Sukses

6 Foto Terkini Jembatan Gladak Perak Lumajang yang Hancur, Segera Dibuat Jalan Gantung

Liputan6.com, Jakarta Letusan Gunung Semeru pada Sabtu (4/12/2021) mengakibatkan jembatan Gladak Perak di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur putus. Jembatan Gladak Perak merupakan jalur utama arah Lumajang – Malang lewat selatan. Akibat putusnya jembatan membuat warga di dua kecamatan yakni Kecamatan Pronojiwo dan Tempursari Kabupaten Lumajang terisolasi. 

Saat ini jembatan Gladak Perak yang hancur karena letusan Gunung Semeru sedang ditinjau oleh pemerintah. Langkah terkininya yakni segera membangun jembatan gantung untuk akses jalan dari Kecamatan Pronojiwo dan Tempursari Kabupaten Lumajang. Bupati Lumajang Thoriqul Haq membuat upaya darurat jalan gantung yang bersifat sementara agar proses evakuasi bisa cepat dilakukan.

Untuk pembangunan kembali jembatan Gladak Perak yang bersifat permanen baru ditahap peninjauan. Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian mengatakan bahwa pembangunan kembali jembatan Gladak Perak yang berada di titik sama akan berbeda dari struktur bangunan.

Menurut Hedy Rahadian, kerusakan jembatan Gladak Perak diduga karena pondasi yang menopang dari bawah sudah terkikis oleh terjangan lahar dingin erupsi Gunung Semeru. Ditambah lagi dengan adanya pengaruh awan panas guguran Gunung Semeru yang membuat jembatan Gladak Perak putus.

Khofifah Indar Parawansa sebagai Gubernur Jawa Timur pun sudah melakukan peninjauan terkait kerusakan jembatan Gladak Perak Lumajang. Sementara Presiden Joko Widodo juga sudah melakukan peninjauan infrastruktur jembatan rusak bersama dengan Menteri PUPR, Basoeki Hadimoeljono.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, potret terkini jembatan Gladak Perak Lumajang yang hancur diterjang erupsi Gunung Semeru, Rabu (8/12/2021).

2 dari 7 halaman

1. Ini dia potret Jembatan Gladak Perak yang terputus saat letusan Gunung Semeru pada Sabtu (4/12/2021).

3 dari 7 halaman

2. Jembatan Gladak Perak terputus karena pondasi yang menopang dari bawah sudah terkikis oleh terjangan lahar dingin erupsi Gunung Semeru dan adanya pengaruh awan panas.

4 dari 7 halaman

3. Khofifah Indar Parawansa sebagai Gubernur Jawa Timur pun sudah melakukan peninjauan terkait kerusakan jembatan yang menjadi jalur utama arah Lumajang – Malang lewat selatan.

5 dari 7 halaman

4. Khofifah berharap bantuan dari Kementerian PUPR untuk menyiapkan jembatan darurat untuk menyambungkan antara Pronojiwo dan Candipuro sebagai solusi sementara.

6 dari 7 halaman

5. Presiden Jokowi bersama dengan Menteri PUPR, Basoeki Hadimoeljono, meninjau infrastruktur yang tertimbun lahar dingin yakni jalan penghubung Lumajang-Malang.

7 dari 7 halaman

6. Hasil peninjauan tersebut akan dibuat jalan gantung sementara untuk kendaraan roda 2 dan 3. Untuk bersifat permanen, jembatan akan segera dibangun dengan melakukan konstruksi ulang bangunan.