Sukses

Gaga Muhammad Ditahan atas Kecelakaan yang Lumpuhkan Laura Anna, Ini 4 Faktanya

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka masih menyelimuti kondisi salah satu selebgram Tanah Air yang sempat dikabarkan mengalami kecelakaan. Tahun 2019 Laura Anna terkena musibah kecelakaan mobil yang membuatnya lumpuh. Laura Anna kini tengah berjuang mendapatkan keadilan dengan menggugat Gaga Muhammad

Mantan kekasih Laura Anna ini telah diproses oleh pihak berwenang yang akan menentukan keadilan bagi keduanya. Kini selebgram dan juga model ini sedang memperoleh penanganan kesehatan. Ia mengalami cedera saraf tulang belakang atau Spinal Cord Injury yang mengakibatkan kakinya mengalami kelumpuhan. 

Gaga dinilai tak bertanggung jawab atas insiden kecelakaan tersebut dengan menggunakan kartu kredit Laura untuk melakukan transaksi saat kekasihnya sedang terbaring lemas. Selang beberapa waktu, hubungan mereka pun dinyatakan telah berakhir.

Tepat pada Kamis (2/12/2021) Laura Anna melangsungkan sidang perdananya atas tuntutan pertanggungjawaban kepada mantan kekasihnya, Gaga Muhammad. Kini jalan terang mulai ia dapatkan atas tindak lanjut jalur hukum yang ia tempuh. Berikut Liputan6.com merangkumnya dari berbagai sumber, Selasa (7/12/2021).

2 dari 5 halaman

Memenuhi Syarat untuk Sidang

Humas Pengadilan Negeri (PN) Jakarta telah memberikan keterangannya bahwa gugatan Laura Anna telah dilimpahkan dan akan disidangkan. Hal ini dikarenakan tuntutan Laura telah memenuhi syarat dan unsurnya atas tindakan Gaga. Gaga yang juga selebgram itu kini tengah menjalani tuntutan dengan pasal Undang Undang Lalu Lintas.

"Karena dianggap sudah memenuhi syarat, memenuhi unsurnya, maka perkara tersebut oleh penyidik dilimpahkan ke penuntut umum. Tapi yang menyidangkan perkara ini adalah penuntut umum, karena Jaksa sebagai perwakilan negara kan," ujar Humas Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Alex Adam Faisal, kepada wartawan saat ditemui di kantornya, Senin (6/12/2021).

3 dari 5 halaman

Sudah Diamankan di Bui

Kabar terbaru kondisi Gaga saat ini ia telah diamankan. Melansir CNN (7/12/2021) Gaga Muhammad Ditahan di Rutan Polda Metro Jaya. Kasus mantan kekasih Awkarin ini sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Jakarta Timur oleh polisi pada 21 Oktober 2021. Jaksa juga sudah mendaftarkan perkaranya ke Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Senin 1 November 2021.

Sidang kasus pidana Gaga Muhammad berlangsung secara online mengingat kondisi masih dalam keadaan Pandemi COVID-19.

"Karena masa pandemi ini, sidang kan secara online ya. Jadi ada yang ditahan di Polda, di Polres, atau di Polsek, dan ada yang dititipkan di rutan," ujar Humas PN Jakarta Timur. 

4 dari 5 halaman

Terancam Pidana 5 Tahun Penjara

PN Jakarta Timur menjelaskan bahwa sidang sudah sampai tahap saksi dari jaksa penuntut umum. Di mana, Laura Anna dan ibunya telah diperiksa oleh majelis hakim sebagai pihak korban.

Gaga Muhammad didakwa Pasal 310 Ayat 3 undang-undang tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Gaga Muhammad pun ditahan oleh kejaksaan karena ancaman pidana maksimal 5 tahun dan denda paling banyak Rp10 juta.

"Dalam perkara ini terdakwa ditahan dan kemarin sudah menurut konfirmasi dari panitera pengganti bahwa perkara ini kemarin sudah disidangkan. Si Laura bersama ibunya ini sudah dimintai keterangan sebagai saksi," tutur Alex Adam Faisal.

5 dari 5 halaman

Kondisi Kelumpuhan Laura Anna

Perempuan berdarah Hungaria dan Indonesia ini tengah berjuang menjalani pengobatan. Ia lumpuh atas tragedi kecelakaan yang menimpanya pada 8 Desember 2019. Cedera saraf tulang belakang ini membuatnya kesulitan menggerakkan tubuhnya. 

Hal ini sempat dikabarkan sahabatnya,Seali di akun Instagramnya @sealisyah Minggu, 5 Desember 2021. Postingan ini diunggah ulang di Instagram Story Laura Anna. 

"Mau duduk aja, Laura harus dibantu. Semua yang ada di badan dia dari leher sampai kaki kayak enggak saling sambung," ungkap Seali. 

Terlebih, dalam beraktivitas Laura sangat kesulitan menggunakan ponsel. Jari-jarinya terlihat menutup sehingga ia harus meletakkan ponselnya di bantal. "Jempol dia aja yang bisa mengetik, itupun kadang suka error," tulisnya. 

Langkah menempuh keadilan bagi Laura ini didukung penuh oleh keluarga, serta kerabat dan beberapa selebriti Tanah Air lainnya, diantaranya Raffi Ahmad, Atta Halilintar, hingga Syifa Hadju.