Sukses

Kisah Heroik Dokter Bedah Plastik Lakukan 37 Ribu Operasi Gratis untuk Anak-Anak Ini Bikin Haru

Liputan6.com, Jakarta Alami cacat sejak lahir seperti bibir sumbing tentu akan menjadi masalah bagi anak-anak. Dalam pertumbuhannya, anak-anak akan susah untuk berkomunikasi hingga kesusahan saat minum asi dari ibunya. Belum lagi bila dibiarkan sampai tumbuh besar, karena keluarganya tidak mampu anak-anak bisa mendapat perlakuan perundungan dari teman sebaya yang tidak mungkin untuk dihindari. 

Atas alasan ini ada seorang dokter bedah asal India yang mendedikasikan hidupnya untuk membantu anak-anak kurang mampu tersebut. Mengutip dari Odditycentral, Selasa (14/12/2021) dalam sebagian besar hidupnya, seorang dokter bernama Dr. Subodh Kumar Singh telah melakukan 37.000 operasi gratis untuk anak-anak yang alami cacat lahir seperti langit-langit mulut sumbing dan bibir sumbing secara gratis. 

Aksinya ini pun membuat banyak anak-anak memiliki kesempatan hidup lebih baik di masa depan karena sikap dermawannya tersebut. Berikut ulasan aksi heroik dokter bedah lakukan 37.000 operasi gratis untuk anak-anak yang Liputan6.com kutip dari Odditycentral, Selasa (14/12/2021)

2 dari 3 halaman

Memiliki masa kecil yang sulit, Dr. Subodh Kumar Singh ingin membantu sesama

Mengutip dari Odditycentral pada Selasa (14/12/2021) Dr. Subodh Kumar Singh merupakan pria yang lahir dari keluarga sederhana di Varanasi, di negara bagian Uttar Pradesh, India. Memiliki seorang ayah yang bekerja sebagai pegawai kereta api sampai ia berusia 13 tahun sebelum ayahnya meninggal. Sejak ditinggal oleh sang ayah untuk selamanya, ia bersama ketiha kakaknya harus menafkahi keluarga dengan menjual lilin, sabun, dan kacamata buatan sendiri di jalanan dan di toko-toko lokal.

Sampai pada akhrinya saudara-saudara Subodh berhenti dari sekolah untuk menghidupi keluarga, tetapi mereka memastikan bahwa Subodh dapat melanjutkan pendidikan dan memenuhi mimpinya menjadi seorang dokter. Meskipun dia membantu saudaranya sebanyak yang dia bisa, mengerjakan beberapa pekerjaan sambil mengejar pendidikannya, Subodh Kumar Singh lulus dari Institut Ilmu Kedokteran, menyelesaikan pasca-kelulusannya di bidang bedah umum, dan berspesialisasi dalam bedah plastik.

3 dari 3 halaman

Mengorganisi kamp medis gratis untuk anak-anak

Mengutip dari The Better India, Dr. Singh berkata. “Kesulitan membuat saya memahami emosi mereka dan berhubungan dengan mereka. Menjadi seorang dokter menempatkan saya pada posisi untuk membantu banyak orang. Saya ingin membuat kehidupan orang-orang yang kurang beruntung menjadi lebih baik.”

Menyadari bahwa bayi dan anak-anak yang lahir dengan bibir sumbing dan langit-langit mulut sumbing membutuhkan pertolongan, ahli bedah plastik ini mulai mengorganisir kamp medis gratis dan membantu sebanyak mungkin penderita. Upayanya segera diperhatikan oleh Smile Train, sebuah inisiatif global yang berfokus pada operasi sumbing. Dengan dukungan mereka, dan LSM lain, Dr. Singh dapat membantu lebih banyak orang hingga mencapai 37.000 operasi.