Sukses

15 Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut, Menutrisi sampai Akar

Liputan6.com, Jakarta Manfaat minyak kelapa untuk rambut dapat membantu menutrisi rambut dan kulit kepala. Minyak kelapa dianggap sebagai bahan serbaguna. Ia bisa digunakan untuk memasak, membersihkan benda, perawatan kulit, dan rambut.

Manfaat minyak kelapa untuk rambut digunakan untuk meningkatkan kesehatan dan kondisi rambut. Manfaat minyak kelapa untuk rambut sudah lama digunakan secara alami sebagai produk perawatan rambut. Manfaat minyak kelapa untuk rambut didapat dari sumber vitamin, asam lemak esensial, lemak jenuh, asam laurat, dan antioksidan. 

Rambut kering, rusak, tipis, dan kusam bisa diatasi dengan manfaat minyak kelapa untuk rambut. Nutrisi dalam minyak membantu menyegel kelembapan, mengurangi rambut rontok, memperkuat akar, dan menambah kilau. Manfaat minyak kelapa untuk rambut dapat meningkatkan kesehatan rambut secara keseluruhan.

Berikut manfaat minyak kelapa untuk rambut yang berhasil Liputan6.com rangkum dari Healthline dan Stylecraze, Kamis(2/12/2021).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Manfaat minyak kelapa untuk rambut

Menutrisi rambut

Manfaat minyak kelapa untuk rambut yang pertama adalah menutrisi. Minyak kelapa adalah sumber vitamin, asam lemak esensial, lemak jenuh, asam laurat, dan antioksidan yang baik untuk rambut. Kandungan ini membantu rambut ternutrisi dengan baik, sehat, dan terlindungi dari hormon stres. Minyak kelapa uga dapat melindungi rambut dari kerusakan karena penataan rambut yang berlebihan atau sinar UV.

Melembapkan rambut

Asam laurat minyak kelapa memiliki berat molekul rendah dan mudah menembus batang rambut. Ini menciptakan lapisan tipis di atas batang rambut, mempertahankan kelembapan, dan menjaga helai rambut terlindung dari panas dan kerusakan. Manfaa minyak kelapa untuk rambut mengurangi kerusakan rambut, mencegah ujung bercabang, dan memperkuat kutikula rambut.

Memperkuat akar rambut

Minyak kelapa sangat baik untuk memperkuat akar rambut. Sirkulasi darah yang lebih baik melalui pijatan minyak kelapa memastikan akar rambut lebih kuat dan rambut sehat. Asam laurat minyak kelapa juga bisa memperkuat akar rambut.

3 dari 6 halaman

Manfaat minyak kelapa untuk rambut

Mempercepat pertumbuhan rambut

Manfaat minyak kelapa untuk rambut juga baik untuk pertumbuhan rambut. Hasil studi tahun 2015 pada tikus menunjukkan bahwa formula yang mengandung minyak kelapa dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan meningkatkan ketebalan rambut. Para peneliti menyimpulkan bahwa minyak kelapa mampu melindungi rambut dari kerusakan, membalikkan atau mengobati kerontokan rambut.

Mengurangi kerusakan rambut

Minyak kelapa meningkatkan kekuatan tarik helai rambut dan mengurangi risiko kerusakan rambut. Kerusakan rambut dapat terjadi karena abrasi mekanis, perawatan kimia, dan perawatan rambut yang tidak tepat. Minyak kelapa menembus dan mengisi batang rambut, yang dapat membantu mencegah zat berbahaya lainnya masuk ke rambut. Ini dapat mencegah kerusakan rambut.

Melindungi dari panas

Kelelahan hygral terjadi ketika rambut membengkak karena terlalu banyak air. Terlalu banyak pembengkakan dapat merusak rambut atau membuatnya patah. Hal ini dapat membuat rambut lebih kering dan lemah dari waktu ke waktu. Menggunakan sedikit minyak kelapa pada rambut basah sebelum dikeringkan atau menggunakan penataan panas dapat melindungi rambut dari kerusakan akibat air dan panas.

4 dari 6 halaman

Manfaat minyak kelapa untuk rambut

Cegah keriting dan kusut

Rambut menjadi keriting ketika air masuk ke batang rambut, menyebabkannya membengkak dan terlihat tidak rata. Minyak kelapa menghentikan rambut menyerap air, terutama di iklim lembap. Ini dapat membantu mencegah rambut kusut. Cobalah mengoleskan satu atau dua tetes minyak kelapa ke rambut kering, terutama sebelum pergi keluar dalam cuaca lembab atau basah.

Cegah ketombe

Minyak kelapa dapat menenangkan masalah ketombe yang kronis. Manfaat minyak kelapa untuk rambut bekerja sangat baik untuk kulit kepala kering yang mengelupas. Minyak ini bekerja dengan melembapkan kulit kepala dan memulihkan kesehatannya.

Mencegah kehilangan protein

Asam laurat dalam minyak memiliki afinitas tinggi untuk protein. Manfaat minyak kelapa untuk rambut secara topikal dapat membantu mencegah hilangnya protein rambut dan menjaga rambut tetap sehat, tebal, dan berkilau.

5 dari 6 halaman

Manfaat minyak kelapa untuk rambut

Meningkatkan sirkulasi darah

Manfaat minyak kelapa untuk rambut juga bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah. Ini dilakukan dengan cara memijat kulit kepala secara teratur dengan minyak kelapa. Memijat juga memastikan nutrisi dalam darah mencapai dan memelihara folikel dan menjaga rambut tetap sehat dan tebal.

Jaga kesehatan kulit kepala

Minyak kelapa juga memiliki sifat antivirus. Menerapkannya ke kulit kepala, dapat membantu mengurangi risiko infeksi mikroba dan rambut rontok. Pencegahan infeksi semacam itu juga dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala.

Mendinginkan kulit kepala

Minyak kelapa juga bisa digunakan untuk mendinginkan kepala. Ini bisa digunakan di musim panas atau ketika kulit kepala sedang iritas. Minyak kelapa adalah lemak jenuh alami. Kandungan lemak yang tinggi di dalamnya dapat membantu menenangkan iritasi kulit kepala, pengelupasan, dan gatal-gatal. Lemak dalam minyak kelapa juga dapat membantu menyegel kelembapan rambut.

6 dari 6 halaman

Manfaat minyak kelapa untuk rambut

Kondisioner alami

Manfaat minyak kelapa untuk rambut bisa dijadikan sebagai kondisioner alami. Minyak kelapa berfungsi sebagai kondisioner alami yang mengunci kelembapan dan membuat rambut terasa sehat, lembut, dan halus. Menerapkannya sebelum atau sesudah keramas membantu mengurangi rambut kusut dan kusam.

Melawan infeksi jamur

Satu studi laboratorium baru-baru ini menemukan bahwa minyak kelapa membantu menyingkirkan beberapa jenis infeksi jamur. Minyak kelapa dapat membantu menyembuhkan atau mencegah ketombe dan jamur lain di kulit kepala.

Mengobati ujung bercabang

Minyak kelapa juga bisa digunakan untuk mengatasi rambut bercabang. Minyak kelapa menyerap ke helai rambut lebih baik daripada minyak mineral dan jenis minyak lainnya. Ini bisa membantu mencegah rambut patah dan bercabang.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS