Sukses

10 Manfaat Daun Kersen Untuk Kesehatan, Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh dan Kolesterol

Liputan6.com, Jakarta Manfaat daun kersen bagi kesehatan tubuh perlu anda ketahui. Selama ini, mungkin belum banyak orang yang mengetahui jika semua bagian dari pohon kersen dapat dimanfaatkan, termasuk bagian daun kersen.

Padahal, pohon kersen atau talok sudah tidak asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Tanaman kersen (Mutingia calabura L) atau juga dikenal sebagai tanaman seri, sering dijumpai di taman maupun pinggir jalan. 

Dalam daun kersen memiliki kandungan serat dan karbohidrat yang lebih tinggi serta vitamin A dan vitamin C yang baik untuk tubuh. Selain itu, juga memiliki kandungan fitokimia flavonoid yang terdiri dari berbagai jenis, seperti flavon, flavonon, flavan, dan biflavan. Senyawa kimia lainnya yang terdapat pada daun kersen adalah tannin, triterpene, dan polifenol. Dengan kandungan nutrisi yang begitu banyak, manfaat daun kersen untuk kesehatan tubuh tidak perlu diragukan lagi. 

Berikut ini ulasan mengenai manfaat daun kersen bagi kesehatan tubuh dan cara membuatnya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (2/12/2021).

2 dari 6 halaman

Jaga Daya Tahan Tubuh da Kadar Kolesterol

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Manfaat daun kersen yang pertama adalah dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Kandungan antioksidan dan vitamin yang terdapat pada daun kersen mampu menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, kandungan ini juga berfungsi efektif dalam melawan bakteri dan kuman yang mampu mencegah berbagai macam penyakit di dalam tubuh. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, sebaiknya mengonsumsi ekstrak daun kersen secara rutin dan teratur. Di samping itu, dampingi dengan pola hidup sehat seperti olahraga dan mengonsumsi makanan yang bergizi.

2. Menjaga Kadar Kolesterol

Manfaat daun kersen yang selanjutnya adalah menjaga kadar kolesterol. Kandungan saponin serta flavonoid yang membentuk anti oksidan dan menyekresi hormon insulin  pada manfaat daun kersen dibutuhkan oleh badan untuk metabolisme gula. Namun, daun kersen harus diolah terlebih dahulu sebelum dikonsumsi untuk menjaga kolestrol. 

3 dari 6 halaman

Obati Sakit Kepala dan Mengontrol Gula Darah

3. Mengobati Sakit Kepala

Daun kersen diketahui memiliki beragam kandungan yang baik untuk tubuh. Manfaat daun kersen yang paling mencolok dihasilkan oleh kandungan senyawa kimianya yang beragam, seperti flavonoid, tannin, triterpenoid, saponin, dan polifenol. Beberapa zat tersebut dapat bertindak sebagai antikosidatif dan antimikroba yang berfungsi efektif meringankan sakit kepala. Untuk mendapatkan manfaat dari daun kersen ini cukup mudah. Rebus 10 lembar daun kersen ke dalam air 200 ml sekitar 15 menit, lalu saring dan minum ramuan ini secara rutin hingga sakit kepala mereda.

4. Mengontrol Gula Darah

Daun kersen memiliki manfaat untuk mengontrol gula darah. Kandungan flavonoid dan saponin pada daun kersen bertindak sebagai antioksidan. Hal ini membuat kedua kandungan tersebut berperan sebagai insulin alami, yang diperlukan oleh tubuh untuk mengontrol kadar gula darah, terutama pada pengidap diabetes.

4 dari 6 halaman

Atasi Peradangan dan Jaga Kesehatan Jantung

5. Mengatasi Peradangan

Mengonsumsi air rebusan daun kersen efektif mengatasi panas dalam, nyeri pada tubuh maupun sariawan. Manfaat daun kersen ini didapat karena kandungan vitamin C pada daun kersen yang berguna untuk membantu mengatasi sakit radang. Kandungan antiinflamasi yang terdapat pada kersen berfungsi efektif untuk melawan bakteri yang dapat menimbulkan peradangan pada tubuh. Tidak hanya itu, ekstrak kersen juga dapat membantu mengurangi nyeri pada tubuh. Cukup dengan mengonsumsi kersen secara rutin dan teratur, hal itu mampu mengatasi peradangan.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Daun kersen memiliki antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan ini dipercaya bisa mencegah peradangan yang menyebabkan serangan jantung. Selain itu, kandungan antioksidan bisa mengatasi otot jantung yang mengalami kerusakan karena kurangnya aliran darah selama serangan jantung. Selain dipercaya mampu mengurangi peradangan, daun kersen mampu mengurangi nyeri pada tubuh Anda.

5 dari 6 halaman

Cegah Tekanan Darah Tinggi dan Atasi Asam Urat

7. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Beberapa sumber juga mengatakan daun kersen memiliki manfaat untuk darah tinggi. Penyakit darah tinggi bisa memicu penyakit lainnya, seperti jantung dan stroke. Mengonsumsi daun kersen memiliki manfaat untuk mencegah darah tinggi kambuh. Cukup dengan mengonsumsi rebusan daun kersen secara rutin, hal ini efektif untuk membantu menurunkan tekanan darah. Ekstrak daun kersen ini hanya mampu mencegah tekanan darah, apabila tekanan darah sudah berlanjut dan parah, maka efektivitasnya cenderung mengalami penurunan.

8. Antiseptik dan Mengatasi Asam Urat

Meminum rebusan daun kersen, menjadi pilihan olahan obat herbal untuk tubuh Anda. Daun kersen memiliki kandungan saponin, tannin, dan flavonoid yang bermanfaat sebagai antiseptik dan antibakteri. Hal ini memungkinkan daun kersen sebagai satu di antara pilihan untuk mencegah perkembangan bakteri pada luka. Kandungan antiseptik dan antibakteri pada daun kersen terbukti bereaksi pada bakteri E. Coli, P. aeruginosa, S. aureus, dan B. Subtilis. Selain itu, asam urat juga bisa diatasi. Senyawa aktif yang terkandung di dalamnya efektif meredakan dan mengobati asam urat.

6 dari 6 halaman

Antikanker dan Atasi Masalah Pencernaan

9. Antikanker

Manfaat daun kersen yang lainnya adalah sebagai antikanker dan tumor. Kandungan senyawa tanin, saponin, dan flavinoid dalam daun kersen merupakan senyawa-senyawa antoksidan yang mampu menangkal radikal bebas, yang merupakan satu di antara pemicu kanker.

10. Mengatasi Masalah Pencernaan

Daun kersen memiliki sifat antibakteri yang bisa bantu atasi masalah pencernaan. Flavonol, flavon, dan auron-nya bisa menjadi antibakteri penyebab masalah pencernaan. Misalnya seperti bakteri E. Coli, P. aeruginosa, S. aureus dan B. Subtilis. Jadi, tidak heran jika manfaat daun kersen untuk kesehatan bisa atasi diare, otitis internal, dan keracunan makanan. Hanya dengan mengkonsumsi ekstraknya.