Sukses

Ditolak Kerja karena Obesitas, Pria Ini Nekat Turunkan Berat Badan hingga 118 Kg

Liputan6.com, Jakarta Media sosial bukan hanya dijadikan sebagai sebuah aplikasi untuk berkomunikasi saja. Namun, tak sedikit pula yang kerap membagikan pengalaman hidup di media sosial agar dijadikan pelajaran bagi orang lain.

Bahkan, kini semakin banyak pula forum-forum grup bermunculan di media sosial yang kerap membagikan mengenai hubungan asmara, pekerjaan bahkan mengenai kesehatan. Salah satunya ialah saat seseorang yang membagikan kisah mengenai keberhasilan mereka saat melakukan usaha diet agar memiliki berat badan ideal.

Tentu saja, cerita tentang keberhasilan seseorang menurunkan berat badan kerap menjadi inspirasi banyak orang. Bahkan, meski banyak pula yang gagal di tengah jalan, namun tak sedikit pula orang tetap konsisten dan berhasil.

Berbagai alasan pun kerap dilontarkan sebagai sebab mengapa orang-orang ingin menurunkan berat badan. Ada yang karena penampilan, kesehatan hingga ditolak berbagai lamaran pekerjaan.

Hal ini pula yang dialami oleh Ahmad Afif Zafran asal Malaysia. Dilansir Liputan6.com dari Siakapkeli.my, Jumat (3/12/2021) Ahmad Afif Zafran nekat untuk menurunkan berat badan karena ditolak saat melamar pekerjaan.

2 dari 3 halaman

Kesulitan mendapatkan pekerjaan

Ahmad Afif Zafran membagikan kisahnya yang berhasil diet dalam sebuah grup Facebook bernama Diet Suku Suku Separuh. Dilansir Liputan6.com dari Siakapkeli.my, Jumat (3/12/2021) Afif sendiri diketahui sering mengalami kesulitan bergerak dan frustasi karena kondisi tubuhnya.

Afif menyebutkan jika pada awalnya ia memiliki berat badan 214 kg. Hal ini juga yang membuat dirinya kesulitan mendapatkan tawaran pekerjaan. Tak hanya itu pula, Afif juga menceritakan jika setiap harinya ia selalu terlihat ceria namun pada malam hari saat sendiri ia juga sering menangis. Hal ini dikarenakan dirinya yang sulit untuk mendapatkan pekerjaan.

“Kamar saya hampir tidak memiliki cermin kecuali jendela kamar. Dia melihat dirinya di dekat cermin, tidak ingin melihat, kecewa dan marah di dekat dirinya sendiri. Banyak teman terdekat saya yang tahu cerita saya pergi mencari pekerjaan tetapi tidak ada yang mau menerima." ujarnya.

Tak sampai disitu saja, ia yang kerap mendapatkan tawaran pekerjaan dari teman-temannya pun terpaksa harus ditolak. Alasannya karena pekerjaan yang didapat nantinya akan sulit dilakukan dan merugikan perusahaan. Afif sendiri yang kerap mendapat penolakan pekerjaan pun memilih untuk membuka usaha sendiri.

3 dari 3 halaman

Turunkan berat badan capai 118 kg

Kerap mendapat penolakan saat melamar pekerjaan, membuat Afif memiliki tekad tinggi untuk berubah. Bahkan, selama kurun waktu 2 tahun, ia berhasil menurunkan berat badan hingga 118 kg. Dimana dirinya semula memiliki berat badan 214 kg kini menjadi 96 kg. Usaha yang cukup keras pun dilakukan oleh Afif demi mengubah penampilannya.

Ia memilih menerapkan pola hidup sehat serta rutin berolahraga di gym. Dalam dietnya, Afif memilih untuk memakan sayur dalam jumlah sangat banyak dan hanya makan nasi sangat sedikit. Namun, tentu ada saja halangan yang harus dihadapi. Mulai dari keluarga yang memasak dengan baik, teman-teman mengajak nongkrong dan sebagainya.

"Saya juga tapi saya sadar, ada kalanya saya harus berenang melawan arus agar bisa kuat, ada kalanya saya memulai siklus positif di sini," ujarnya.

Perubahan penampilan Afif yang berhasil menurunkan berat badan hingga 118 kg ini pun menjadi sortoan banyak netizen. Tak sedikit pula netizen yang merasa kagum hingga memberikan semangat kepadanya.