Sukses

Arti Fii Amanillah dan Cara Menjawabnya, Doa untuk Keselamatan

Liputan6.com, Jakarta Arti Fii Amanillah kerap disebutkan dalam percakapan. Fii Amanillah merupakan ungkapan dalam bahasa Arab yang sering digunakan umat Muslim. Arti Fii Amanillah memiliki makna yang sangat baik.

Arti Fii Amanillah merupakan ungkapan yang bisa digunakan ketika bertegur sapa. Ungkapan ini mirip seperti Tabarakallah, Jazakallah, Syafakallah, dan sejenisnya. Arti Fii Amanillah bisa menjadi doa yang diberikan sesama Muslim.

Selain mengetahui arti Fii Amanillah, penting juga mengetahui cara menjawabnya. Dengan mengetahui arti Fii Amanillah, kamu akan bisa mengucapkan dan menjawabnya dengan benar. Berikut arti Fii Amanillah dan cara menjawabnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(16/12/2021)

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Arti Fii Amanillah

Arti Fii Amanillah bisa menjadi doa yang baik ketika akan berpergian. Ucapan ini sangat baik diberikan pada orang yang akan pergi. Arti Fii Amanillah adalah "Semoga engkau dalam perlindungan Allah SWT."

Arti Fii Amanillah menjadi sebuah harapan baik atas keselamatan orang lain. ii Amanillah bisa digunakan untuk meminta perlindungan dalam perjalanan ataupun dalam hal lainnya.

Selain diucapkan kepada orang yang akan bepergian, Fii Amanillah juga bisa digunakan untuk tujuan lain. Fii Amanillah bisa diucapkan pada seseorang yang dalam kondisi sedang menghadapi musibah, orang yang sedang dalam masalah, atau orang yang sedang mengerjakan suatu pekerjaan berbahaya, supaya mereka selalu dalam perlindungan Allah SWT dan selalu mendapat keselamatan.

3 dari 6 halaman

Cara menjawab ucapan Fii Amanillah

Jika kamu mendapat ucapan Fii Amanillah, ada kalimat yang tepat untuk membalas ucapannya. Menjawab ucapan Fii Amanillah bisa menjadi balasan agar orang yang mengucapi mendapatkan doa baik atau diberikan keberkahan dari Allah SWT.

Cara menjawab Fii Amanillah adalah dengan mengucapkan kalimat Ma'assalamah, yang artinya sama seperti Fii Amanillah yaitu, semoga keselamatan menyertaimu. Cara menjawab sapaan atau ucapan yang baik dari orang lain memang begitu dianjurkan dalam Al Qur'an. Ini tertuang dalam Surat An-Nisa ayat 86 yang berbunyi:

"Wa izaa huyyiitum bitahiyyatin fa hayyu bi'ahsana min-haa au rudduhaa, innallaaha kaana 'alaa kulli syai'in hasiibaa."

Artinya: Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah memperhitungkan segala sesuatu.

4 dari 6 halaman

Kapan harus mengucapkan Fii Amanillah

Ada sejumlah kondisi yang dianjurkan untuk mengucapjan Fii Amanillah. Fii Amanillah bisa diucapkan ketika bertemu dengan seorang muslim yang sedang menghadapi musibah. Ucapan ini cocok untuk seseorang yang akan atau sedang menjalankan amanah dan tanggung jawab terhadap suatu hal.

Arti Fii Amanillah bisa digunakan untuk orang yang akan melakukan pekerjaan atau tugas yang berisiko tinggi. Fii Amanillah juga bisa diucapkan untuk seseorang yang akan melakukan perjalanan jauh. Fii Amanillah juga sering digunakan pada akhir percakapan. Fii Amanillah bertujuan supaya orang yang diucapi selalu dalam perlindungan Allah SWT dan selalu mendapat keselamatan.

5 dari 6 halaman

Ucapan-ucapan lainnya dalam bahasa Arab

Jazakallah Khair

Arti jazakallah khair adalah istilah bahasa Arab yang digunakan untuk mengucapkan terima kasih. Jazakallah artinya "semoga Allah membalasmu". Sementara khair atau khairan berarti kebaikan. Sehingga arti jazakallah Khair dalah "semoga Allah membalas kebaikanmu".

Jika kamu mendapat ucapan jazakallah khair, penting untuk membalasnya dengan ungkapan baik pula. Kamu bisa membalas dengan kalimat Wajazakallahu Khairan yang artinya semoga Allah membalasmu juga dengan kebaikan.

Tabarakallah

Arti Tabarakallah merujuk pada kekaguman yang ditujukan untuk segala makhluk ciptaan Allah SWT. Mulai dari manusia, hewan, tumbuhan, dan lain sebagainya. Di dalam Al-Qur’an, arti Tabarakallah berarti Maha Berkah, Maha Suci, dan Maha Tinggi. Arti masyaallah adalah apa yang dikehendaki oleh Allah SWT, maka itulah yang terjadi. Lalu ketika dilanjutkan dengan tabarakallah, akan menjadi ungkapan kekaguman untuk memuji Allah SWT secara lengkap. Jadi, itulah arti masyaallah tabarakallah.

6 dari 6 halaman

Ucapan-ucapan lainnya dalam bahasa Arab

Barakallah Fiikum

Barakallah berarti berkah Allah. Arti Barakallah juga bisa disamakan dengan berkah dari Allah. Kata Fiik memiliki 3 kata yang berbeda, yang ditujukan untuk orang yang berbeda. Kata Fiikum ditujukan untuk kalian atau banyak orang, kata Fiika ditujukan untuk kaum lelaki, dan untuk kata Fiiki ditujukan untuk kaum perempuan.

Syafakallah

Syafakallah berarti Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadamu. Kata ini memiliki beberapa jenis arti sesuai dengan penerimanya. Syafakallah berarti untuk laki-laki, Syafakillah berarti untuk perempuan, Syafakumullah berarti kepada kalian (laki-laki), Syafahullah berarti kepadanya laki-laki, Syafahallah berarti kepadanya perempuan, Syafahumullah berarti mereka laki-laki, dan Syafahunnallah berarti mereka perempuan.

Syukron

Syukron secara harfiah adalah "terima kasih". Kata ini merupakan bahasa Arab dari syakaro - yaskuru - syukron. Sesuai dengan artinya, syukron kerap digunakan sebagai salah satu kata untuk mengucapkan terima kasih. capan terima kasih selain sebagai balasan terhadap budi baik seseorang, juga bisa menjadi pengingat manusia untuk senantiasa bersyukur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.