Sukses

Pengertian Bahasa, Peran, Fungsi, dan Manfaatnya Secara Umum dalam Masyarakat

Pengertian bahasa adalah alat komunikasi yang dimiliki manusia berupa sistem lambang bunyi yang berasal dari alat ucap atau mulut manusia.

Liputan6.com, Jakarta Pengertian bahasa secara umum adalah sistem komunikasi manusia yang dinyatakan melalui susunan suara atau ungkapan tulis yang terstruktur untuk membentuk satuan yang lebih besar, seperti morfem, kata, dan kalimat.

Sedangkan dalam perspektif Linguistik Sistemik Fungsional (LSF), pengertian bahasa adalah bentuk semiotika sosial yang sedang melakukan pekerjaan di dalam suatu konteks situasi dan konteks kultural, yang digunakan baik secara lisan maupun secara tulis. Dalam perspektif LSF tersebut, bahasa dipandang sebagai suatu konstruksi yang dibentuk melalui fungsi dan sistem secara simultan. 

Fungsi bahasa adalah sebagai alat komunikasi yang dimiliki manusia berupa sistem lambang bunyi yang berasal dari alat ucap atau mulut manusia. Bahasa juga merupakan dari kumpulan kata di mana masing-masing kata memiliki makna dan hubungan abstrak dengan suatu konsep.

Untuk lebih rinci, berikut ini pengertian bahasa menurut para ahli beserta peran, fungsi, dan manfaatnya secara umum di masyarakat yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (20/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui pengertian bahasa secara umum yang dijelaskan di atas. Berikut ini ada sederet pengertian bahasa menurut para ahli, yaitu:

Plato

Pengertian bahasa adalah pernyataan pikiran seseorang dengan perantaraan onomata (nama benda) dan rhemata (ucapan) yang merupakan cermin dari ide seseorang dalam arus udara lewat mulut.

Ferdinand De Saussure

Pengertian bahasa merupakan ciri pembeda yang paling menonjol karena dengan bahasa setiap kelompok sosial merasa dirinya sebagai kesatuan yang berbeda dari kelompok yang lain.

Bill Adams

Pengertian bahasa adalah suatu sistem pengembangan psikologi individu dalam sebuah konteks inter-subyektif.

Wahyu Wibowo

Pengertian bahasa merupakan sistem simbol bunyi yang bermakna dan berartikulasi yang bersifat arbitrer dan konvensional.

Owens

Pengertian bahasa merupakan kode atau sistem konvensional yang disepekati secara sosial untuk menyajikan berbagai pengertian melalui berbagai pengertian melalui berbagai simbol sembarang (arbritrary symbol) dan tersusun bedasarkan aturan yang ditentukan.

Henry Sweet

Henry Sweet, seorang ahli fonetik dan cendekiawan bahasa Inggris, menyatakan pengertian bahasa adalah ekspresi ide melalui suara-suara yang digabungkan menjadi kata-kata. Kata-kata digabungkan menjadi kalimat, kombinasi ini menjawab ide-ide menjadi pikiran.

3 dari 5 halaman

Peran Bahasa dalam Kehidupan Masyarakat

Berdasarkan pengertiannya, bahasa termasuk sistem perlambang yang dipakai secara timbal balik, dan dibentuk atas unsur-unsur bunyi ucapan manusia. Hal ini diungkapkan dalam buku Khazanah Antropologi (2009) terbitan Pusat Pembukuan Departemen Pendidikan Nasional. Bahasa juga merupakan bagian dari kemampuan manusia yang paling dasar, sekaligus menjadi ciri utama spesies Homo Sapiens. Menurut para ahli bahasa, meskipun binatang mempunyai kemampuan menggunakan simbol atau tanda untuk berkomunikasi, tetapi sistem komunikasi tersebut bukan merupakan bahasa. Berbeda dari binatang, manusia mampu mempertukarkan ucapan lewat bahasa untuk berinteraksi dengan sesamanya. Jadi, fungsi utama bahasa ialah memenuhi kebutuhan komunikasi di antara sesama manusia. Selain itu, dalam kehidupan manusia, bahasa juga sangat terkait dengan perkembangan budaya. Ada 3 faktor yang menunjukkan peran bahasa dalam perkembangan budaya, diantaranya:

1. Bahasa sebagai unsur budaya

Setiap aktivitas dalam kehidupan manusia, memiliki unsur bahasa di dalamnya. Maka, untuk memahami perkembangan sebuah kebudayaan, terlebih dahulu perlu diteliti perkembangan bahasa dalam masyarakatnya.

2. Bahasa sebagai penanda stratifikasi sosial

Bahasa dapat menunjukkan pola hubungan dan stratifikasi sosial di suatu masyarakat. Contoh, dalam kebudayaan Jawa, anak berbicara dengan orang tua menggunakan bahasa Jawa krama (bahasa halus). Sementara ketika bercakap dengan yang sesama usianya, orang Jawa memakai bahasa ngoko (bahasa kasar).

3. Bahasa sebagai simbol budaya suku bangsa

Bahasa dapat menunjukkan simbol budaya di suatu suku bangsa. Hal ini terbukti dari keberadaan dialek atau logat bahasa yang beragam dari berbagai suku bangsa. Hal ini disebabkan oleh adanya perbedaan secara geografis dan pelapisan lingkungan sosial antarsuku bangsa dalam kehidupan masyarakat.

4 dari 5 halaman

Fungsi Bahasa secara Umum

Secara umum, dalam kehidupan masyarakat, bahasa mempunyai fungsi utama yaitu sebagai alat komunikasi. Namun, bahasa juga bisa memiliki sejumlah fungsi lainnya. Berikut ini ada beberapa fungsi bahasa secara umum di kehidupan masyarakat, yaitu:

1. Bahasa sebagai alat ekspresi diri

Sejak kecil, manusia menggunakan bahasa sebagai sarana mengungkapkan dan mengekspresikan diri pada orang tua. Di tahap permulaan tumbuh-kembang, bahasa anak-anak berkembang sebagai alat untuk ekspresi diri.

2. Bahasa sebagai alat komunikasi

Sebagai alat komunikasi, bahasa dipakai buat menyampaikan maksud tertentu agar bisa dipahami orang lain. Perbedaan fungsi bahasa jadi alat ekspresi diri dan sarana komunikasi ada pada tujuannya. Yang pertama sekadar untuk mengespresikan diri agar diketahui oleh orang lain. Adapun saat berkomunikasi, penggunaan bahasa disesuaikan dengan orang yang diajak bicara, dengan tujuan supaya maksud dari dari bahasa mudah tersampaikan.

3. Bahasa sebagai alat integrasi dan adaptasi sosial

Saat beradaptasi di lingkungan sosial baru, setiap orang akan memilih bahasa yang digunakan tergantung situasi dan kondisi yang dihadapi. Hal ini agar ia mudah beradaptasi dan terintegrasi dengan lingkungan sosial tersebut.

4. Bahasa sebagai alat kontrol sosial

Sebagai alat kontrol sosial, bahasa bisa sangat efektif. Kontrol sosial dengan memakai bahasa bisa diterapkan pada individu ataupun masyarakat.

5 dari 5 halaman

Manfaat Bahasa

Sejalan dengan pengertiannya, bahasa memiliki manfaat yang didapat oleh manusia. Berikut ini rinciannya:

1. Bahasa resmi suatu negara

Beberapa negara memiliki banyak bahasa daerah, salah satunya Indonesia. Hal ini karena suku di Indonesia beragam. Sehingga bahasa resmi dibutuhkan untuk mempersatukan masyarakat dari berbagai suku, yaitu Bahasa Indonesia.

2. Alat pengembangan kebudayaan dan ilmu pengetahuan

Untuk mengembangkan kebudayaan yang ada di sebuah negara, dibutuhkan bahasa. Sehingga komunikasi antar individu maupun kelompok bisa tercapai dengan maksimal.

3. Pengantar dunia pendidikan

Dengan bahasa maupun bahasa resmi maka banyak manusia yang mengerti dan paham. Khususnya menyangkut dunia pendidikan. Dengan penyampaian menggunakan bahasa yang mudah dimengerti maka ilmu pendidikan bisa diterima dengan baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.