Sukses

6 Macam-Macam Simbiosis dan Contohnya, Lengkap Penjelasan

Ada simbiosis mutualisme, komensalisme, parasitisme, amensalisme, netralisme, dan kompetisi.

Liputan6.com, Jakarta Memahami pengertian simbiosis, macam-macam simbiosis, dan contohnya ini penting untuk mengenal lebih dalam tentang alam. Simbiosis adalah keadaan hidup bersama antara organisme berbeda.

National Geographic menjelaskan simbiosis adalah hubungan ataupun interaksi antara dua organisme makhluk hidup yang berbeda. Ada enam macam-macam simbiosis yang bisa dipahami.

Mulai dari simbiosis mutualisme, komensalisme, parasitisme, amensalisme, netralisme, dan kompetisi. Bagaimana hubungan keenamnya dan contoh yang ada di alam? Tentu saja ada yang saling menguntungan, saling merugikan, netral, dan masih banyak lagi.

Berikut Liputan6.com ulas macam-macam simbiosis dan contohnya lebih dalam, Selasa (21/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Simbiosis dan Contohnya

1. Simbiosis Mutualisme

Simbiosis mutualisme adalah bagian dari macam-macam simbiosis yang menunjukkan hubungan saling menguntungkan satu sama lain. Melansir dari kemdikbud.go.id, hubungan simbiosis mutualiasme ini sangat positif karena kedua belah pihak diuntungkan. 

Contoh dari macam-macam simbiosis satu ini adalah antara kupu-kupu dan bunga. Kupu-kupu mengisap nektar yang terdapat pada bunga. Sementara timbal-baliknya adalah bunga mendapat bantuan dari gerakan kupu-kupu untuk penyerbukan.

Kedua, kemdikbud.go.id memberikan contoh simbiosis mutualisme adalah manusia dengan bakteri. Keberadaan bakteri E. Coli, menjadikan manusia terbantu mengurangi pertumbuhan bakteri jahat dan mempercepat proses pembusukan di usus besar.

Sementara keuntungan yang didapat oleh bakteri E. Coli adalah mendapat makanan dari sisa-sisa pembuangan pada usus besar dalam tubuh manusia.

2. Simbiosis Komensalisme

Simbiosis komensalisme adalah bagian dari macam-macam simbiosis yang menunjukkan hubungan dua makhluk hidup yang menguntungkan salah satu organisme. Melansir kemdikbud.go.id, dijelaskan dalam hubungan simbiosis ini organisme lain tidak dirugikan dan tidak diuntungkan atau sifatnya lebih netral.

Contoh paling umum dari macam-macam simbiosis ini terjadi pada ikan remora dan ikan hiu. Ketika ikan hiu makan, biasanya sisa-sisa makanan akan berjatuhan. Di saat sisa-sisa makanan jatuh, ikan-ikan remora bakal menempel dengan hiu untuk mengambil sisa-sisa makanan dari hiu. Ikan hiu tidak dirugikan dan tidak diuntungkan.

Selain pada ikan remora dan ikan hiu, kemdikbud.go.id mencontohkan tanaman anggrek dan pohon mangga. Dalam interaksi antara anggrek dan pohon mangga dari macam-macam simbiosis ini, anggrek mendapat keuntungan.

Tanaman anggrek memiliki tempat untuk tumbuh, mendapatkan sinar matahari, air serta zat-zat untuk melakukan proses fotosintesis, dengan menempel pada pohon mangga. Sementara pohon mangga tidak dirugikan dalam hal apa pun atau hanya netral saja.

3. Simbiosis Parasitisme

Simbiosis parasitisme adalah bagian dari macam-macam simbiosis yang menunjukkan hubungan menguntungkan dan merugikan antara kedua belah pihak. Kebalikan dari simbiosis mutualisme, kemdikbud.go.id menjelaskan simbiosis parasitisme merupakan ketergantungan yang terjadi ketika pihak yang satu mendapat keuntungan, tetapi merugikan pihak lainnya.

