Sukses

Arti Cringe dalam Kehidupan Sehari-Hari dan Media Sosial, Ini Maknanya

Liputan6.com, Jakarta Arti cringe merupakan kata yang berasal dari bahasa Inggris yang berarti rasa malu atau jijik seseorang saat melihat sesuatu yang memalukan atau menjijikan. Arti cringe juga kerap diasosiasikan dengan ekspresi meringis ketika melihat sesuatu hal yang menjijikkan dan memalukan. 

Akhir-akhir ini kata cringe sering ditemukan di media sosial dan digunakan oleh para milenial. Penggunaan kata cringe sering digunakan dalam percakapan terutama untuk orang yang suka mencampur atau menyelipkan kata-kata bahasa Inggris dalam obrolan.

Sebenarnya, arti cringe memiliki beberapa makna yang dapat kita pahami. Yang pertama arti cringe adalah meringis atau bergidik, kedua arti cringe yaitu perasaan malu atau menjijikkan, dan yang ketiga arti cringe adalah sikap menekuk wajah karena jijik, geli, kaget, dan takut. Jadi, kata cringe sendiri lebih sering digunakan untuk menggambarkan perasaan.

Berikut ini ulasan mengenai makna kata cringe beserta penggunaan dan daftar kata bahasa gaul lainnya di media sosial yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (6/12/2021).

2 dari 5 halaman

Makna Kata Cringe

Arti cringe adalah suatu ungkapan rasa geli atau takut. Kata cringe sendiri semakin banyak dipergunakan seiring dengan berkembangnya media sosial terutama di kalangan milenial. Namun, selain menggunakan kata cringe, ada banyak sekali ungkapan lain yang menggunakan kata cringe.

Seperti cringy atau cringeworthy yang juga kerap digunakan dengan arti yang serupa. Cringy memiliki arti seseorang atau sesuatu yang membuat kalian malu atau canggung. Sedangkan cringeworthy artinya adalah seseorang atau sesuatu yang membuat kalian sangat 'cringe' atau 'cringe' maksimal.

Penggunaan cringe saat ini tidak hanya untuk menunjukkan sesuatu perasaan namun juga diucapkan dalam percakapan sehari-hari. Meskipun begitu, tidak semua perasaan yang ditunjukkan dengan menggunakan kata cringe bersifat negatif. Semua tergantung situasi yang sedang kalian hadapi, sehingga arti cringe memiliki makna yang berbeda dalam beberapa situasi.

3 dari 5 halaman

Penggunaan Kata Cringe di Indonesia

Di Indonesia sendiri, biasanya kata cringe tidak hanya dipergunakan untuk mengungkapkan atau merasa malu dan jijik atas seseorang namun juga pada sesuatu yang diinilai tidak sesuai dan ketinggalan zaman. Misalnya, anak-anak yang masih dibawah umur yang menjalin hubungan dengan memiliki nama panggilan layaknya orang dewasa.

Karena telah terlalu sering dipergunakan di era milenial ini, cringe adalah kata yang kerap dipergunakan untuk meme atau bahan bercandaan di media sosial. Di meme tersebut, tidak semua gambar akan menggunakan kata-kata cringe. Namun sebagai ganti kata cringe, hampir semuanya disimbolkan seperti mengerutkan dahi ataupun suatu ekspresi wajah yang jijik.

Kata-kata yang dipergunakan dalam meme tersebut sebenarnya hanya sebagai penguat saja. Jadi, pesan yang disampaikan dari gambar tersebut sebenarya lebih tepat sasaran. Dengan berkembangnya teknologi dan kreatifitas para anak milenial, sekarang simbol kata cringe diubah bentuk menjadi Gif.

