Sukses

4 Fakta Meninggalnya Haji Lulung, Politikus Sekaligus Tokoh Betawi

Kabar duka, politikus Haji Lulung meninggal dunia pada Selasa (14/12/2021).

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari dunia politik Tanah Air, sosok Haji Lulung meninggal dunia di RS Harapan Kita, Jakarta Barat, Selasa (14/12/2021) pukul 10.51 WIB. Tak terbendung, ucapan bela sungkawa mengalir dari berbagai kalangan politisi, hingga kabarnya ramai membanjiri linimasa. Belakangan, Haji Lulung memang telah dirawat secara intensif akibat penyakit jantungnya.

Kabar berpulangnya Haji Lulung pertama kali disampaikan Ketua DPP PPP Ahmad Baidowi atau Awiek. “Inna Lillaahi Wa Innaa Ilaihi Raaji'uun. Baru saja kabar duka cita. Ketua DPW PPP DKI abanda Haji Lulung Meninggal Dunia pada Selasa, 14 Desember 2021 Jam 10.51”.  

Tokoh politik pemilik nama asli Abraham Lunggana ini memang kerap menjadi teladan dalam dunia politik. Haji Lulung merupakan seorang politikus Indonesia yang pernah menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia untuk daerah pemilihan DKI Jakarta III sejak 2019 hingga 2021 di Komisi VII. 

Kini Haji Lulung telah meninggalkan 3 orang anak, Tirta Lunggana, Sutera Cendekia Gana Cipta, Hawali Mughni Razan Rizki Lunggana. Kepergiannya meninggalkan duka yang mendalam bagi keluarga dan para tokoh politik Indonesia. Berikut Liputan6.com 4 fakta kepergian Haji Lulung dari berbagai sumber, Selasa (14/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Terkena Serangan Jantung

Karier politik dan sosialnya kini telah berakhir, kabar duka yang tersebar menjadi pertanyaan penyebab kematiannya. Diketahui memang almarhum mengeluhkan dirinya mengalami nyeri dada. Yang kemudian dilarikan ke RS Harapan Kita pada Jumat 3 Desember 2021. Sehari setelahnya Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas mengabarkan kondisi terbaru Haji Lulung.

"Hari ini saya menjenguk sahabat dan saudara kita semua, Haji Lulung. Beberapa hari lalu beliau dikabarkan mendapat serangan jantung berulang dan dirawat di ICVCU (Intensive Cardiovascular Care Unit) RS Harapan kita dan tak sadarkan diri," tulis Zulhas di akun Instagramnya, Kamis 2 Desember 2021.

3 dari 5 halaman

2. Dimakamkan di Hari yang Sama

Tepat di hari yang sama, Selasa Sore (14/12/2021) Haji Lulung akan dimakamkan di TPU Karet Bivak. Hal tersebut diungkapkan Sekjen DPP PPP Arwani Thomafi. "Rencananya almarhum Haji Lulung akan dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, sore ini setelah salat Asar," ujarnya mengutip dari News Liputan6.com. 

Namun sebelum sebelum dimakamkan, jenazah Haji Lulung akan disemayamkan di rumah duka di Sukabumi Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Selain itu, ketua Umum PPP Suharso Monoarfa bersama sejumlah pengurus PPP turut serta memandikan jenazah.

4 dari 5 halaman

3. Banjir Ucapan Belasungkawa

Kabar duka atas meninggalnya Haji Lulung sontak membuat para tokoh politik memberikan ucapan belasungkawa. Seperti yang diungkapkan sejumlah tokoh terpantau mengucapkan belasungkawa saat mengetahui Haji Lulung meninggal dunia. Mulai dari Anies Baswedan, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Djarot, Fadli Zon, Zulkifli Hasan hingga Budiman Sudjatmiko.

Tak berhenti dari tokoh politik saja, netizen juga turut mengutarakan doa dan belasungkawanya melalui media sosial salah satunya Twitter. 

"Haji Lulung dikabarkan meninggal dunia pada pukul 10.51 WIB di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta.Biar bagaimanapun ,Yang penting kita tetap mendoakan semoga Almarhum husnul khotimah... Aamiin Folded hands Al fatihah," komentar akun @YuliEndah3.

"Dapat berita Haji Lulung meninggal dunia. Semoga Allah ampuni semua kesalahan beliau, diterima iman islamnya dan dijadikan amal ibadahnya sebagai ladang pahala dan penghapus segala kesalahan beliau...aamiin yaa Rabbal 'alamin," kata akun @JackArkaan.

"Semoga amal ibadah beliau di terima Allah SWT dan diampuni segala dosa2nya," sahut akun @@ach_luthfi.

5 dari 5 halaman

4. Jadi Tokoh Teladan Betawi

Haji Lulung merupakan sosok berjiwa Betawi yang lihai dalam dunia politik Jakarta. Haji Lulung lahir di Jakarta, 24 Juli 1959. Karir politiknya turut diimbangi dengan mengikuti berbagai organisasi masyarakat dan sempat menjadi ketua di berbagai ormas. Beberapa di antaranya ialah ia menjabat sebagai Ketua Umum Gerak Betawi (2001-2010), Ketua Umum Pemuda Panca Marga (2011-2019), dan kini sedang menjabat sebagai Ketua Umum Bamus Betawi periode 2018-2023.

Namun sebelum menjajaki dunia politik, Haji Lulung merupakan seorang pengusaha di kampung halamannya Tanah Abang. Seperti bergerak dalam bidang jasa keamanan, perparkiran, dan penagihan utang. Lulung juga memiliki kantor pengacara bernama Lunggana Advocate & Friends yang berlokasi di Tanah Abang.

Haji Lulung juga dikenal sebagai Ketua Pemuda Panca Marga DKI Jakarta serta Sekretaris Umum Badan Musyawarah (Bamus) Betawi. Dengan modal tersebut, dia lantas mencoba peruntungan dengan menjadi wakil rakyat. Haji Lulung bergabung dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Lulung akhirnya terpilih menjadi anggota DPRD DKI dan ditugaskan partai untuk menduduki jabatan wakil ketua DPRD.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini