Sukses

Masinis Ini Hentikan Kereta Mendadak, Alasannya Bikin Geleng-Geleng Kepala

Liputan6.com, Jakarta Mobil dan motor diberikan hak untuk menepi jika ada keperluan. Tak hanya jalan umum, bahkan jalan tol punya tempatnya sendiri untuk mengistirahatkan mobil. Hal ini terjadi pada sebuah kereta api. Bukan untuk menepi namun berhenti di jalurnya. Kemungkinan terburuk hanyalah mengacaukan jadwal pemberangkatan kereta berikutnya.  

Apa jadinya jika seorang masinis berhenti di tengah jadwal dan sengaja membeli camilan di pinggir rel kereta? Inilah yang sedang terjadi di Pakistan, seorang masinis sengaja menghentikan keretanya untuk sekadar membeli makanan ringan yang ia beli di tengah jam pemberangkatan kereta. 

Masinis ini tak sengaja terekam dan videonya dibagikan di media sosial. Tak lama video ini beredar, sontak dihujani tanggapan dari netizen. Video singkat kelakuan masinis ini dibagikan oleh akun Twitter @nailatanveer yang memicu perdebatan di media sosial.

Dalam video yang beredar, masinis ini nampak dengan santainya berjalan membawa sebuah kantong plastik jajanannya. Berikut Liputan6.com mengulasnya dari berbagai sumber, Jumat (10/12/2021).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Membeli Yogurt

Dalam video yang sekarang viral tersebut merekam pengemudi kereta selepas membeli camilannya. Ia diduga telah membeli dahi dan berjalan perlahan kembali menuju kereta. Video yang beredar terjadi pada malam hari di dekat stasiun kereta api Kanha tepat di mana kereta berhenti. Menurut laporan kereta ini sedang dalam perjalanan perjalanannya dari Lahore dan bergerak ke selatan menuju Karachi.

Orang yang merekam kejadian itu berkata, "Lihat barang belanjaanya. Dia telah menghentikan kereta tepat di tengah dan membeli dahi." Sang masinis tetap berjalan dengan santainya. Ia mengenakan jaket berwarna hitam dan celana panjang krem dan menenteng kantong plastik putih berisi yogurt.

3 dari 3 halaman

Aksinya Kelewatan

Video berdurasi 32 detik itu akhirnya menceritakan sang masinis merangkak naik ke ruang kemudi kereta. Peluit berbunyi dan kereta melanjutkan perjalanannya lagi menuju Karachi. 

Mengutip India Times, Begitu video itu viral, Menteri Perkeretaapian Pakistan Azam Khan Swati memerintahkan administrasi Lahore Railways Pakistan untuk menangguhkan pengemudi Rana Mohammad Shehzad dan asistennya Iftikhar Hussain. 

"Saya tidak akan mentolerir peristiwa seperti itu di masa depan dan mengizinkan siapapun menggunakan aset nasional untuk penggunaan pribadi," menteri memperingatkan dalam sebuah pernyataan.

AFP melalui India Times menjelaskan, "Ketika Anda menghentikan kereta di tengah (rel) itu menjadi masalah keselamatan. Keselamatan adalah prioritas kami. Kami tidak dapat mentolerir apa pun yang membahayakan keselamatan," kata Syed Ijaz-ul-Hassan Shah, juru bicara kementerian perkeretaapian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.