Contoh dari macam-macam simbiosis satu ini, hubungan yang terjadi pada nyamuk dan manusia. Nyamuk mendapat keuntungan dengan mengisap darah dari manusia, sementara manusia dirugikan karena dapat terjangkit penyakit berbahaya seperti malaria atau DBD.

Tak hanya hubungan untung dan rugi antara nyamuk dan manusia, kemdikbud.go.id mencontohkan macam-macam simbiosis ini terjadi pada lalat dengan buah. Lalat bisa langsung mendapatkan makanan dari buah sekaligus bisa berkembang biak pada buah yang dihinggapinya. Sementara buah yang dihinggapi lalat akan mengalami kerugian karena akan menjadi lebih cepat membusuk.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Simbiosis dan Contohnya

4. Simbiosis Amensalisme

Simbiosis amensalisme adalah bagian dari macam-macam simbiosis yang menunjukkan hubungan merugikan dan organisme lain netral atau tidak untung dan tidak rugi. Melansir dari itb.ac.id, simbiosis amensalisme adalah kebalikan dari simbiosis komensalisme.

“Simbiosis amensalisme juga berarti hubungan antara dua makhluk hidup yang merugikan satu pihak sementara pihak lainnya tidak terpengaruh apa-apa,” dijelaskan.

Contoh dari macam-macam simbiosis ini, antara pohon walnut dengan tumbuhan di sekitarnya. Pohon walnut bisa mengeluarkan senyawa bernama alelopati yang dapat menyebabkan pohon lain di sekitarnya tidak bisa bertahan. Keluarnya senyawa itu, pohon walnut bisa mendapatkan nutrisi lebih dari dalam tanah, yang seharusnya didapatkan pohon lain.

Penjelasan contoh simbiosis amensalisme lain dijelaskan itb.ac.id, terjadi pada brokoli dan kubis. Di dalam brokoli terdapat satu senyawa resindu yang biasa membuat brokoli tidak cepat layu. Akan tetapi, senyawa ini bisa menjadi penyakit bagi kubis. Sayur kubis bisa menjadi lebih cepat busuk. Maka metode menyimpan kedua sayuran tersebut adalah dipisah.

5. Simbiosis Netralisme

Simbiosis netralisme adalah bagian dari macam-macam simbiosis dengan hubungan tidak memberi keuntungan atau kerugian pada organisme yang terlibat. Melansir bola.com, kedua belah pihak tidak akan mendapat pengaruh apa pun, baik keuntungan atau kerugian.

Dicontohkan dari macam-macam simbiosis ini, antara kambing dan ayam, keduanya tidak memiliki pengaruh satu sama lain karena memiliki jenis makanan yang berbeda. Kemudian katak dan ikan, katak biasa mencari makan di air, tetapi katak tidak memakan ikan. Interaksi keduanya tidak memberi pengaruh satu sama lain.

Selanjutnya dijelaskan bola.com, hubungan antara sapi dan burung hantu, meski tinggal di ekosistem yang sama, keduanya tidak saling menguntungkan atau merugikan karena sapi mencari makan saat siang, sementara burung hantu mencari makan saat malam.

6. Simbiosis Kompetisi

Simbiosis kompetisi adalah bagian dari macam-macam simbiosis yang menunjukkan hubungan saling memperebutkan sumber daya yang jumlahnya terbatas di alam. Melansir nature.com, biasanya organisme yang lebih kuatlah yang akan memenangkan sumber daya alam.

Sementara bagi organisme yang lebih lemah terpaksa harus mencari sumber daya lain dengan cara bermigrasi. Contoh dari macam-macam simbiosis ini, dijelaskan nature.com hubungan serigala dan beruang yang bersaing untuk bisa mendapatkan mangsa yang sama di habitatnya.

Kemudian persaingan tumbuhan di hutan untuk mendapatkan sinar Matahari dan air. Tumbuhan dengan akar yang besar dan kuat akan mendapat air lebih banyak. Antara gorila jantan dominan melarang gorilla jantan lainnya untuk kawin dengan betina.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.