dekat Indonesia akan memasuki periode Natal dan tahun baru. Pasalnya, aktivitas masyarakat berpotensi meningkat yang juga meningkatkan potensi penularan.

3 dari 3 halaman

Negara yang Deteksi Varian Omicron

WHO merekomendasikan negara-negara meningkatkan pengawasan dan pengurutan kasus untuk segera dilaporkan kepada WHO. Ini dilakukan untuk memahami karakteristik penularan, dampaknya pada efektivitas vaksin, terapi, diagnostik, dan tindakan sosial yang tepat untuk menanganinya.

Sejumlah negara yang telah mengonfirmasi temuan kasus dari varian Omicron, melansir dari Antara ialah Afrika Selatan, Bostwana, Namibia, Zimbabwe, Lestotho, Mozambik, Eswatini, Nigeria, Angola, Zambia, Hongkong, Inggris, Itali. Berikut penjelasan negara yang sudah deteksi kasus virus Omicron, melansir dari CNN:

1. Italia

Italia merupakan negara yang berhasil deteksi kemuculan varian baru virus Omicron. Institusi Kesehatan Nasional Italia (ISS) mengatakan satu kasus varian Omicron telah terdeteksi di negara itu pada 27 November 2021.

2. Jerman

Jerman merupakan negara yang berhasil deteksi kemuculan varian baru virus Omicron. Pejabat kesehatan Jerman mengonfirmasi dua kasus infeksi virus Omicron di pada 27 November 2021. Tepatnya di negara bagian Bavaria usai penderita melakukan perjalanan dari Afrika Selatan.

3. Inggris

Inggris merupakan negara yang berhasil deteksi kemuculan varian baru virus Omicron. Ada dua pasien yang terinfeksi usai melakukan perjalanan dari Afrika Selatan. Badan Keamanan Kesehatan Inggris mengonfirmasinya kepada AFP pada 27 November 2021.

4. Belgia

Belgia merupakan negara yang berhasil deteksi kemuculan varian baru virus Omicron. Kasus infeksinya terjadi pertama kali pada perempuan dewasa muda yang belum divaksinasi. Pasien tersebut baru tiba dari dari Mesir melalui Turki, dikonfirmasi positif pada 22 November 2021.

5. Israel

Israel merupakan negara yang berhasil deteksi kemuculan varian baru virus Omicron. Kementerian Kesehatan Israel memberikan pernyataan tersebut kepada AFP pada 26 November 2021.

6. Afrika Selatan

Afrika Selatan merupakan negara yang berhasil deteksi kemuculan varian baru virus Omicron pertama kali pada 14 November 2021. Institut Nasional Penyakit Menular Afrika Selatan, sudah ada 22 kasus varian Omicron terdeteksi di negara itu hingga saat ini.

7. Botswana

Botswan merupakan negara yang berhasil deteksi kemuculan varian baru virus Omicron. Konfirmasi kasus varian baru di Botswana oleh Kementerian Kesehatan Botswana dilaporkan pada 11 November 2021.

8. Hongkong

Hongkong merupakan negara yang berhasil deteksi kemuculan varian baru virus Omicron. Ada dua kasus infeksi yang terjadi, satu kasus dialami pria berusia 36 tahun yang baru melakukan perjalanan dari Afrika Selatan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.