Sukses

Segmentasi Pasar adalah Strategi Pemasaran, Kenali Fungsi dan Manfaatnya

Liputan6.com, Jakarta Segmentasi pasar adalah istilah marketing yang penting diketahui. Segmentasi pasar adalah konsep yang mengacu pada penggabungan calon pembeli ke dalam kelompok atau segmen tertentu. Melalui segmentasi pasar, pemasar bisa menjangkau konsumen yang tepat.

Memahami segmentasi pasar adalah bagian penting untuk membuat strategi. Segmentasi pasar adalah konsep yang berguna untuk menyusun strategi produk, penjualan, dan pemasaran. Segmentasi pasar adalah cara untuk memperkuat siklus pengembangan produk. 

Manfaat dari segmentasi pasar adalah mengurangi risiko kegagalan pemasaran. Segmentasi pasar adalah cara memudahkan pemasar untuk mempersonalisasi kampanye pemasaran mereka.

Berikut pengertian tentang apa itu segmentasi pasar, pendapat ahli, dan manfaatnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(2/12/2021).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Pengertian segmentasi secara umum

Secara umum, segmentasi pasar adalah praktik membagi target pasar menjadi kelompok-kelompok yang akan dengan mudah didekati. Segmentasi pasar menciptakan subset pasar berdasarkan demografi, kebutuhan, prioritas, minat bersama, dan kriteria psikografik atau perilaku lainnya yang digunakan untuk lebih memahami audiens target.

Segmentasi pasar adalah proses membagi pasar pelanggan potensial ke dalam kelompok, atau segmen, berdasarkan karakteristik yang berbeda. Perusahaan yang melakukan segmentasi pasar dengan tepat menikmati keuntungan yang signifikan.

3 dari 6 halaman

Pengertian segmentasi menurut ahli

Rhenald Kasali

Segmentasi adalah proses mengotak-ngotakkan pasar yang heterogen ke dalam potensial customer yang memiliki kesamaan kebutuhan dan atau kesamaan karakter yang dimiliki respons yang sama dalam membelanjakan uangnya.

Sojan Assauri

Segmentasi pasar adalah membagi-bagi pasar menjadi beberapa kelompok pembeli berbeda yang mungkin memerlukan produk atau jasa yang berbeda pula.

Kotler

Segmentasi pasar adalah pasar yang terdiri dari sekelompok pelanggan yang memiliki sekumpulan kebutuhan dan keinginan yang serupa.

Kotler & Amstrong

Segmentasi pasar adalah membagi sebuah pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli dengan keinginan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda-beda.

Lamb

Segmentasi pasar adalah suatu proses membagi sebuah pasar ke dalam segmen-segmen atau kelompok-kelompok yang bermakna, relatif serupa, dan dapat diidentifikasi.

Smith

Segmentasi pasar adalah pembagian dari pasar secara keseluruhan dalam kelompok-kelompok sesuai dengan kebutuhan dan ciri-ciri konsumen.

Rismiati dan Suratno

Segmentasi pasar adalah usaha pemisahan pasar pada kelompok-kelompok pembeli menurut jenis-jenis produk tertentu dan yang memerlukan bauran pemasaran sendiri.

4 dari 6 halaman

Fungsi segmentasi pasar

Segmentasi pasar mengelompokkan asar sasaran ke dalam kelompok-kelompok tersegmentasi. Ini bisa lebih efisien dengan waktu, uang, dan sumber daya. Segmentasi pasar membantu perusahaan meminimalkan risiko dengan mencari tahu produk mana yang paling mungkin untuk mendapatkan pangsa pasar sasaran dan cara terbaik untuk memasarkan dan mengirimkan produk tersebut ke pasar.

Segmentasi pasar juga mengurangi risiko kampanye pemasaran yang tidak berhasil atau tidak efektif. Ketika pemasar membagi pasar berdasarkan karakteristik utama dan mempersonalisasikan strategi mereka berdasarkan informasi itu, ada peluang sukses yang jauh lebih tinggi daripada jika mereka membuat kampanye umum dan mencoba menerapkannya di semua segmen.

5 dari 6 halaman

Manfaat segmentasi pasar

Pemasaran lebih kuat

Dengan memahami segmentasi pasar, perusahaan akan memahami karakteristik, keinginan, dan kebutuhan mereka. Pemasar dapat berbicara langsung kepada sekelompok orang tertentu dengan cara yang dapat mereka hubungkan.

Iklan digital bertarget

Segmentasi pasar membantu memahami dan menentukan karakteristik audiens. Ini kemudian dapat mengarahkan upaya pemasaran ke usia, lokasi, kebiasaan membeli, minat tertentu, dan lain sebagainya.

Mengembangkan strategi pemasaran efektif

Mengetahui audiens target memberi awal yang baik tentang metode, taktik, dan solusi apa yang paling mereka tanggapi.

Tingkat respons yang lebih baik

Segmentasi pasar adalah langkah untuk meningkatkan respons yang lebih baik dan biaya akuisisi yang lebih rendah. Ini akan dihasilkan dari pembuatan komunikasi pemasaran baik dalam pesan iklan dan penargetan lanjutan pada platform digital seperti Facebook dan Google menggunakan segmentasi.

Menarik pelanggan yang tepat

Segmentasi pasar membantu membuat pesan yang ditargetkan, jelas, dan langsung yang menarik orang yang ingin dibeli.

Meningkatkan loyalitas merek

Ketika pelanggan merasa dipahami, dilayani dengan baik, dan percaya secara unik, mereka lebih cenderung bertahan dengan merek.

6 dari 6 halaman

Manfaat segmentasi pasar

Membedakan merek

Segmentasi pasar akan membantu embedakan merek sendiri dari pesaing. Pesan pribadi yang lebih spesifik membuat merek lebih menonjol.

Mengidentifikasi ceruk pasar

Segmentasi pasar tidak hanya dapat mengungkap pasar yang belum terlayani, tetapi juga cara baru untuk melayani pasar yang ada – peluang yang dapat digunakan untuk mengembangkan merek.

Tetap pada pesan

Karena segmentasi sangat linier, mudah untuk tetap berada di jalur dengan strategi pemasaran, dan tidak teralihkan ke area yang kurang efektif.

Mendorong pertumbuhan

Pemasar dapat mendorong pelanggan untuk membeli lagi, atau menukar produk atau layanan dengan harga lebih rendah.

Peningkatan keuntungan

Pelanggan yang berbeda memiliki pendapatan yang dapat dibelanjakan yang berbeda; harga dapat diatur sesuai dengan berapa banyak mereka bersedia untuk menghabiskan. Mengetahui hal ini dapat memastikan tidak terlalu (atau kurang) menjual diri sendiri.

Pengembangan produk

Pemasar akan dapat mendesain dengan kebutuhan pelanggan, dan mengembangkan produk berbeda yang memenuhi area basis pelanggan yang berbeda.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS