Sukses

4 Fakta Rihanna Dinobatkan Jadi Pahlawan Nasional Barbados, Penuh Kebanggaan

Penyanyi ternama Rihanna mendapat penghargaan sebagai Pahlawan Nasional Negara Barbados

Liputan6.com, Jakarta Kabar mengejutkan datang dari dunia musik Internasional. Vokalis ternama Rihanna ramai menjadi perbincangan karena telah menerima penghargaan yang membanggakan. Tak main-main, pelantun tembang Umbrella ini dinobatkan sebagai pahlawan nasional di tanah kelahirannya di Saint Michael, Barbados.  

Wanita kelahiran 20 Februari 1988 ini telah menorehkan karya di dunia musik sejak berusia 16 tahun. Kini penyanyi bernama lengkap Robyn Rihanna Fenty selalu menjadi sorotan masyarakat, tak terkecuali momen saat ia dinobatkan sebagai pahlawan nasional. 

Sebagaimana dijelaskan The Hollywood Reporter, Penobatan Rihanna itu dilaksanakan dalam sebuah upacara yang menandai pemisahan Barbados dari Inggris menjadi republik sendiri. 

Pencipta album Music Of The Sun ini bahkan tak pernah membayangkan dirinya bakal dinobatkan jadi pahlawan nasional Barbados. Berikut Liputan6.com merangkum faktanya melansir dari berbagai sumber, Jumat (3/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Rihanna digelari The Right Excellent

Sebagai Pahlawan Nasional, Rihanna digelari The Right Excellent oleh Perdana Menteri Barbados Mia Mottley. Gelar terhormat itu baru diberikan kepada 11 orang, sedangkan Rihanna merupakan perempuan kedua yang menerimanya. 

Rihanna dinobatkan sebagai pahlawan nasional di di Golden Square Freedom Park, Bridgetown pada Senin, 30 November 2021. Mia Mottley memuji Rihanna atas kreativitas, kedisiplinan, dan komitmennya pada Negara Barbados.

3 dari 5 halaman

2. Dihadiri Pangeran Charles

Pangeran Charles, pewaris takhta Inggris, ikut hadir dalam momen bersejarah ini. Dengan menjadi negara berbentuk republik, Barbados juga mencopot kepala negara mereka sebelumnya, Ratu Elizabeth II. Seremoni Presiden Barbados yang digelar Senin malam hingga Selasa mencakup berbagai perayaan, termasuk parade militer.

4 dari 5 halaman

3. Dianggap Berlian Bagi Barbados

“Atas nama bangsa yang bersyukur dan dengan bangga, kami mempersembahkan kepada Anda, yang ditunjuk sebagai pahlawan nasional Barbados, ambassador Robyn Rihanna Fenty," kata Mottley mengutip dari Lifestyle, Liputan6.com.

Mottley berharap agar Rihanna kian bersinar bak berlian dan membawa kebanggan bagi Negara Barbados. Baik kerja keras, tindakan yang mendatangkan kebaikan di mana ia berada.

5 dari 5 halaman

4. Pernah Jadi Duta Barbados

Penghargaan yang diberikan Barbados kepada Rihanna bukan pertama kalinya. Pada tahun 2018 ia diangkat menjadi Duta Barbados yang bertugas mempromosikan pendidikan, pariwisata, dan investasi untuk negara ini. 

Satu dekade yang lalu Rihanna juga pernah menjadi duta kebudayaan untuk Kementerian Pariwisata Barbados. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.