Sukses

Arti Throwback di Media Sosial, Ketahui Makna dan Bahasa Gaul Lainnya

Arti throwback adalah sebuah konten dari masa lalu dan diunggah kembali di media sosial untuk bernostalgia.

Liputan6.com, Jakarta Arti throwback merupakan sebuah kata bahasa Inggris yang memiliki arti kembali pada apa yang sudah terjadi atau melihat kembali ke masa lalu. Istilah throwback ini sering digunakan di media sosial.

Kata Throwback pada mulanya mulai populer digunakan di sosial media yaitu pada saat seseorang mengunggah sebuah foto yang sudah lama diambil yang menggambarkan tentang peristiwa atau kenangan yang dulu terjadi. 

Secara sederhana, arti throwback merupakan unggahan lama, yang bertujuan untuk mengenang momen di masa lalu. Tagar throwback menjadi tagar populer di media sosial, khususnya di Instagram.

Untuk lebih rinci, berikut ini arti throwback beserta bahasa gaul lainnya dalam media sosial yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (2/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arti Throwback dalam Media Sosial

Arti throwback dalam bahasa gaul adalah sebuah konten dari masa lalu dan diunggah untuk bernostalgia. Pada umumnya, orang akan menggugah foto throwback dengan menggunakan hashtag #throwback. Hashtag #throwback yang paling populer di sosial media adalah #throwbackthursday atau sering juga disingkat #tbt.

Arti throwback merupakan salah satu tagar terpopuler di Instagram dengan lebih dari 100 juta postingan yang menggunakan tagar tersebut. Pada media sosial, arti throwback umumnya digunakan untuk mendeskripsikan secara singkat bahwa konten berupa foto atau video tersebut diunggah dengan tujuan untuk bernostalgia.

3 dari 4 halaman

Bahasa Gaul Lainnya

Tak hanya mengetahui arti throwback saja, namun kamu juga perlu mengetahui bahasa gaul lainnya yang sering digunakan di media sosial maupun kehidupan sehari-hari. Berikut ini sejumlah bahasa gaul, diantaranya:

1. Gabut

Arti gabut merupakan kependekan dari gaji buta. Arti gabut kini tak hanya sekadar tentang makan gaji buta, tapi untuk mewakili perilaku seseorang yang tidak melakukan aktivitas apapun dan bingung ingin melakukan apa.

2. Baper

Baper adalah singkatan gaul yang kepanjangannya adalah Bawa Perasaan. Istilah gaul baper merujuk pada seseorang yang memasukkan ke hati segala ucapan dan tindakan orang lain.

3. Bucin

Bucin adalah kependekan dari istilah budak cinta. Singkatan gaul ini digunakan untuk merujuk pada pria atau wanita yang tergila-gila akan cinta, di mana orang tersebut mau melakukan apapun demi orang yang dia cinta.

4. Gaje

Gaje adalah singkatan dari Gak Jelas atau Enggak Jelas. Kata ini digunakan ketika seseorang tidak paham atau tidak bisa menangkap maksud dari orang lain.

5. Mager

Mager adalah singkatan gaul dari kalimat Malas Gerak. Kata ini lebih sering dipakai untuk mengungkapkan rasa malas.

6. Nolep

Kata ini merupakan plesetan dari kata bahasa inggris yatu No Life. Kata ini merujuk pada seseorang yang lebih suka berdiam diri di rumah dan tidak suka bergaul.

7. Sabi

Sabi merupakan pembacaan Bisa yang dibalik. Kata ini memang memiliki makna Bisa dan cukup sering digunakan di media sosial maupun kehidupan sehari-hari anak muda.

 

4 dari 4 halaman

Bahasa Gaul Lainnya

Tak hanya mengetahui arti throwback saja, namun kamu juga perlu mengetahui bahasa gaul lainnya yang sering digunakan di media sosial maupun kehidupan sehari-hari. Berikut ini sejumlah bahasa gaul, diantaranya:

8. Ghosting

Kata Ghosting semakin populer digunakan anak muda Indonesia. Bahkan, tahun lalu istilah ini menjadi salah satu kata yang banyak dicari di mesin pencarian Google di Indonesia. Ghosting bisa berarti hantu yang dapat menghilang secara tiba-tiba. Arti ghosting dalam bahasa gaul adalah menghilang secara tiba-tiba tanpa kontak sama sekali. Orang yang melakukan ghosting, yang biasanya adalah orang dekat kamu, tiba-tiba menghilang tanpa kabar dan tidak bisa dihubungi lagi. 

9. Pansos

Pansos merupakan singkatan dari panjat sosial. Pansos dapat diartikan sebagai usaha seseorang dalam melakukan pencitraan diri agar mendapatkan perhatian dan memiliki status sosial yang tinggi.

10. Ngab

Ngab merupakan kebalikan dari Bang. Kata ini memang memiliki makna Bang, yang merupakan kata sapaan untuk kakak laki-laki. Kata ini sering digunakan di media sosial untuk memanggil seseorang.

11. Julid

Selain arti kata mager dan gabut, ada banyak istilah kekinian lagi yang wajib diketahui. Salah satunya adalah julid. Dalam KBBI, Julid berarti berarti iri dan dengki dengan keberhasilan orang lain. Julid biasanya berupa komentar negatif yang menyudutkan seseorang.

12. Receh 

Receh merupakan sebutan untuk guyonan yang kurang lucu tapi bisa bikin tersenyum.

13. Gercep

Merupakan singkatan dari gerakan cepat. Singkatan ini adalah anjuran untuk melakukan sesuatu hal lebih cepat dari biasanya. Gercep adalah tanggapan yang cepat oleh seseorang terhadap sesuatu.

14. Halu

Kata halu artinya halusinasi. Istilah untuk seseorang yang sedang berkhayal, berimajinasi tinggi tapi tidak bisa mewujudkannya.

15. OTW

Kata OTW memiliki arti on the way. Istilah bagi orang yang mau atau sedang berangkat ke tujuan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.