Sukses

Arti Innalillahi wa Inna Ilaihi Raji'un, Keutamaan, dan Doa untuk Orang yang Meninggal Dunia

Arti innalillahi wa inna ilaihi raji'un adalah bahwa setiap makhluk adalah milik Allah SWT.

Liputan6.com, Jakarta Arti innalillahi wa inna ilaihi raji'un mungkin sudah dikenal banyak orang sebagai ungkapan belasungkawa. Semisal ada kabar seseorang yang meninggal dunia, setiap muslim langsung mengucapkan innalillahi wa inna ilaihi raji'un.

Innalillahi wa inna ilaihi raji'un adalah potongan dari ayat Al-Qur’an, yaitu dari surah Al-Baqarah ayat 156. Pengucapan kalimat ini tidak hanya dilakukan saat ada kabar seseorang meninggal, namun secara keseluruhan digunakan ketika seseorang tertimpa musibah.

Arti innalillahi wa inna ilaihi raji'un adalah bahwa setiap makhluk adalah milik Allah SWT. Dalam, syariat Islam, jika seorang Muslim ditimpa musibah, kemudian ia bersabar dan mengucapkan kalimat innalillahi wa inna ilaihi raji'un, maka Allah SWT akan memberikannya pahala.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (2/12/2021) tentang arti innalillahi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arti Innalillahi wa inna ilaihi raji'un

Arti innalillahi wa inna ilaihi raji'un adalah ungkapan saat seseorang terkena musibah. Arti innalillahi wa inna ilaihi raji'un ini biasa diucapkan untuk mengungkapkan rasa turut berduka cita atas meninggalnya seseorang. Arti Innalillahi wa inna ilaihi raji'un sebenarnya adalah sebagai pengingat bahwa manusia diciptakan oleh Allah SWT, dan setiap manusia akan kembali kepada-Nya. Arti Innalillahi wa inna ilaihi raji'un juga menunjukkan bahwa segala macam cobaan yang menimpa seorang hamba adalah atas kehendak Allah SWT.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, innalillahi wa inna ilaihi raji'un berasal dari potongan ayat Al-Qur’an, yaitu dari surah Al-Baqarah ayat 156. Berikut lafalnya beserta artinya:

اَلَّذِيْنَ اِذَآ اَصَابَتْهُمْ مُّصِيْبَةٌ ۗ قَالُوْٓا اِنَّا لِلّٰهِ وَاِنَّآ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَۗ

156. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata “Inna lillahi wa inna ilaihi raji‘un” (sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali).

Dari ayat dan artinya tersebut tentunya kamu sudah tahu sekarang arti arti innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Berikut arti innalillahi wa inna ilaihi raji'un beserta tulisan arabnya:

اِنَّا لِلّٰهِ وَاِنَّآ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَۗ

Yang artinya: sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nya lah kami kembali

3 dari 4 halaman

Keutamaan Mengucapkan Innalillahi wa inna ilaihi raji'un

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, innalillahi wa inna ilaihi raji'un tidak hanya diucapkan ketika ada seseorang meninggal saja, namun juga bila kamu tertimpa musibah. Bahkan, innalillahi wa inna ilaihi raji'un juga diucapkan ketika kamu mengingat sebuah musibah meskipun sudah berlalu dalam waktu lama. Tak hanya berupa musibah dunia saja atau musibah yang besar saja. Namun musibah ringan seperti tertusuk duri atau bahkan musibah agama yang sebenarnya justru merupakan musibah yang lebih besar dari musibah dunia, kamu juga harus mengucapkan kalimat ini.

Mengucapkan innalillahi wa inna ilaihi raji'un tentunya memiliki keutamaan yang sangat baik untuk seorang muslim. Tidak hanya sebagai wujud mengingatkan diri terhadap Sang Pencipta, ungkapan ini juga memberikan keutamaan lainnya bisa kamu dapatkan.

Berikut keutamaan mengucapkan innalillahi wa inna ilaihi raji'un, seperti dikutip Liputan6 dari KapanLagi:

- Meringankan rasa beban dan susah dalam hati ketika tertimpa musibah.

- Membuat hati menjadi lebih ikhlas ketika tertimpa musibah.

- Menguatkan hati untuk tetap sabar saat tertimpa musibah.

- Menguatkan hati untuk tetap tegar ketika tertimpa musibah.

4 dari 4 halaman

Bacaan Doa untuk Orang Meninggal Dunia

Selain arti innalillahi wa inna ilaihi raji'un, kamu tentunya juga perlu mengenali bacaan doa untuk orang yang meninggal dunia. Bacaan doa untuk orang meninggal dunia yang pertama adalah saat baru mendengar pengumuman atau mendapat kabar duka. Berikut bacaan doa saat mendengar kabar duka:

Innalillahi wa inna ilaihi raji'un, wa inna ila rabbina lamunqalibun, allahummaktubhu 'indaka fil muhsinin, waj'al kitabahu fi 'illiyyiin, wakhlufhu fi ahlihi fil ghabirin, wa la tahrimnaa ajrahu wala taftinna ba'dahu.

Arti bacaan doa untuk orang meninggal dunia:

"Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nya lah kami kembali. Dan sesungguhnya kepada Tuhan kamilah kami kembali. Ya Allah, tuliskanlah ia di sisi-Mu termasuk golongan orang-orang yang baik. Jadikanlah catatannya di 'illiyyin. Gantilah ia di keluarganya dari orang-orang yang menginggalkan. Janganlah Engkau haramkan bagi kami pahalanya dan janganlah Engkau beri fitnah kepada kami sesudahnya."

 

Bacaan doa untuk orang meninggal dunia laki-laki

Selain itu, kamu juga bisa melantunkan bacaan doa untuk orang meninggal berdasarkan jenis kelaminnya. Biasanya doa ini dibaca pada saat salat jenazah.

Allaahummaghfir lahu warham hu wa’aafi hii wa’fu anhu wa akrim nuzula hu wa wassi’ madkhola hu waghsil hu bilmaai wats-tsalji walbarodi wanaqqi hi minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minaddanasi wa abdil hu daaron khoiron min daari hi wa ahlan khoiron min ahli hi wazaujan khoiron min zaoji hi wa adkhil hul jannata wa ‘aidz hu min ‘adzaabil qobri wa fitnati hi wa min ‘adzaabin naar.

Arti bacaan doa untuk orang meninggal dunia:

"Yaa Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilan rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta istri yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnah nya, dan dari siksa api neraka."

 

Bacaan doa untuk orang meninggal dunia perempuan

Allaahummaghfir laha warham ha wa’aafi ha wa’fu anha wa akrim nuzula ha wa wassi’ madkhola ha waghsil ha bil maa-i wats-tsalji wal barodi wa naqqi ha minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minad danasi wa abdil ha daaron khoiron min daari ha wa ahlan khoiron min ahli ha wazaujan khoiron min zaoji ha wa adkhil hal jannata wa ‘aidz ha min ‘adzaabil qobri wafitnati hi wa min ‘adzaabin naar.

Arti bacaan doa untuk orang meninggal dunia:

"Yaa Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilan rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta suami yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnah nya, dan dari siksa api neraka."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.