Sukses

Mentai adalah Makanan Khas Jepang, Ketahui Cara Membuatnya

Mentai makin hits sebagai hidangan ala Jepang.

Liputan6.com, Jakarta Mentai adalah menu yang belakangan sering terdengar. Salah satu olahan mentai adalah saus mentai. Di Indonesia, olahan saus mentai adalah salah satu jenis makanan yang sedang hits.

Sebenarnya, mentai adalah makanan khas Jepang yang dikenal dengan nama mentaiko. Mentai adalah makanan yang makin populer hingga muncul ragam kreasinya. Saus mentai adalah salah satu jenis olahan mentai yang kini cukup banyak ditemui.

Saus mentai identik dengan saus yang creamy, gurih, asam dan sedikit pedas. Ia biasa dioles atau dituangkan pada makanan untuk memberi rasa yang khas.

Saus mentai pun punya banyak kreasi olahan yang makin beragam. Ragam olahan saus mentai adalah seperti salmon mentai, ayam mentai, udang, hingga nasi. Semua olahan ini memiliki cita rasa khas mentai yang lezat.

Berikut penjelasan tentang apa itu mentai, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (5/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Apa itu mentai?

Mentai adalah olahan khas Jepang berupa telur ikan pollack, sejenis kod. Di Jepang, olahan ini lebih dikenal dengan nama mentaiko. Mentaiko terbuat dari kantong telur utuh pollack yang diawetkan dengan garam dan diasinkan dalam berbagai bumbu dan rempah-rempah.

Mentaiko dibuat dari telur pollock Alaska, yang merupakan ikan yang biasa ditangkap di laut Pasifik Utara. Telur, yang merupakan telur ikan yang terbentuk sepenuhnya, dikeluarkan dari ikan dan kemudian disiapkan. Mentaiko memiliki rasa yang gurih dan umami yang kaya berkat air garam dan bumbu yang digunakan dalam pengolahannya.

Mentai juga dapat dikombinasikan dengan bahan lain dalam berbagai hidangan populer di Jepang seperti saus dan onigiri. Mentai bisa dimakan polos, sering disajikan sebagai pendamping saat minum sake.

3 dari 8 halaman

Asal usul

Meski dikenal sebagai makanan Jepang, mentai adalah hidangan yang diperkirakan berasal dari Korea. Mentaiko menjadi populer di Jepang setelah Perang Dunia Kedua. Di Korea, olahan telur ikan pollack yang diasinkan disebut dengan myeongnan-jeot. Nama mentaiko diambil dari bahasa Korea serumpun myeongtae yang berarti pollock Alaska.

Di Jepang, sebagian besar mentaiko berasal dari Fukuoka, sebuah kota di pulau selatan Kyushu. Mentaiko kadang-kadang disebut sebagai karashi yang artinya telur ikan pedas. Versi ini dibumbui dengan bumbu cabai merah, serta digulung dalam ogarashi, atau cabai merah Jepang, untuk sensasi ekstra.

4 dari 8 halaman

Saus mentai

Di Indonesia, mentaiko lebih dikenal dengan nama mentai. Olahan mentai yang paling sering ditemukan adalah saus mentai. Saus ini sering hadir pada olahan salmon, ayam, daging sapi, hingga nasi.

Saus mentai adalah mentaiko yang dikombinasikan dengan mayones hingga membentuk tekstur yang creamy. Rasa saus mentai memiliki cita rasa khas umami dari telur ikan.

Terkadang, saus mentai dibuat dari bahan lain selain telur ikan pollock. Saus mentai biasanya menggunakan telur ikan terbang atau tobiko sebagai pengganti telur ikan pollock atau mentai. Ini karena mentaiko terkadang cukup sulit ditemukan. Beberapa resep bahkan ditemukan tidak menggunakan telur ikan.

Saus mentai khas Jepang sebenarnya lebih hambar karena minim rempah. Sementara di Indonesia, saus mentai telah dimodifikasi dengan beragam bumbu rempah sehingga membuat rasanya lebih kaya dan sesuai dengan selera masyarakat.

5 dari 8 halaman

Cara membuat saus mentai ala Jepang

Bahan:

- 3/4 cangkir mayones Jepang (180 ml)

- 1 sdm karashi mentaiko (telur pollack asin pedas)

- 1 sdm saus toat

- 1/2 sdt saus cabai (opsional)

Cara membuat:

1. Dalam mangkuk kecil, campur mayones, mentaiko, saus tomat, dan saus sambal hingga tercampur rata.

6 dari 8 halaman

Cara membuat salmon mentai

Bahan:

Nasi putih

1/4 kg salmon

3 siung bawang putih

Bawang bombay

Rumput laut

Keju

Mayonaise

Minyak wijen

Saus tiram

Kecap asin

Saus tomat

Saus sambal

Merica

Garam

Gula

Cara membuat:

1. Balurkan ikan salmon dengan perasan lemon, diamkan 10 menit dan cuci bersih.

2. Potong-potong rumput laut dan ikan salmon.

3. Kemudian tumis bawang putih dan bawang Bombay yang sudah dicincang halus.

4. Masukkan nasi putih, saus tiram, kecap asin, minyak wijen, merica, garam, gula dan rumput laut, ke dalam tumisan dan aduk hingga rata, angkat.

5. Setelah itu buat bahan olesan, dengan mencampurkan mayonnaise, saus tomat, saus sambal, merica, garam dan gula, aduk hingga rata.

6. Siapkan wadah anti panas, untuk lapisan pertama masukkan nasi, olesi adonan mayonaise, taruh ikan salmon dan rumput laut di atasnya, lalu ulangi sampai 2 lapisan dan taburkan keju parut.

7. Panggang dengan oven bersuhu 190 derajat celcius selama 20-30 menit. Salmon mentai siap disajikan.

7 dari 8 halaman

Cara membuat udang mentai

Bahan:

250 gr udang rebus

3 sdm mayonaise

1 sdm saus sambal

1 sdm tobiko

1 sdt nori atau bubuk rumbut laut

Cara membuat:

1. Rebus udang dengan beberapa potongan lemon sampai mendidih. Angkat dan tiriskan.

2. Gunting kulit punggung udang, lalu belah dagingnya menjadi dua, ulangi ke semua udang.

3. Campur mayonaise, saus sambal, tobiko dan nori di dalam wadah dan aduk sampai rata.

4. Tuangkan masing-masing 1 sdt saus mentai ke semua udang.

5. Bakar saus dengan blow torch. Sajikan.

8 dari 8 halaman

Cara membuat Chicken Spicy Mayo Mentai Rice

Bahan:

250 gr daging ayam goreng atau chicken karaage, potong-potong

4 butir telur kocok, masak orak-arik

250 gr mayonaise

3 sdm saus sambal

5-6 porsi nasi putih

2 sdm kecap asin jepang

1/2 sdt gula pasir

2 sdm butter

2 bungkus nori, gunting tipis atau hancurkan

Cara membuat:

1. Campur nasi hangat dengan butter, kecap asin, gula dan nori. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

2. Siapkan wadah. Tata nasi secara merata, tidak perlu dipadatkan.

3. Letakkan potongan ayam dan telur orak-arik di atas nasi. Tambahkan saus mayonaise dan sambal secara merata, jika menyukai rasa pedas.

4. Panggang sebentar atau bakar dengan blow torch hingga saus mayonaise meleleh dan sedikit gosong.

5. Tambahkan topping lain sesuai selera. Sajikan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.