Sukses

Aktor Chen Sung-young Meninggal, TKW Asal Indonesia Dapat Warisan Rp 1 Miliar

Kabar meninggalnya aktor ternama Chen Sung young.

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka menyelimuti dunia perfilman Internasional. Aktor kenamaan Chen Sung-young dikabarkan telah menghembuskan napas terakhirnya pada 17 Desember 2021. Penggemar film lawas pasti tak asing lagi dengan tokoh yang pernah membintangi film Fong Sai-yuk. Saat itu film yang diperankan bergenre aksi komedi dengan rekan aktor Jet Li.

Siapa sangka aktor kelahiran 1 Juli 1941 ini telah menggeluti dunia hiburan dengan debut pertamanya film Jeka tahun 1970. Prestasinya dalam dunia perfilman memang membuatnya menjadi legenda. Hingga akhirnya ia menghembuskan napas terakhirnya dengan meninggalkan sejuta kenangan di dunia hiburan.

Kebaikan hatinya belakangan menggegerkan masyarakat. Siapa sangka, orang yang mengasuhnya selama sakit hingga meninggal adalah seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) dari Indonesia. Ia bernama Yule, yang merasakan sendiri kedermawanan seorang aktor Chen Sung-young. 

Sebelum meninggal, Chen mengatakan bahwa pengasuhnya yang bernama Yule akan mewarisi sebesar NT$2 juta atau setara dengan uang Rp1 miliar. Bagi sebagian orang menganggap Yule sebagai orang yang beruntung. Berikut Liputan6.com merangkumnya dari berbagai sumber, Minggu (19/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dianggap Anak Sendiri

Belakangan diketahui sosok Yule terebut memiliki nama asli Yuli. Kedekatan Chen dan Yule bagaikan sebuah keluarga, hal ini memang sudah lama terekspos di media Taiwan. Pada sebuah video di Apple Daily, terlihat Yule mengurus keperluan sehari-hari Chen Sung Young. Ia juga mendorong kursi roda hingga memakaikan sepatu bagi aktor yang sudah sepuh itu. Yule juga diberikan izin untuk memanggil Chen dengan sebutan "papa". 

Dikabarkan semasa hidupnya Chen juga pernah memberikan uang sejumlah Rp 621 juta kepada Yule. Peninggalan warisan dengan jumlah fantastis tersebut bagi Chen bukanlah masalah baginya. Justru merupakan warisan yang harus diberikan bagi Yule yang dianggap anaknya sendiri.

3 dari 4 halaman

Balas Budi untuk Yule

Tak main-main, aktor senior yang pernah membintangi film “A City of Sadness” ini berkomitmen untuk memberikan pengasuhnya balas budi yang baik. Chen akan mewariskan kekayaannya dalam bentuk emas senilai Rp 1 miliar. Nominal ini tak tanggung-tanggung, mengingat Yule hanya sebatas tenaga pengurus rumah tangga Chen Sung-young. Namun lebih dari itu, Yule telah memberikan dedikasi terbaiknya bagi Chen.

Saat itu, Chen Sung Young mengatakan alasan dirinya memberikan warisan pada Yule sebesar NT$ 2 juta, agar sang pengasuh bisa membeli real estate dan membangun bisnis saat pulang ke Indonesia. Diketahui Chen Sung Young meninggal setelah sakit selama menahun. Sang mantan aktor tak lagi bisa berjalan dan menggunakan kursi roda itu, tidak mempunyai istri dan anak.

4 dari 4 halaman

Kiprah Chen Sung-young

Kiprah Chen dimulai pada 1970, saat itu ia memainkan berbagai peran di drama dan film populer dalam beberapa dekade. Chen bahkan sempat bermain bersama aktor ternama Jet Li dalam sebuah film aksi-komedi Hong Kong yang berjudul 'Fong Sai-yuk.'

Pada 1989, Chen memenangkan penghargaan Golden Horse Award untuk drama sejarah Taiwan berjudul 'A City of Sadness,' yang disutradarai oleh Hou Hsiao-hsien.

Kondisi kesehatan Chen semakin memburuk membuatnya berhenti dari dunia hiburan pada 2000. Sejak itu, Ia sempat terkena stroke pada 2006, maag pada 2009, dan mengidap edema paru pada 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.