Sukses

Pengertian Algoritma dalam Matematika dan Komputer, Pahami Penerapannya

Liputan6.com, Jakarta Pengertian algoritma menjadi dasar dalam banyak bidang ilmu. Algoritma digunakan untuk penghitungan, pemrosesan data, dan penalaran otomatis. Pengertian algoritma terutama penting dipahami bagi yang sedang belajar ilmu matematika dan komputer.

Memahami pengertian algoritma bisa bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Pengertian algoritma memiliki tempat penting dalam setiap kurikulum matematika. Mempelajari pengertian algoritma tak hanya berguna di bidang matematika dan komputer.

Di luar matematika, pengertian algoritma berguna untuk mempelajari bagaimana mengoperasionalkan prosedur untuk membuatnya lebih efisien adalah keterampilan penting dalam banyak bidang usaha. Berikut pengertian algoritma dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(2/12/2021).

2 dari 6 halaman

Pengertian algoritma secara umum

Pengertian algoritma adalah prosedur sistematis yang menghasilkan jawaban atas pertanyaan atau solusi dari suatu masalah. Prosedur ini menghasilkan jawaban dalam, jumlah langkah yang terbatas. Sebuah algoritma standar adalah cara langkah-demi-langkah untuk memecahkan masalah.

Menurut KBBI, pengertian algoritma adalah prosedur sistematis untuk memecahkan masalah matematis dalam langkah-langkah terbatas dan urutan logis pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah.

Algoritma selalu ada dalam pertanyaan atau masalah dengan hanya sekumpulan kasus atau nilai yang terbatas. Algoritma adalah metode atau langkah yang direncanakan secara tersusun dan berurutan untuk menyelesaikan atau memecahkan permasalahan dengan sebuah intruksi atau kegiatan.

Istilah algoritma berasal dari 'Algoritmi', bentuk Latin dari nama al-Khawarizmi. Al-Khawarizmi sendiri merupakan seorang ahli matematika Muslim yang dikenal dengan penemuan Aljabarnya.

3 dari 6 halaman

Pengertian algoritma menurut ahli

Al Khawarizmi

Menurut Al Khawarizmi, algoritma adalah suatu metode khusus untuk menyelesaikan suatu persoalan.

Seymour Lipschutz dan Marc Lipson

Pengertian algoritma menurut Seymour Lipschutz dan Marc Lipson adalah daftar langkah demi langkah yang terhingga dari instruksi-instruksi yang terdefinisikan dengan jelas yang dipakai untuk permasalahan tertentu.

Stone dan Knuth

Algoritma adalah suatu seperangkat aturan yang tepat mendefinisikan urutan operasi hingga sedemikian rupa sehingga setiap aturan yang efektif, jelas hingga sedemikian rupa sehingga urutan berakhir dalam waktu yang terbatas.

David Bolton

Algoritma adalah deskripsi dari suatu prosedur yang berakhir dengan sebuah hasil.

Rinaldi Munir

Algoritma adalah sebuah bentuka urutan langkah logis yang akan membantu seseorang dalam menyelesaikan masalah yang sedang dijalaninya.

Donald E. Knuth

Algoritma adalah sekumpulan aturan-aturan berhingga yang memberikan sederetan operasi-operasi untuk menyelesaikan suatu jenis masalah yang khusus.

Goodman Hedet Niemi

Algoritma adalah urutan terbatas dari operasi-operasi terdefinisi dengan baik, yang masing-masing membutuhkan memori dan waktu yang terbatas untuk menyelesaikan suatu masalah.

4 dari 6 halaman

Pengertian algoritma dalam matematika

Melansir ThoughtCo, pengertian algoritma dalam matematika adalah prosedur, deskripsi dari serangkaian langkah-langkah yang dapat digunakan untuk memecahkan perhitungan matematika. Algoritma paling umum digunakan dalam prosedur langkah demi langkah yang digunakan dalam pembagian panjang. Algoritma biasanya merupakan cara yang paling efisien untuk menghitung.

Algoritma dalam matematika melibatkan penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Pada dasarnya, algoritma melakukan langkah yang sama berulang-ulang dengan setiap kolom nilai tempat dalam soal. Contohnya, sebuah algoritma dasar untuk perkalian 3.546 kali 5. Algoritma daru soal ini merupakan penambahan dari angka yang sama berulang-ulang. Ini dapat dijelaskan dengan:

Berapa 3546 ditambah 3546? 7092

Berapa 7092 ditambah 3546? 10638

Berapa 10638 ditambah 3546? 14184

Berapa 14184 ditambah 3546? 17730

Jadi 3.546 kali 5 adalah 17730

5 dari 6 halaman

Pengertian algoritma dalam komputer

Dalam ilmu komputer, pengertian algoritma adalah prosedur khusus untuk memecahkan masalah komputasi yang terdefinisi dengan baik. Pengembangan dan analisis algoritma sangat penting untuk semua aspek ilmu komputer: kecerdasan buatan, basis data, grafik, jaringan, sistem operasi, keamanan, dan sebagainya.

Algoritma memungkinkan seseorang untuk memberikan komputer petunjuk langkah demi langkah untuk memecahkan masalah atau melakukan tugas. Pengembangan algoritma lebih dari sekedar pemrograman. Ini membutuhkan pemahaman tentang alternatif yang tersedia untuk memecahkan masalah komputasi, termasuk perangkat keras, jaringan, bahasa pemrograman, dan kendala kinerja yang menyertai solusi tertentu.

Komputer tidak dapat melakukan apa pun tanpa diberitahu apa yang harus dilakukan. Algoritma memungkinkan pemiliki komputer untuk memberikan komputer petunjuk langkah demi langkah untuk memecahkan masalah atau melakukan tugas.

6 dari 6 halaman

Algoritma dalam kehidupan sehari-hari

Salah satu atribut dari suatu algoritma adalah beberapa proses langkah demi langkah yang terjadi secara berurutan. Ini karena algoritma adalah daftar instruksi. Salah satu contoh yang paling jelas dari sebuah algoritma adalah proses memasak.

Resep masakan adalah daftar terbatas instruksi yang digunakan untuk melakukan tugas. Misalnya, untuk memasak resep soto ayam, kamu harus mengikuti tiga hingga lima langkah yang tertulis dalam resep. Proses dan langkah inilah yang disebut dengan algoritma.

Sangat sering, urutan langkah-langkah yang diberikan dapat membuat perbedaan besar. Jika ada kesalahan dalam langkah, maka hasil akhir juga akan salah. Misalnya, ketika membuat soto, ayam harus direbus selama 20 menit, namun pada prosesnya, ayam hanya direbus 10 menit. Hasilnya, ayam jadi tidak matang.