Sukses

15 Macam-Macam Alat Musik Tradisional Indonesia Beserta Penjelasannya, Wajib Tau

Ada berbagai jenis dan bentuk alat musik tradisional Indonesia yang perlu kita lestarikan.

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam alat musik tradisional Indonesia sangat beragam dengan berbagai bentuk. Alat musik tradisional adalah salah satu warisan budaya yang ada di Indonesia dan tersebar di berbagai provinsi.

Musik tradisional merupakan jenis musik yang lahir dan berkembang dari budaya daerah tertentu yang diwariskan secara turun temurun. Dengan kata lain, musik tradisional merupakan musik asli daerah yang tumbuh karena pengaruh adat istiadat, kepercayaan dan agama, sehingga musik daerah memiliki ciri khas masing-masing.

Untuk memainkan musik tradisional, setiap daerah di Indonesia memiliki macam-macam alat musik tradisionalnya masing-masing. Tak hanya itu, ciri utama dari macam-macam alat musik tradisional yang ada di Indonesia adalah penggunaannya yang selalu bersamaan dengan jenis karya seni lainnya, seperti tari atau seni lakon.

Berikut ini penjelasan mengenai macam-macam alat musik tradisional Indonesia dari berbagai daerah yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (17/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Alat Musik Tradisional Indonesia

1. Alat Musik Tradisional Angklung

Angklung adalah salah satu macam-macam alat musik tradisional Indonesia yang terbuat dari bambu. Angklung dikenal sebagai alat musik yang berasal dari tanah Sunda yakni Jawa Barat. Angklung terdiri dari dua, tiga atau empat bambu dengan susunan dua, tiga dan empat nada. Cara memainkannya dengan digoyangkan atau digetarkan.

2. Alat Musik Tradisional Kolintang

Kolintang adalah salah satu macam-macam alat musik tradisional masyarakat Minahasa di Sulawesi Utara. Biasanya alat musik tradisional ini digunakan untuk mengiringi upacara adat, pertunjukan tari, pengiring nyanyian, bahkan pertunjukan musik. Alat musik ini terbuat dari kayu khusus yang disusun dan cara memainkannya dengan dipukul.

3. Alat Musik Tradisional Saluang

Saluang adalah macam-macam alat musik tradisional khas suku Minangkabau di Sumatera Barat. Alat musik ini terbuat dari bambu tipis atau bambu talang. Bambu talang dipercaya bisa mengeluarkan suara yang lebih bagus dan merdu. Alat musik Saluang termasuk golongan seruling dan cara memainkannya dilakukan dengan ditiup.

4. Alat Musik Tradisional Panting

Alat musik panting adalah salah satu macam-macam alat tradisi yang secara pemetaan tumbuh dan berkembang di daerah Tapin, Kalimantan Selatan. Alat musik panting terbuat dari kayu, kulit zat pewarna, dan senar. Kayu yang digunakan di antaranya kayu pulantan, kayu kambang, kayu jingah, kayu halaban, dll. Sedangkan bahan kulit diambil dari kulit hewan yang hidup di hutan seperti kulit kijang, rusa, atau kulit hewan melata seperti kulit ular puraca, ular sawa, dan biawak. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan cara dipetik.

5. Alat Musik Tradisional Kompang

Kompang merupakan macam-macam alat musik tradisional dari Provinsi Lampung yang dibuat dari kayu dan kulit kambing. Kompang biasanya dimainkan pada beberapa acara seperti upacara adat, acara pernikahan, dan penyambutan pejabat yang sedang berkunjung. Cara memainkan Kompang adalah dengan cara dipukul. Biasanya ada iringan lagu atau syair bernuansa islami yang mengikuti alat musik ini.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Alat Musik Tradisional Indonesia

6. Alat Musik Tradisional Tehyan

Selanjutnya ada macam-macam alat musik tradisional teh-hian atau tehyan yang berasal dari Betawi. Badan alat musik tehyan sendiri terbuat dari tempurung kelapa yang dibelah lalu dilapis kulit tipis, tiang kayu berbentuk bulat panjang, dan purilan atau alat penegang dawai. Alat musik ini merupakan gesek berdawai dua dan dimainkan dengan cara digesek menggunakan tongkat bersenar plastik (kenur).

7. Alat Musik Tradisional Sasando

Alat musik tradisional sasando berasal dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT). Sasando memiliki bentuk yang sangat unik dan berbeda dari alat musik petik lainnya yakni berbentuk tabung panjang. Sasando sendiri terbuat dari bambu, kayu, paku penyangga, senar string, dan daun lontar. Cara memainkannya adalah menggunakan kedua tangan untuk memetik dawainya.

8. Alat Musik Tradisional Tifa

Macam-macam alat musik tifa bisa ditemukan di daerah Papua dan di Tanah Maluku. Alat musik ini terbuat dari sebatang kayu Linggua yang dikosongkan isinya. Namun, bentuk antara tifa dari Papua dan Maluku berbeda. Alat musik tifa Papua terdapat pegangan di sisinya, sementara tifa Maluku hanya berbentuk tabung biasa tanpa pegangan. Cara memainkan alat musik tifa adalah dengan dipukul.

9. Alat Musik Tradisional Genggong

Genggong adalah salah satu macam-macam alat musik tradisional khas Bali yang masih sering dimainkan hingga saat ini. Alat musik ini terbuat dari kayu aren dan bambu. Uniknya, nada yang dihasilkan alat musik genggong ini murni berasal dari teknik pernapasan, meniup dan menarik udara, melalui celah dari kayu aren. Cara memainkan alat musik genggong adalah dengan didekatkan ke rongga mulut tapi tidak ditiup. Kemudian terdapat tali yang akan dihubungkan dengan lidah untuk menghasilkan getaran yang berbunyi.

10. Alat Tradisional Puik-Puik

Alat musik tradisional selanjutnya adalah puik-puik yang berasal dari Sulawesi Selatan. Puik-puik terbuat dari kayu besi yang dibuat kerucut mirip terompet dan pada bagian pangkalnya terdapat pipa sebagai penghasil suara. Alat musik ini dimainkan dengan cara ditiup. Pangkal puik puik terbuat dari lempengan logam dan terdapat potongan daun lontar untuk ditiup.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Alat Musik Tradisional Indonesia

11. Alat Musik Tradisional Gamelan

Gamelan adalah macam-macam alat musik tradisional yang sering ditemui di berbagai daerah di Indonesia, seperti misalnya di Bali, Madura, dan Lombok. Gamelan merupakan seperangkat instrumen yang dibunyikan dari beberapa alat musik, seperti diantaranya gambang, gendang, dan gong. Perpaduan ini memiliki sistem nada non diatonis yang menyajikan suara indah jika dimainkan secara harmonis. Cara memainkan alat musik gamelan harus sesuai dengan bagiannya. Misal bonang, saron, kenong, dan gong dipukul dengan alat pemukul, kendang dipukul dengan tangan, dan siter dipetik.

12. Alat Musik Tradisional Slenthem

Jawa Tengah juga memiliki alat musik tradisional slenthem yang cara memainkannya seperti gong yaitu dengan cara dipukul dengan alat pukul. Ternyata slenthem ini termasuk salah satu instrumen gamelan. Seperti halnya instrumen lain dalam satu set gamelan, slenthem juga memiliki versi slendro dan versi pelog. Wilahan slenthem pelog umumnya memiliki rentang nada C hingga B, sedangkan slenthem slendro memiliki rentang nada C, D, E, G, A, C.

13. Alat Musik Tradisional Serune Kale

Alat musik tradisional ini telah lama berkembang dan dihayati oleh masyarakat Aceh. Alat musik ini sangat populer di daerah Pidie, Aceh Utara, Aceh Besar dan Aceh Barat. Alat musik ini kerap kali dimainkan bersamaan dengan rapai dan gendrang pada acara-acara hiburan, tari-tarian atau penyambutan tamu kehormatan. Bahan dasar sarune kale ini berupa kayu, kuningan dan tembaga. Bentuk alat musiknya hampir menyerupai seruling bamboo. Warna dasarnya hitam yang berfungsi sebagai pemanis atau penghias musik tradisional Aceh.

14. Alat Musik Tradisional Tuma

Macam-macam alat musik tradisional ini berasal dari Kalimantan Barat. Alat ini termasuk jenis membranofon yang perlu ditepuk menggunakan tangan untuk dimainkan. Berbentuk gendang panjang, rangka alat musik ini terbuat dari kayu berdiameter 25 centimeter dengan panjang 1 meter. Pada bagian atasnya terdapat membran yang terbuat dari kulit lembu.

15. Alat Musik Tradisional Fu

Macam-macam alat musik tradisional ini berasal dari Maluku Utara. Fu atau Fuu merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup pada bagian yang berlubang atau terbuka. Selain digunakan untuk memanggil penduduk, alat musik ini juga biasa digunakan untuk mengiringi tari-tarian khas Papua khususnya masyarakat Suku Asmat, Kabupaten Merauke.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.