Sukses

Asynchronous adalah Model Pembelajaran Daring, Kenali Kelebihan dan Kekurangannya

Asynchronous cukup banyak disebut dalam pembelajaran daring.

Liputan6.com, Jakarta Asynchronous adalah istilah yang terkait dengan metode pembelajaran. Arti dari asynchronous adalah asinkron. Asynchronous adalah istilah yang kini cukup banyak disebut dalam pembelajaran daring.

Asynchronous adalah kebalikan dari synchronous. Dalam pembelajaran, asynchronous adalah metode yang lebih fleksibel dan santai. Asynchronous adalah bentuk pembelajaran yang disampaikan dalam media e-learning, rekaman, video, podcast, atau sumber PDF yang bisa diunduh.

Metode pembelajaran asynchronous tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Terlepas dari hal ini, pembelajaran asynchronous adalah solusi belajar selama pandemi COVID-19. Berikut pengertian tentang asynchronous, bentuk, kelebihan, dan kekurangannya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(8/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Arti asynchronous

Asynchronous adalah istilah dalam bahasa Inggris yang berarti asinkron. Menurut KBBI, asinkron artinya tidak selaras atau tidak serentak. Asynchronous adalah kata sifat yang berarti "tidak terjadi pada waktu yang sama."

Asynchronous adalah kebalikan dari synchronous atau yang dikenal dengan sinkron. Sinkron bisa berarti sejalan, sejajar, sesuai, atau selaras. Menurut KBBI, sinkron adalah sesuatu yang terjadi pada waktu yang sama atau secara serentak.

Menurut kamus Merriam-Webster, asynchronous adalah sesuatu yang tidak simultan atau bersamaan dalam waktu. Menurut Cambridge Dictonary, asynchronous adalah sesuatu yang tidak terjadi atau tidak dilakukan pada waktu atau kecepatan yang sama.

3 dari 8 halaman

Asynchronous dalam komunikasi

Komunikasi asynchronous adalah komunikasi yang terjadi tidak secara real-time. Ini merupakan kebalikan dari komunikasi synchronous yang merupakan komunikasi secara bersamaan antara dua pihak atau lebih sebagai korespondensi langsung. Komunikasi asinkron terjadi sebagai pertukaran yang kurang sensitif terhadap waktu antara pihak yang berkomunikasi.

Peristiwa asynchronous tidak terjadi pada waktu yang bersamaan. Misalnya, jika mengobrol di telepon, ini berarti komunikasi sinkron. Ini karena komunikator dan komunikan saling berinteraksi pada waktu yang bersamaan. Beda dengan ketika mengirim email. Ini disebut dengan komunikasi asynchronous. Artinya, komunikasi terjadi pada waktu yang tidak bersamaan. Ini karena komunikator dan komunikan tidak berinteraksi pada waktu yang sama karena email bisa direspons kapan saja.

4 dari 8 halaman

Asynchronous dalam pembelajaran

Asynchronous adalah istilah yang umum digunakan dalam teknik pembelajaran daring. Dalam bidang pendidikan, asynchronous adalah model belajar mengajar yang melibatkan siswa bekerja secara terpisah. Ini dilakukan dengan menggunakan rekaman pelajaran atau internet, bukan dari melibatkan siswa dan guru bertatapan secara langsung.

Pembelajaran asynchronous adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan bentuk pendidikan, pengajaran, dan pembelajaran yang tidak terjadi di tempat yang sama atau pada waktu yang sama. Pembelajaran asynchronous menggunakan sumber daya yang memfasilitasi berbagi informasi di luar batasan waktu dan tempat di antara jaringan orang.

Sumber belajar online yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran asinkron termasuk email, milis elektronik, sistem konferensi berulir, papan diskusi online ,e-learning, dan blog. Terkadang bentuk komunikasi asinkron ini terkadang dilengkapi dengan komponen sinkron, termasuk obrolan teks dan suara, percakapan telepon, konferensi video, dan bahkan pertemuan di ruang virtual.

5 dari 8 halaman

Bentuk pembelajaran asynchronous

Berikut bentuk pembelajaran asynchronous:

e-learning

eLearning adalah jenis pembelajaran asinkron yang paling canggih. Ini merupakan program pelatihan berbasis komputer atau web. Biasanya e-learning berisi platform pembelajaran tempat fasilitator mengunggah konten pelatihan, dan tempat peserta masuk untuk melihat apa yang ditugaskan kepada mereka.

Email

Email merupakan salah satu jenis komunikasi asynchronous. Melalui email, pengirim bisa mengirim email kapan saja. Penerima bisa membuka dan membalasnya di waktu yang berbeda.

