Sukses

Mengenal Pulau Sidik Jari di Kroasia, Berawal dari Foto yang Tersebar Kini Makin Populer

Pulau Sidik Jari merupakan pulau kecil yang ditutupi oleh serangkaian dinding batu kering.

Liputan6.com, Jakarta Keindahan alam memang selalu bikin takjub. Setiap negara di dunia, punya keindahannya alamnya masing-masing yang bikin betah. Bahkan seiring dengan perkembangan zaman, ditemukan pulau-pulau tersembunyi yang tak kalah indah.

Salah satu pulau kecil yang sebelumnya terletak di lokasi yang cukup tersembunyi adalah Pulau Sidik Jari di Kroasia. Kini makin populer, Pulau Sidik Jari tersebut telah berkembang pesat seperti halnya kehadiran turis di daerah tersebut.

Pulau Sidik Jari yang indah ini terletak di lepas pantai Kroasia, di Laut Adriatik. Pulau Sidik Jari yang bernama Baljenac adalah pulau kecil yang ditutupi oleh serangkaian dinding batu kering yang membuatnya terlihat seperti sidik jari raksasa jika dilihat dari atas.

Penasaran bagaimana sekilas sejarah tentang Pulau Sidik Jari di Kroasia? Berikut Liputan6.com ulas dari Odditycentral, Pulau Sidik jari yang terkenal di Kroasia, Kamis (2/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pulau Sidik Jari di Kroasia

Penemuan-penemuan pulau tersembunyi di berbagai belahan dunia memang mengejutkan. Pasalnya pulau tersembunyi yang ditemukan sajikan pemandangan indah yang tentunya kelak akan menjadi tujuan wisatawan.

Terbukti, salah satu pulau tersembunyi yang kini cukup terkenal adalah Pulau Sidik Jari di Kroasia makin populer. Bermula dari tersebarnya foto pulau tersebut di internet, kini Pulau Sidik Jari sudah cukup dikenal masyarakat dunia.

Meskipun penduduk setempat menyambut pengunjung, beberapa khawatir tentang kerusakan yang diakibatkan oleh tembok di tangan wisatawan yang nakal. Pasalnya seperti diketahui, pulau tersembunyi yang sebelumnya indah bisa saja berubah jadi tak indah karena padatnya wisatawan yang datang.

3 dari 4 halaman

Mengenal Lebih Dekat Pulau Sidik Jari

Pulau tak berpenghuni ini memiliki permukaan hanya 0,14 kilometer persegi tetapi memiliki 23 kilometer dinding yang dibuat hanya dengan menumpuk batu di atas satu sama lain. Jenis dinding yang sama digunakan di Kaprije dan Zut, tetapi Baljenac sejauh ini memiliki konsentrasi tertinggi berdasarkan luas permukaan.

Pulau Sidik Jari terletak di lepas pantai Kroasia, di Laut Adriatik, Baljenac adalah pulau kecil yang ditutupi oleh serangkaian dinding batu kering yang membuatnya terlihat seperti sidik jari raksasa jika dilihat dari atas.

Pulau Baljenac yang berbentuk oval ditutupi oleh jaringan dinding batu kering sepanjang 23 kilometer. Anda akan mengira itu adalah labirin kuno, jika bukan karena fakta bahwa dindingnya hanya setinggi pinggang dan dirancang semata-mata untuk membuat pertanian lebih mudah di tempat yang tidak ramah.

Medan berbatu dan angin kencang tidak begitu ideal untuk budidaya tanaman. Oleh karenanya, penduduk pulau terdekat Kaprije membangun tembok batu untuk memisahkan tanaman mereka dan memberi mereka perlindungan. Ini adalah teknik yang digunakan di bagian lain Eropa, seperti Inggris atau Irlandia, tetapi tidak ada tempat lain yang meniru pola sidik jari manusia seperti di Pulau Baljenac.

Melansir dari Odditycentral, sebagian besar jaringan dinding batu diyakini telah didirikan pada abad ke-19. Tetapi untuk Baljenac dan Kaprije berfungsi sebagai tempat berlindung yang aman bagi orang Kristen selama penaklukan Ottoman pada abad ke-16 dan ke-17, sehingga beberapa bagian tembok bisa lebih tua.

4 dari 4 halaman

Masuk Daftar Situs Warisan Dunia

Saking uniknya, Pemerintah Kroasia telah meminta agar UNESCO memasukkan pulau ini dalam daftar situs warisan dunianya. Hal tersebut tentunya akan meningkatkan popularitasnya tetapi juga menjamin perlindungan Baljenac yang lebih tinggi dari pemerintah setempat.

Sejak foto udara Baljenac mulai menyebar di internet, popularitas pulau sidik jari telah berkembang pesat seperti halnya kehadiran turis di daerah tersebut. Tak butuh waktu lama, Pulau Sidik Jari tersebut tentunya akan ramai dikunjungi wisatawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.