4 dari 5 halaman

Bahasa Gaul Lainnya

Tak hanya mengetahui arti cringe saja, namun anda juga perlu mengetahui bahasa gaul lainnya yang sering digunakan di media sosial maupun kehidupan sehari-hari. Berikut ini sejumlah bahasa gaul, diantaranya:

1. Gabut

Arti gabut merupakan kependekan dari gaji buta. Arti gabut kini tak hanya sekadar tentang makan gaji buta, tapi untuk mewakili perilaku seseorang yang tidak melakukan aktivitas apapun dan bingung ingin melakukan apa.

2. Baper

Baper adalah singkatan gaul yang kepanjangannya adalah Bawa Perasaan. Istilah gaul baper merujuk pada seseorang yang memasukkan ke hati segala ucapan dan tindakan orang lain.

3. Bucin

Bucin adalah kependekan dari istilah budak cinta. Singkatan gaul ini digunakan untuk merujuk pada pria atau wanita yang tergila-gila akan cinta, di mana orang tersebut mau melakukan apapun demi orang yang dia cinta.

4. Gaje

Gaje adalah singkatan dari Gak Jelas atau Enggak Jelas. Kata ini digunakan ketika seseorang tidak paham atau tidak bisa menangkap maksud dari orang lain.

5. Mager

Mager adalah singkatan gaul dari kalimat Malas Gerak. Kata ini lebih sering dipakai untuk mengungkapkan rasa malas.

6. Nolep

Kata ini merupakan plesetan dari kata bahasa inggris yatu No Life. Kata ini merujuk pada seseorang yang lebih suka berdiam diri di rumah dan tidak suka bergaul.

7. Sabi

Sabi merupakan pembacaan Bisa yang dibalik. Kata ini memang memiliki makna Bisa dan cukup sering digunakan di media sosial maupun kehidupan sehari-hari anak muda.

 

5 dari 5 halaman

Bahasa Gaul Lainnya

Tak hanya mengetahui arti throwback saja, namun kamu juga perlu mengetahui bahasa gaul lainnya yang sering digunakan di media sosial maupun kehidupan sehari-hari. Berikut ini sejumlah bahasa gaul, diantaranya:

8. Ghosting

Kata Ghosting semakin populer digunakan anak muda Indonesia. Bahkan, tahun lalu istilah ini menjadi salah satu kata yang banyak dicari di mesin pencarian Google di Indonesia. Ghosting bisa berarti hantu yang dapat menghilang secara tiba-tiba. Arti ghosting dalam bahasa gaul adalah menghilang secara tiba-tiba tanpa kontak sama sekali. Orang yang melakukan ghosting, yang biasanya adalah orang dekat kamu, tiba-tiba menghilang tanpa kabar dan tidak bisa dihubungi lagi. 

9. Pansos

Pansos merupakan singkatan dari panjat sosial. Pansos dapat diartikan sebagai usaha seseorang dalam melakukan pencitraan diri agar mendapatkan perhatian dan memiliki status sosial yang tinggi.

10. Ngab

Ngab merupakan kebalikan dari Bang. Kata ini memang memiliki makna Bang, yang merupakan kata sapaan untuk kakak laki-laki. Kata ini sering digunakan di media sosial untuk memanggil seseorang.

11. Julid

Selain arti kata mager dan gabut, ada banyak istilah kekinian lagi yang wajib diketahui. Salah satunya adalah julid. Dalam KBBI, Julid berarti berarti iri dan dengki dengan keberhasilan orang lain. Julid biasanya berupa komentar negatif yang menyudutkan seseorang.

12. Receh 

Receh merupakan sebutan untuk guyonan yang kurang lucu tapi bisa bikin tersenyum.

13. Gercep

Merupakan singkatan dari gerakan cepat. Singkatan ini adalah anjuran untuk melakukan sesuatu hal lebih cepat dari biasanya. Gercep adalah tanggapan yang cepat oleh seseorang terhadap sesuatu.

14. Halu

Kata halu artinya halusinasi. Istilah untuk seseorang yang sedang berkhayal, berimajinasi tinggi tapi tidak bisa mewujudkannya.

15. OTW

Kata OTW memiliki arti on the way. Istilah bagi orang yang mau atau sedang berangkat ke tujuan.