Video pelatihan

Video pelatihan juga bisa menjadi bentuk komunikasi asynchronous. Guru cukup mengunggah pelajaran video di YouTube dan membagikan tautannya dengan semua siswanya.

Blog, wiki, dan bacaan lainnya

Wiki adalah sumber daya web yang dibuat, didukung, dan diperbarui oleh banyak pengguna. Contoh paling terkenal adalah Wikipedia, ensiklopedia digital terbesar di dunia. Blog dan bacaan lainnya juga bisa jadi bentuk komunikasi asynchronous dalam pembelajaran.

6 dari 8 halaman

Kelebihan komunikasi asynchronous

Fleksibilitas

Salah satu kekuatan terbesar dari pekerjaan atau pembelajaran jarak jauh adalah orang bebas mengatur jadwal mereka sendiri. Kelebihan komunikasi asynchronous adalah jauh lebih fleksibel dibanding komunikasi synchronous. Ini karena tiap orang tidak perlu saling berinteraksi dalam waktu yang sama dan bisa menyesuaikan waktunya sendiri.

Meninggalkan jejak

Platform komunikasi asynchronous memungkinkan tingkat transparansi yang tidak dimiliki komunikasi sinkron. Kecuali jika seseorang selalu mencatat detail atau merekam setiap rapat dan panggilan. Baik menggunakan pesan instan atau aplikasi manajemen proyek, keputusan yang dibuat dan pekerjaan yang dilakukan melalui komunikasi asynchronous secara otomatis direkam dan diarsipkan. Ini memberikan tingkat penyimpanan catatan terperinci yang tak tertandingi dan kemampuan untuk menganalisis dan mengoptimalkan alur kerja secara rutin.

Mendorong perhatian

Dengan komunikasi asynchronous, tidak ada tekanan untuk segera merespons. Ini memberi semua orang waktu dan ruang untuk merumuskan pendapat dengan cermat dan memberikan umpan balik yang bijaksana.

7 dari 8 halaman

Kelebihan komunikasi asynchronous

Lebih sedikit kelelahan

Terkadang komunikasi langsung bisa menyebabkan stres dan kelelahan. Dengan komunikasi asynchronous, stres ini berkurang karena lebih banyak kontrol dan fleksibilitas diberikan kepada semua orang.

Dapat dengan mudah diskalakan

Setelah membuat konten pelatihan asynchronous, Anda dapat menggunakannya sebanyak yang diperlukan tanpa pekerjaan tambahan. Atau, setidaknya, Anda dapat fokus untuk mendapatkan umpan balik dan meningkatkannya. Jika pernah merekam video tutorial, yang perlu dilakukan hanyalah membagikan tautan, bukan merekam ulang berulang kali jika ada siswa baru.

Keterjangkauan

Manfaat besar lainnya dari pembelajaran asynchronous adalah bahwa hal itu bisa lebih murah daripada pembelajaran sinkron. Sebagai gantinya, guru dapat merekam pelajaran mereka dan mengizinkan sejumlah siswa untuk melihatnya di lain waktu. Ini bisa menjadi penghemat waktu yang besar jika dikalikan dengan beberapa semester jika pelajaran melibatkan komponen kuliah yang besar.

8 dari 8 halaman

Kelemahan komunikasi asynchronous

Keterlibatan

Di dunia yang ideal, semua pelajar adalah pemula yang tidak membutuhkan apa pun selain kesempatan untuk mempelajari sesuatu. Tidak seperti kelas langsung, di mana seorang instruktur melihat reaksi peserta didik atau dapat menjelaskan tambahan jika ada pertanyaan, pembelajaran asynchronous tidak bisa seperti ini.

Kurangnya sentuhan personal

Tanpa kehadiran guru atau teman, model pembelajaran asynchronous tidak memiliki sentuhan personal. Pelajar tidak mungkin membentuk hubungan kelas di sepanjang perjalanan belajar mereka seperti yang mereka lakukan dalam lingkungan belajar real-time.

Kurang perhatian

Dan kurangnya interaksi real-time dengan teman dan guru meninggalkan kekosongan dalam pengalaman pelajar. Tanpa orang-orang untuk berpaling pada saat mereka membutuhkan pembelajaran, pelajar harus menavigasi tantangan mereka sendiri.

Membutuhkan disiplin diri pelajar

Pembelajaran asynchronous bersifat individualistis. Peserta didik perlu berlatih disiplin diri untuk tetap berada di puncak perkembangan mereka. Mereka yang tidak disiplin mungkin tidak berhasil dalam pembelajaran asynchronous.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.