Sukses

Viral Petugas Damkar Bogor Bisa Atasi Warga yang Kesurupan, Aksinya Tuai Pujian

Bukan hanya kebakaran, petugas damkar ini juga bisa bantu usir setan.

Liputan6.com, Jakarta Aksi heroik Petugas Kebakaran (Damkar) memang patut diacungi jempol. Selalu siap siaga untuk membantu warga dari lahapan si jago merah. Namun, tugas berbeda dilakukan oleh petugas pemadam kebakaran di Kota Bogor, Jawa Barat. Tidak hanya menangani kebakaran saja, Damkar Kota Bogor memiliki tugas lain yang kerap dijalani.

Dilihat dari sosial media Instagram @damkarkotabogor_official, mereka membantu menangani berbagai masalah umum di masyarakat, seperti penanganan pohon tumbang dan membantu menolong hewan yang terjebak. Kali ini, tugas tak biasa diterima oleh Damkar Bogor, yakni menangani warga yang kesurupan.

Penanganan hal mistis itu cukup membuat warganet kagum. Pasalnya, tak semua petugas Damkar bisa melakukannya. Dikutip Liputan6.com pada Kamis (9/12/2021), aksi petugas Damkar dalam menangani orang kesurupan itu diunggah dalam laman media sosial Instagram resmi Pemadam Kebakaran Kota Bogor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bantu Warga yang Kesurupan

Kejadian penyelamatan warga yang kerasukan makhluk halus itu berlangsung pada Selasa (7/12/2021). Petugas Damkar Kota Bogor menerima laporan dari seorang warga melalui sambungan telepon pada pukul 18.50 WIB.

Dalam laporan tersebut, warga melaporkan adanya kejadian seseorang yang mengalami kesurupan. Dalam laporannya, pasien tersebut beralamat di kelurahan Mekar Wangi, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat.

Mendapat laporan tersebut, Damkar Kota Bogor menerjunkan 2 personel dari Regu 2 Rescue Pleton B. Bergerak cepat, personel penyelamat tersebut lalu bergerak ke lokasi kejadian pada pukul 18.55 WIB, dan tiba pada pukul 19.05 WIB.

3 dari 4 halaman

Penanganan Berlangsung Singkat

Penanganan warga yang mengalami kesurupan tersebut berlangsung dalam waktu yang cukup singkat. Petugas damkar hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk menangani atau menyembuhkan warga yang kesurupan tersebut. Penanganan pun selesai pada pukul 19.20 WIB.

"Dengan keahlian khusus yang dimiliki salah seorang tim, penyembuhan pun dilakukan," tulis pihak Damkar Kota Bogor, seperti dikutip Liputan6.com dari akun Instagram @damkarkotabogor_official pada Kamis (9/12/2021).

Pada saat kejadian, pihak Damkar juga menuliskan jika pada malam itu cuaca berawan. Sehingga memudahkan dalam menjalankan tugas.

4 dari 4 halaman

Komentar Warganet

Foto dan keterangan unggahan Damkar Bogor itu pun membuat warganet kagum dengan tugas dan keahlian yang dimiliki oleh petugas. Kolom komentar dibanjiri dengan pujian. Mereka tidak menyangka jika Damkar bisa mengatasi kejadian mistis seperti orang kesurupan.

"Apa aja bisa ya, keren," tulis akun @wah***to.

"Wah salut sih ini mah!!" tulia akun @mad***bu.

"Salut sama damkar, semangat pahlawan," ungkap akun @hi**de.

"Ya kan jin terbuat dari api juga," canda akun @ind***rd.

"Luar biasa, apapun bisa ditangani, kecuali yang tidak bisa ditangani, mencari cinta yang hilang dan memadamkan api cinta ya min, panjang umur petarung api," tulis akun @cri***ex.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.