Sukses

7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Pria, Kaya Antioksidan

Liputan6.com, Jakarta Ada segudang manfaat minyak zaitun untuk pria, mampu menjaga kesehatan tubuh sekaligus vitalitasnya. Minyak zaitun merupakan minyak yang kandungan lemak utamanya tak jenuh tunggal. Menurut para ahli, ini lemak yang menyehatkan.

Tak hanya mengandung lemak yang sehat, tetapi manfaat minyak zaitun untuk pria juga berasal dari kandungan antioksidannya. Antioksidan di dalamnya dijelaskan Medical News Today, membuat manfaat minyak zaitun untuk pria dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan dan penyakit.

Sudah banyak sekali penelitian yang mengungkap berbagai manfaat minyak zaitun untuk pria. Minyak zaitun memiliki rasa yang cenderung pahit tetapi kaya antioksidan daripada jenis minyak esenssial lainnya. Minyak zaitun adalah minyak yang terbuat dari buah zaitun yang tumbuh dari wilayah Mediterania.

Berikut Liputan6.com ulas penjelasan lengkap tentang manfaat minyak zaitun untuk pria, Rabu (22/12/2021).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Manfaat Minyak Zaitun untuk Pria

1. Mengatasi Impotensi

Manfaat minyak zaitun untuk pria sangat baik untuk mengatasi masalah impotensi. Menurut studi dari Yunani, beberapa sendok minyak zaitun lebih ampuh ketimbang viagra atau obat-obatan lainnya.

"Konsumsi minyak zaitun dan memasukkannya dalam diet bisa menjaga kemampuan pria di ranjang tetap tinggi," melansir dari Medical Daily.

Pada penelitian manfaat minyak zaitun untuk pria ini dipaparkan, melibatkan lebih dari 600 pria. Mereka dituntut menjalani pola diet dengan mengonsumsi sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Lalu asupan mentega diganti dengan minyak zaitun.

Hasilnya menunjukkan ada manfaat minyak zaitun untuk pria seperti mencegah impotensi yang bisa diandalkan. Partisipan yang menjalani diet ini berkurang risiko mengalami disfungsi ereksi hingga 40 persen.

Lalu mereka yang mengonsumsi kurang lebih 9 sendok makan minyak zaitun setiap minggu tak hanya mengurangi risiko terkena impotensi, tetapi juga meningkat level testosteronnya.

2. Meningkatkan Fungsi Seksual

Tak hanya mampu mencegah masalah impotensi. Manfaat minyak zaitun untuk pria adalah ahlinya meningkatkan fungsi seksual. Minyak bisa membantu melebarkan arteri yang berdampak bagus untuk aliran darah dan pada gilirannya meningkatkan fungsi seksual.

"Kalau pembuluh darah ke penis sempit, menyebabkan tak mampu ereksi dan menjadi tanda awal aterosklerosis--menyempitnya arteri bisa memicu serangan jantung atau stroke," ungkap Perawat Senior Cardiac di British Heart Foundation, Julie Ward melansir Medical Daily.

3. Mengatasi Kanker Prostat

Manfaat minyak zaitun untuk pria dapat membantu mengatasi masalah kanker prostat, lebih tepatnya membantu pemulihan dengan menurunkan berat badan penderita kanker prostat.

Sebuah studi yang diterbitkan Yayasan Kanker Indonesia, mengungkapkan diet nabati yang mencakup tiga sendok makan minyak zaitun sehari selama delapan minggu, dapat menurunkan berat badan.

Dalam riset manfaat minyak zaitun untuk pria tersebut juga mengungkapkan diet nabati menunjukkan hasil yang lebih baik, terutama dalam sensitivitas insulin dan kontrol glikemik.

Lebih lanjut, para peneliti memberi kesimpulan diet nabati dengan minyak zaitun merupakan pola yang dapat diterima jangka panjang dibanding dengan minyak vigra yang berjangka pendek.

3 dari 3 halaman

Manfaat Minyak Zaitun untuk Pria Selanjutnya

4. Menjaga Tulang

Mampu menjaga kesehatan tulang dengan baik adalah manfaat minyak zaitun untuk pria yang tak boleh dianggap remeh. Manfaat ini diungkap dalam sebuah penelitian yang dilakukan Universitas Madrid, Spanyol.

Dalam riset yang dilakukan, para ilmuwan menemukan responden yang rutin mengonsumsi minyak zaitun memiliki kadar osteocalcin lebih tinggi pada tubuhnya, dibandingkan dengan yang tidak.

Osteocalcin merupakan jenis protein yang diproduksi oleh sel-sel pembentuk tulang. Kadar osteocalcin yang tinggi menjadi penanda kesehatan tulang yang baik. Ajaibnya lagi, osteocalcin juga membantu mencegah resistensi insulin, yaitu kondisi dimana tubuh menjadi imun terhadap efek hormon tersebut.

5. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Pria rentan mengalami masalah pada sistem kardiovaskular. Dalam artikel yang diterbitkan Medical News Today, diungkap manfaat minyak zaitun untuk pria adalah sumber utama lemak diet mediterania. Maka mengonsumsinya dengan pola diet serupa diklaim bisa membuat pengidapnya memiliki harapan hidup lebih tinggi. Termasuk mencegah kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2018 membandingkan jumlah masalah kardiovaskular di antara orang-orang yang menerapkan diet Mediterania, baik dengan minyak zaitun atau kacang-kacangan, atau diet rendah lemak.

Hasilnya menunjukkan diet Mediterania dengan konsumsi minyak zaitun dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular daripada mereka yang diet rendah lemak. Food and Drug Administration (FDA) dan European Food Safety Authority merekomendasikan untuk mengonsumsi sekitar 20 gram (g) atau dua sendok makan (sdm) minyak zaitun extra virgin setiap hari untuk mengurangi risiko kardiovaskular.

6. Mencegah Penyakit Alzheimer

Mampu mencegah penyakit alzheimer adalah manfaat minyak zaitun untuk pria dan wanita yang tak boleh dianggap remeh. Pada tahun 2016, Medical News Today mengungkap beberapa ilmuwan menyarankan konsumsi minyak zaitun extra virgin dalam makanan dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer.

Minyak zaitun diklaim bisa membantu menjaga pembuluh darah di otak. Penelitian yang dilakukan pada tikus yang diterbitkan tahun 2019 menyarankan konsumsi minyak zaitun extra virgin yang kaya oleocanthal dapat membantu memperlambat atau menghentikan perkembangan Alzheimer. Oleocanthal adalah senyawa fenolik yang terdapat dalam minyak zaitun extra virgin.

7. Menjaga Kesehatan Liver

Memiliki liver yang sehat adalah kunci hidup sejahtera. Mampu menjaga kesehatan liver merupakan manfaat minyak zaitun untuk pria dan wanita yang menakjubkan.

Bukti manfaat minyak zaitun untuk pria dan wanita ini diungkap dalam sebuah tinjauan studi laboratorium tahun 2018. Melalui Medical News Today, diungkap molekul dalam minyak zaitun extra virgin dapat membantu mencegah atau memperbaiki kerusakan hati.

MUFA minyak, yang terutama asam oleat, dan senyawa fenoliknya dapat membantu mencegah peradangan, stres oksidatif, resistensi insulin, dan perubahan lain yang dapat menyebabkan kerusakan hati atau liver manusia.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS