Sukses

Perjuangan Wanita Nafkahi 13 Anaknya dengan Jualan Kerupuk, Bikin Haru

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik bagi buah hatinya. Terutama bagi seorang ibu. Bahkan rintangan yang sulit pun akan dilalui sang ibu jika itu menyangkut kebahagiaan anaknya. Seperti yang dilakukan oleh seorang ibu satu ini. 

Wanita ini mendadak jadi viral usai kisah perjuangannya demi sang anak dibagikan lewah unggahan di TikTok @cleorabeauty.id. Dalam video itu diketahui seorang ibu rela berjualan kerupuk agar 13 anaknya bisa bertahan hidup. Ia terlihat menjajakan dagangannya sambil menggendong bayi.

"1 ibu bisa mengurus 13 anak hanya dengan menjual kerupuk," tulis keterangan pada unggahan.

Ibu itu tampak berjualan di depan sebuah ATM kawasan Borma Bojongsoang. Sontak video ibu-ibu pedagang kerupuk itu pun menjadi perhatian publik lantaran kisahnya yang bikin haru. 

2 dari 4 halaman

Demi Nafkahi 13 Anaknya

Dilansir dari TikTok @cleorabeauty.id oleh Liputan6.com, Kamis (9/12/2021) sang pemilik video yang juga seorang wanita ikut merasa terharu dengan perjuangan ibu tersebut. Ia pun mengobrol dan bertanya tentang kehidupan si ibu dan juga anak-anaknya.

"Ibu, ini anak ke berapa ibu?” tanya wanita itu.

"Ini (anak) yang ke-13,” jawab si ibu.

Tetep jualan ya bu kalau hujan?"

Tetap jualan, kalau libur ya libur makan," jawabnya lagi.

Sehari-hari ibu tersebut memang berdagang agar keluarganya bisa makan. Bahkan, diakui olehnya, pendapatan dalam satu hari hanya cukup untuk makan bersama ketiga belas anaknya.

3 dari 4 halaman

Selalu Ingat Anaknya

Measa terharu dengan perjuangan si ibu, pemilik video ini pun berinisiatif mengajaknya untuk makan bersama. Meski awalnya menolak karena tak pernah makan di luar rumah, akhirnya si ibu mau diajak masuk ke sebuah rumah makan.

"Kita ajak ibu makan, ternyata saat jalan, kaki ibu kesakitan karena punya riwayat pembengkakan jantung," ungkapnya.

Ketika si ibu tak menghabiskan makanannya, ia memilih untuk membungkus makanan itu agar bisa diberikan pada anak-anaknya di rumah.  Wanita ini kembali menawarkan untuk membelikan makanan lain. Namun ibu itu dengan sopan menolak dan mengatakan potongan ayam sisanya sudah cukup.

4 dari 4 halaman

Respon Netizen

Sebelum berpamitan, wanita itu sempat memberikan sejumlah uang padanya. Ibu dengan 13 anak itu tak kuasa menahan tangis. Ia juga mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan yang telah diberikan padanya.

Usai diunggah pada Minggu (5/12/2021) unggahan tersebut viral dan ditonton hingga total 1,8 juta kali. Beragam komentar pun diberikan warganet yang ikut terharu.

Semoga anak-anaknya bisa mengangkat derajat kedua orang tuanya,” kata akun @leooooo_15.

"ya Allah anaknya 13 :( sehat selalu ibuk" tsaut Pandaaa.

"semoga anak-anaknya bisa mengangkat derajat kedua orangtuanya" imbuh leo.

"anak nya pun sopan banget" timpal A.