Sukses

Macam-Macam Senam Irama dan Penjelasan, Begini Gerakannya

Liputan6.com, Jakarta Olahraga senam irama berawal dari gagasan Jean-Georges-Noverre, Francois Delsarte, dan Rudolf Bode. Awal mula senam irama adalah bernama modern gimnastik, lalu berubah menjadi olahraga gimnastik ritmis dan terakhir menjadi senam irama atau gimnastik ritmis. Apa saja macam-macam senam irama itu?

Secara umum ada dua macam-macam senam irama sebelum dikategorikan secara lebih spesifik. Ada senam irama dengan alat dan senam irama tanpa alat. Senam irama dengan alat biasanya memanfaatkan gada, simpai, tali, selendang atau bola sebagai pelengkap. Sementara senam irama tanpa alat, tak menggunakan properti apapun.

Apabila lebih dikhususkan lagi. Tak hanya dilakukan dengan irama, macam-macam senam irama ada dengan maksud tertentu dan bukan hanya asal-asalan. Ada senam aerobik, senam artistik, senam si buyung, dan senam pembentukan. Berikut Liputan6.com ulas macam-macam senam irama dan penjelasannya, Jumat (3/12/2021).

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Senam Irama dan Penjelasannya

Secara umum ada dua macam-macam senam irama sebelum dikategorikan secara lebih spesifik. Ada senam irama dengan alat dan senam irama tanpa alat. Senam irama dengan alat biasanya memanfaatkan ada, simpai, tali, selendang atau bola sebagai pelengkap. Sementara senam irama tanpa alat, tak menggunakan properti apapun.

Berikut macam-macam senam irama dan penjelasannya:

1. Senam Aerobik

Senam aerobik adalah satu dari macam-macam senam irama yang paling populer di Indonesia. Jenis senam ini biasanya diiringi irama musik saat melakukan berbagai macam gerakan. Adapun gerakan dari macam-macam senam irama yang aerobik dilakukan untuk melatih otot-otot tubuh hingga denyut jantung.

Pembedanya ada pada tarian. Macam-macam senam irama yang aerobik memiliki gerakan selaras namun tidak terpaku oleh musik yang mengiringinya. Sehingga setiap gerakan macam-macam senam irama yang aerobik akan melatih kerja otot-otot yang ada dalam tubuh.

Selain itu, macam-macam senam irama aerobik ini juga berfungsi efektif dalam menjaga kesehatan jantung, paru-paru, serta membuat aliran darah bekerja lebih efektif.

2. Senam Artistik

Senam artistik adalah satu dari macam-macam senam irama yang paling populer dalam gelaran Olimpiade. Macam-macam senam irama yang artistik ini memadukan aspek tumbling dan akrobatik. Pada setiap gerakan macam-macam senam irama yang artistik, biasanya menggunakan alat bantu.

Ada gelang-gelang, palang sejajar, dan kuda-kuda pelana. Macam-macam senam irama yang artistik ini berfungsi untuk melatih kelenturan tubuh. Tak heran apabila para atlet senam artistik biasanya memiliki tubuh yang sangat lentur. Macam-macam senam irama yang aerobik ini juga bermanfaat untuk menguatkan otot dan melenturkan sendi.

3. Senam Si Buyung

Senam si buyung adalah satu dari macam-macam senam irama. Memiliki ciri khas sifat sistemis dan gerakannnya berasal dari gabungan berbagai macam aspek. Apa saja? Mulai dari bernyanyi, beajar, bercakap-cakap, bermain, mendongeng atau bercerita, senam, dan masih banyak lagi.

Umumnya macam-macam senam irama yang si buyung ini dilakukan oleh anak usia 6 sampai 8 tahun. Pondasi utama melakukan macam-macam senam irama ini, khayalan pesertanya. Adanya perbedaan gerak ketika melakukan macam-macam senam irama yang si buyung ini bukanlah masalah.

4. Senam Pembentukan

Senam pembentukan adalah satu dari macam-macam senam irama. Gerakan dari senam pembentukan adalah dibuat secara disengaja, dari keteraturan dan metode khusus. Apapun itu, misalnya dari diam, jongkok, duduk, berbaring, dan mulai berdiri. Adanya macam-macam senam irama yang pembentukan ini biasanya dilakukan untuk menyempurnakan bentuk tubuh manusia yang kurang sempurna.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Senam Irama dari Gerakannya

Senam irama adalah salah satu olahraga yang dapat menjadi solusi menjaga kesehatan dan mengontrol berat badan. Tentunya kamu perlu mengetahui berbagai jenis gerakan pada senam irama terlebih dahulu sebelum menerapkannya.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, senam irama adalah jenis senam yang menekankan pada kelenturan, ketepatan, dan kontinuitas gerakan. Jenis-jenis gerakan senam irama adalah sebagai berikut:

Pertama, gerakan senam irama adalah tanpa alat yang menekankan gaya, teknik, dan eksekusi kemampuan menari.

Kedua, senam irama menggunakan tali dengan gerakan yang variatif seperti melompat, melempar, berayun, memutar dan membentuk angka 8.

Ketiga, senam menggunakan simpai yang merupakan lingkaran besar terbuat dari plastik atau rotan.

Keempat, senam irama menggunakan bola karet berdiameter 18-20 cm.

Kelima, senam irama dengan tongkat dengan menghentak-hentakkan tongkat, melempar, dan menangkap.

Gerakan yang terakhir yaitu menggunakan pita sepanjang 6 meter dan dilakukan gerakan seperti berayun, spiral, dan lingkaran.

4 dari 4 halaman

Manfaat Melakukan Senam Irama

1. Membakar Lemak

Manfaat senam irama adalah dapat membantu membakar lemak dan kalori yang berlebihan di tubuh. Hal ini tentunya bisa kamu dapatkan jika sudah melakukannya secara rutin.

Keseimbangan fisik, keluwesan hingga kelincahan dibutuhkan pada setiap gerakan yang dilakukan dalam senam irama supaya sesuai iringan musik. Hal ini karena fisik akan bergerak secara sambung menyambung sesuai alunan musik yang nantinya bisa membakar lemak serta kalori berlebih dalam tubuh.

2. Melatih Keseimbangan

Beberapa gerakan senam irama memang perlu dilakukan dengan keseimbangan tubuh yang baik. Berlatih keseimbangan ini penting untuk memperbaiki postur tubuh sehingga meminimalisir risiko pembengkokan tulang belakang.

3. Menambah Kekuatan Otot

Manfaat senam irama akan membantu menguatkan jaringan otot tubuh. Secara otomatis dengan sering melakukan senam irama akan membuat otot-otot menjadi lebih kuat dan lentur.

Otot-otot di dalam tubuh menjadi lentur dan kuat, sehingga membuat jangkauan gerakan tubuh meningkat. Selain itu hal ini juga akan mencegah tubuh mengalami kaku serta cedera di saat melakukan berbagai aktivitas fisik yang berat.

4. Membuat Kamu Tidak Rentan Cedera

Manfaat senam irama selanjutnya berkaitan dengan kelenturan yang diciptakannya ketika kamu melakukan gerakan senam. Semakin sering melakukan senam irama, maka semakin lentur tubuhmu dan terbukti jarang mengalami cedera meskipun melakukan aktivitas berat.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat senam irama juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Lantaran di saat tubuh sedang melakukan gerakan senam maka, hal tersebut akan melatih kekuatan tulang. Jika sering melakukan senam irama, maka manfaat yang didapatkan adalah tulang menjadi lebih kuat dan sehat. Kekuatan tulang tentu saja dapat menunjang aktivitas sehari-hari.

6. Menyehatkan Mental

Tentu saja manfaat senam irama tidak hanya dirasakan oleh tubuh, melainkan juga menyehatkan mental. Penelitian menunjukkan anak-anak yang sering melakukan gerakan senam irama akan memiliki kemampuan memecahkan masalah dan fokus lebih baik.

Fokus dan kemampuan memecahkan masalah ini akan membuat nilai akademis juga lebih memuaskan daripada anak yang tidak pernah senam. Sementara bagi orang dewasa manfaat senam irama dikatakan dapat mengurangi stres.

7. Optimalkan Fungsi Otak

Senam irama juga mampu mengoptimalkan fungsi otak. Sebab gerakan senam irama diiringi alunan musik yang dipercaya mampu menurunkan hormon kortisol dan epineprin yang menyebabkan stres.

Dua hormon itulah yang nantinya menjadi antidepresan yang berupa norepineprin. Selain itu dengan sering melakukan gerakan senam irama bisa menghindarkan diri dari penyakit kognitif seperti Alzheimer.

8. Menyehatkan Jantung

Senam irama dilakukan dengan iringan musik di setiap gerakannya. Irama yang digunakan pun sangat beragam, mulai dari tempo yang lambat hingga cepat. Gerakan yang lambat hingga cepat inilah yang membuat senam irama bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.