Sukses

7 Arti Mimpi Menikah Lagi, Salah Satunya Perlu Introspeksi dalam Hubungan

Liputan6.com, Jakarta Arti mimpi menikah lagi padahal sudah menikah dapat menjadi pertanda bahwa ada yang salah dengan hubungan suami istri. Hubungan pernikahan memang memiliki suka dan duka. Tidak jarang beberapa kejadian terkait pernikahan ini terbawa hingga ke mimpi.

Mimpi yang muncul juga beragam, mungkin kebanyakan menyenangkan, tetapi tak jarang juga mimpi buruk yang muncul. Seperti mimpi menikah lagi padahal sudah menikah. Hal ini dapat sebagai pertanda bahwa pasangan tersebut perlu introspeksi dalam hubungannya. 

Beberapa orang memiliki kepercayaan bahwa mimpi itu bukan hanya sekadar bunga tidur yang bermain di dalam kepala. Namun, bunga tidur yang membawa arti buat mereka mengenai masa depan atau kejadian di dunia nyata.

Untuk itu, anda perlu mengetahui faktor penyebab mimpi menikah lagi dan arti mimpi menikah lagi yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (12/12/2021).

2 dari 3 halaman

Faktor Penyebab Mimpi Menikah Lagi

Untuk mengetahui arti mimpi menikah lagi, maka anda perlu tahu faktor penyebabnya. Berikut beberapa faktor penyebab yang bisa memicu mimpi menikah lagi adalah:

1. Sedang merasa tidak percaya diri (PD)

Psikolog Kate Balestrieri mengatakan, anda bisa saja merasa tidak percaya diri ketika sedang menjalin hubungan yang toxic. Dalam hubungan itu, anda mungkin mendapat kritik dan saran yang bersifat destruktif sehingga memengaruhi tingkat kepercayaan diri anda.

2. Meragukan hubungan dengan pasangan

Ketika menikah, anda akan mengetahui sisi baru dari suami yang berpotensi mengubah penilaian anda terhadap dirinya. Oleh karena itu, menurut Ahli Terapis Hubungan, Dana Koonce, penilaian baru itu bisa saja membuat anda meragukan hubungan anda dengannya.

3. Tujuan yang berbeda

Punya tujuan yang berbeda dengan pasangan juga membawa dampak tersendiri bagi hubungan kalian, apalagi setelah menikah. Koonce mengatakan, komunikasi dibutuhkan guna memastikan apakah kalian masih sejalan atau tidak.

4. Meragukan kesetiaan pasangan

Mimpi menikah dengan sosok lain saat sudah memiliki suami atau istri juga bisa hadir ketika anda mempertanyakan kesetiaan pasangan. Untuk itu, sebaiknya tetapkanlah batasan-batasan dalam hubungan anda. Jika pasangan melanggar, maka wajar jika rasa ragu terhadap kesetiaan hadir di hati anda.

3 dari 3 halaman

Arti Mimpi Menikah Lagi

Setelah mengetahui faktor penyebab mimpi menikah lagi, berikut ini ada beberapa arti mimpi menikah lagi padahal sudah menikah, adalah:

1. Jika mimpi menikah kembali dengan pasangan

Arti mimpi menikah lagi dengan pasangan dapat berarti pertanda buruk. Menurut primbon Jawa, mimpi menikah lagi dengan pasangan anda berarti ia akan sakit dari segi emosional. Selain itu, mimpi itu juga merupakan tanda kalau pasangan akan kesulitan mencari nafkah. Nah, perasaan emosional itu bisa saja muncul karena adanya pengalaman menyakitkan di masa lalu yang masih belum sembuh sepenuhnya. Sebaiknya, obatilah luka batin itu agar tak mengganggu anda lebih jauh.

2. Jika mimpi suami menikah lagi

Arti mimpi suami menikah lagi adalah pertanda baik bagi anda dan suami. Dari perspektif primbon Jawa, jika anda bermimpi suami menikah lagi, maka itu artinya suami anda akan memperoleh rezeki yang tidak diduga-duga.

3. Jika mimpi istri menikah lagi

Sama seperti arti sebelumnya, arti mimpi ini juga pertanda baik. Sebab, itu artinya istri akan segera mendengar kabar bahagia seperti kehamilan. Akan tetapi, jika suami anda yang mimpi kalau anda menikah lagi, maka itu berarti buruk. Berdasarkan kepercayaan primbon, mimpi itu menandakan jika satu dari kedua orang tua akan tutup usia.

4. Jika mimpi kembali menikah, tetapi dengan orang lain

Banyak orang yang percaya jika mimpi menikahi orang lain ketika sudah bersuami berarti anda akan terserang demam, Tak cuma itu, mimpi tersebut juga bisa saja merupakan perwakilan perasaan terpendam dalam diri selama menjalin hubungan dengan suami. Entah itu perasaan kesal, menyesal, dan sebagainya.

5. Menikah lagi dengan orang yang tak disukai

Arti mimpi menikah lagi dengan orang yang tak disukai merupakan tanda anda bersiap menghadapi sebuah fase hidup yang baru yang berbeda dengan sebelumnya. Bahkan, mimpi ini bisa anda alami meskipun orang yang ada di dalam mimpi anda adalah orang yang tak anda sukai. Menurut Loewenberg, secara psikologis mimpi ini juga sebuah hal yang mungkin terjadi. Salah satu penyebabnya, bisa jadi karena anda sedang terlibat dalam sebuah urusan atau pekerjaan tertentu dengan orang tersebut. Hal ini bisa juga bermakna adanya satu hal yang anda sukai dari orang tersebut.

6. Bermimpi menikah lagi dengan mantan

Meskipun sudah tak menjalin hubungan, tapi anda masih bisa bermimpi menikah lagi dengan mantan. Arti dari mimpi ini bisa jadi anda berhasil move on dari hubungan masa lalu bersama mantan anda itu dan fokus dengan hubungan anda sekarang. Sementara itu, memimpikan mantan menikah bisa berarti anda yang belum move on darinya.

7. Arti mimpi menikah lagi dalam Islam

Salah satu kitab tafsir mimpi terkenal, Mu’jam Tafsir al-Ahlam, banyak sekali membahas berbagai makna mimpi tentang pernikahan (al-ziwaj). Salah satu arti mimpi menikah lagi dalam Islam yaitu sebagai bukti kepedulian Allah kepada sang pemimpi. Tafsir lainnya dari mimpi menikah berkaitan dengan pekerjaan atau mata pencaharian yang akan anda tekuni. Jika anda bermimpi menikahi seorang perempuan atau laki-laki padahal anda telah besuami atau beristri, bisa jadi artinya anda akan memperoleh kebaikan.