Sukses

Viral Masjid Tetap Berdiri Utuh Usai Diterjang Erupsi Semeru, Jadi Sorotan

Liputan6.com, Jakarta Bencana alam Gunung Semeru diraskaan oleh warga Luamjang dan sekitarnya. Gunung tertinggi di Pulau Jawa itu menghembuskan awan panas dan hujan abu vulkanik tebal, pada Sabtu (4/12/2021). Kejadian ini pun membuat beberapa desa di Lumajang mengalami kerusakan parah bahkan tertimbun oleh tebalnya abu vulkanik.

Usai kejadian tersebut beredar suasana dari rumah-rumah warga yang tampak rusak bahkan roboh. Kawasan yang terdampak sangat parah, yakni di Kampung Renteng, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Meski membuat sejumlah fasilitas umum, ladang hingga rumah warga rusak dan tertimbun, salah satu bangunan di lokasi tersebut diketahui selamat dan masih berdiri utuh.

Hal itu dibagikan oleh pemilik akun TikTok @ijinupload_ lewat video yang diunggahnya. Tampak sebuah bangunan masjid masih berdiri kokoh dan utuh meski diselimuti oleh abu vulkanik.

2 dari 3 halaman

Masjid Masih Berdiri Utuh

Dalam video tersebut, ang pemilik akun menunujukkan bagaimana kondisi di sekitar masjid yang tampak rusak hingga ambruk. Kebanyakan bangunan hanya terlihat bagian atapnya saja serta sisa-sisa kayu. Meski abu tebal tampak memenuhi jalanan, namun dari kejauhan masjid itu tampak baik-baik saja.

"Subhanallah masjid tetap utuh #ErupsiSemeru," tulis keterangan dalam video tersebut.

Perkampungan itu terlihat  rumah-rumah warga di sekitar masjid tampak rusak parah. Kaca-kaca hingga atap rumah hancur lebur akibat erupsi Gunung Semeru. 

@ijinupload_

Kerusakan Akibat Erupsi Semeru #erupsisemeru #lerengsemeru #prayforsemeru

♬ suara asli - Ama_simon8 - Ama_sim8
3 dari 3 halaman

Netizen Terenyuh

Bangunan masjid di perkampungan yang masih berdiri kokoh tanpa ada kerusakan itu pun disebut keajaiban. Masjid hanya tertutupi abu vulkanik yang terlihat jelas di bagian atapnya. Pria ini begitu takjub setelah melihat bangunan masjid yang masih kokoh tersebut.

Bukan hanya di si pemilik video, banyak wearganet yang ikut menyorotnya. Tak sedikit dari mereka yang tercengang melihat keajaiban tersebut. 

"rumah, masjid yg slalu dijadikan tuk tempat ibadah insyallah terlindungi dari bencana apapun itu" tulis cmnuibuqtynk.

"masjid rumahnya Allah makanya masih utuh." imbuh dwieprayetno1.

"tempat ibadah selalu dijaga sama yg punya" timpal awenah0.