Sukses

Alami Komplikasi Berat, Begini Kabar Terbaru Musisi Jazz Idang Rasjidi

Idang Rasjidi dikabarkan mengalami komplikasi, berikut kabar terbarunya.

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari dunia musik Tanah Air. Pelantun musik jazz ternama Idang Rasjidi kini tengah dirawat intensif di rumah sakit. Nahasnya, Idang tengah berjuang melawan 6 komplikasi penyakit yang membuatnya terbaring di Rumah Sakit  Azra Bogor Jawa Barat.

Informasi yang beredar tentu menjadi perhatian masyarakat warganet. Berbagai pertanyaan dan anggapan muncul tentang kondisi pria berdarah Bangka Belitung ini.  

Pernyataan bahwa Idang Rasjidi mengalam komplikasi penyakit dibenarkan melalui Instagram kerabatnya Jilly Likumahuwa yang mengutip dari Showbiz Liputan6.com. “Jadi sakitnya Paps Idang Rasjidi memang benar-benar komplikasi sekali. Sangat-sangat mirip dengan sahabatnya Alm. Benny Likumahuwa,” rinci Jilly Likumahuwa. 

Lebih lanjut, Jilly mengabarkan kondisi terbaru Idang Rasjidi. Berikut Liputan6.com merangkumnya dari berbagai sumber, Jumat (3/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengidap Diabetes dan 5 Penyakit Lainnya

Jilly Likumahuwa merinci enam penyakit yang dilawan Idang Rasjidi yakni diabetes melitus atau gula basah, albumin atau protein darah kurang, kurang leukosit, asam urat, penyakit ginjal, dan pengapuran di punggung.

Jilly membantah kabar yang menyebut dua kaki Idang Rasjidi telah diamputasi. Masih lewat status teks yang diunggah di akun Instagram pada 2 Desember 2021, Jilly Likumahuwa menyebut tindakan amputasi diambil tim medis bukan tanpa alasan. 

“Untuk mencegah menjalarnya si gula menggerogoti tubuhnya karena sudah bolong di bawah kelingking kaki kirinya. Jika setelah transfusi masih kurang juga jumlah albumin dan leukositnya, maka akan di tunda dulu amputasinya,” kata Jilly.

3 dari 4 halaman

Tidak Diperkenankan Cuci Darah

Terkait penyakit ginjal, tim dokter berupaya agar jangan sampai Idang Rasjidi cuci darah. Hal ini dikarenakan bisa jadi ini akan memperumit keadaan. Idang sendiri tengah menjalani transfusi darah.

“Karena albumin dan leukositnya sangat kurang, maka akan ditransfusikan 2 kantong darah A+ untuk membuat keduanya normal dan memenuhi syarat untuk diambil tindakan amputasi,” tulis Jilly Likumahuwa pada postingan Instagramnya. 

4 dari 4 halaman

Porsi Makan yang Dibatasi

Makanan yang diberikan kepada musisi Jazz ternama ini dibuat sendiri dan ditakar serta diberikan pada jam yang tepat. Dalam kesempatan itu, Jilly Likumahuwa minta maaf karena para sahabat belum diizinkan menjenguk Idang.

“Fooding dari paps Idang Rasjidi harus dijaga, semuanya serba ditakar. Untuk itulah saya memutuskan untuk benar-benar akan memperhatikan Paps Idang Rasjidi,” ia menyambung.

Lebih lanjut, Jilly Likumahuwa mengabarkan Idang Rasjidi telah menerima transfusi dan menjalani puasa sebelum menempuh tindakan operasi. Anak-anak mendampingi dan menguatkannya.

“Tadi sudah di transfusi sedang menjalankan puasa dan setelah magrib persiapan untuk masuk ruang operasi persiapan 30 menit sampai 1 jam. Bahagia sekali melihat anak-anak Paps,” ungkapnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.