Sukses

Macam-Macam Warna Hijau dalam Bahasa Indonesia, Kenali Perbedaannya

Warna hijau ternyata punya beragam jenis.

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam warna hijau sangat beragam. Hijau merupakan warna sekunder dalam spektrum warna. Hijau adalah hasil penggabungan antara kuning dan biru.

Dalam tampilannya, warna hijau ternyata punya beragam jenis. Macam-macam warna hijau ini juga punya sebutan yang berbeda. Sebut saja hijau army, mint green, olive green, dan banyak lagi macam-macam warna hijau dalam sebutan bahasa Inggris. 

Sebutan macam-macam warna hijau ternyata juga tersedia dalam bahasa Indonesia. Macam-macam warna hijau bisa dilihat dalam buku Daftar Istilah Warna yang diterbitkan Pusat Bahasa pada 1984. Macam-macam warna hijau ini punya nama sendiri dalam bahasa Indonesia.

Apa saja nama warna hijau dalam bahasa Indonesia? Berikut macam-macam warna hijau dalam bahasa Indonesia, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(6/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Arti warna hijau

Macam-macam warna hijau melambangkan harmoni dan kesehatan. Arti warna hijau adalah warna yang murah hati dan santai yang merevitalisasi tubuh dan pikiran. Warna ini menyeimbangkan emosi dan membuat seseorang merasa aman dan terlindungi.

Hijau secara universal diasosiasikan dengan alam, seperti halnya dengan rumput, tanaman, dan pepohonan. Ini juga mewakili pertumbuhan dan pembaruan, menjadi warna musim semi dan kelahiran kembali. Hijau adalah warna yang dapat membangkitkan emosi yang kuat. Ini adalah warna dominan di alam yang membuat Anda berpikir tentang pertumbuhan.

3 dari 7 halaman

Macam-macam warna hijau

Hijau botol

Hijau botol adalah macam-macam warna hijau yang menyerupai warna botol minuman. Dalam bahasa Inggris, ia disebut bottle green. Hijau botol memiliki warna hijau gelap seperti warna botol kaca hijau.

Hijau daun

Hijau daun adalah warna hijau muda yang menyerupai warna daun muda. Dalam bahasa Inggris ia disebut foliage green, herbage green, leaf green. Penamaan warna ini terinspirasi dari warna daun muda yang segar. Hijau daun rata-rata dominan hijau kuning sedang yang lebih hijau, lebih terang, dan lebih kuat.

Hijau jelak

Hijau jelah atau hijau jelak adalah corak warna hijau terang yang melambangkan kejernihan pikiran. Dalam bahasa Inggris, ia disebut Primary green, vivid green, atau Caribbean green. Hijau jelak menggambarkan warna hijau yang cerah dan bersemangat.

4 dari 7 halaman

Macam-macam warna hijau

Hijau khaki

Hijau khaki merupakan macam-macam warna hijau yang memiliki akses cokelat khaki. Ia juga dikenal dengan sebutan olive brown. Khaki Green adalah warna midtone, abu-abu, kuning camo dengan nada zaitun.

Hijau laut

Hijau laut merupakan warna yang menyerupai laut atau samudera. Warna ini juga dikenal dengan sebutan Bluish green dan deep sea green. Ia juga sering disebut sebagai Aqua. Hijau laut merupakan perpaduan warna hijau dan biru. Warna ini biasanya ditemukan di alam mulai dari ikan, seperti damselfish biru-hijau, hingga danau.

Hijau lumut

Hijau lumut dikenal dengan sebutan greenish olivaeous, olivaceous, olive green, serpentine green. Hijau lumut juga disebut dengan hijau zaitun atau olive green. Hijau lumut adalah warna hijau kekuning-kuningan gelap. Warnanya mirip dengan lumut yang menempel pada batu. Ia juga mirip dengan buah zaitun yang masih muda.

5 dari 7 halaman

Macam-macam warna hijau

Hijau nuri

Hijau nuri adalah corak warna hijau kecokelatan yang melambangkan warna bulu hijau gelap dari burung nuri. Warna ini juga disebut sebagai parrot green.

Hijau pelangi

Hijau pelangi menggambarkan warna hijau yang ada pada spektrum pelangi. Warna ini juga disebut dengan spectrum green. Hijau pelangi digambarkan sebagai warna hijau tua yang solid.

Hijau pupus

Hijau pupus adalah macam-macam warna hijau yang menyerupai warna pucuk tumbuhan yang masih muda, atau warna kulit dari jeruk nipis. Ia juga dikelan sebagai hijau limau, lime, dan Yellowish green. Pada warna ini, warna kuning terlihat lebih kuat dari hijau. Ini adalah warna kuning yang dicampur dengan sedikit warna hijau.

6 dari 7 halaman

Macam-macam warna hijau

Hijau rumput

Macam-macam warna hijau ini mirip dengan warna hijau daun. Warna ini juga dikenal dengan sebutan grass green. Hijau rumput adalah warna hijau kekuningan yang kuat. Ini adalah salah satu dari banyak warna hijau yang namanya terinspirasi oleh rekan alaminya.

Hijau tembaga

Hijau tembaga adalah corak warna hijau yang dihasilkan dari nyala api berbahan tembaga sulfat. Corak hijau ini mirip dengan warna mineral malasit yang sudah dipoles. Hijau tembaga dikenal dengan sebutan copper green dan malachite green.

Hijau tentara

Hijau tentara adalah warna hijau kecokelat-cokelatan yang banyak digunakan sebagai warna pakaian seragam tentara. Warna ini terkenal dengan sebutan hijau army atau army green.

7 dari 7 halaman

Macam-macam warna hijau

Hijau zamrud

Hijau zamrud adalah warna yang memiliki corak warna hijau menyerupai batu zamrud. Sebagai pewarna, senyawa ini juga disebut hijau paris, hijau schweinfurt atau hijau wina. Dalam bahasa Inggris, macam-macam warna hijau ini disebut dengan emerald green.

Pucuk pisang

Pucuk pisang merupakan warna yang mirip dengan hijau pupus. Tapi, pada warna ini, warna hijau lebih kuat dari warna kuning. Pucuk pisang juga disebut dengan nama greenish yellow.

Wilis

Warna wilis merupakan nama lain dari myrtle green. Wilis berasal dari bahasa Jawa yang mendefinisikan warna hijau dan biru yang jika dilihat lebih kuat warna hijau dibandingkan dengan biru. Ini adalah hijau tua klasik dengan semburat cyan yang kuat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.