Sukses

Interval adalah Jarak, Ketahui Pengertiannya dalam Berbagai Cabang Ilmu

Liputan6.com, Jakarta Interval adalah istilah yang sering dikaitkan dengan jarak. Dalam penggunannya, interval adalah kata yang sering disebutkan dalam fisika, matematika, bahkan musik. Interval adalah tingkat statistik pengukuran.

Salah satu contoh interval adalah waktu. Sebuah jam memecah waktu menjadi interval detik, menit, dan jam. Interval adalah perhitungan yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Sinonim dari interval adalah pemisahan, jarak, atau selang.

Interval terkait dengan ruang antara hal-hal. Ini seperti ruang kosong yang berada di antara dua objek apa pun. Berikut pengertian interval dan artinya dalam berbagai cabang ilmu, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(22/12/2021).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 7 halaman

Pengertian interval menurut kamus

Menurut KBBI, interval adalah masa antara dua kejadian yang bertalian. Ada 3 definisi lain interval menurut KBBI. Definis ini didasarkan pada cabang ilmu yang berbeda yaitu musik, matematika, dan olahraga.

Pada musik, interval adalah perbedaan ketinggian antara dua nada. Pada matematika, interval adalah jarak yang terletak antara dua nilai yang diketahui. Sementara pada olahraga, interval adalah jangka waktu untuk istirahat antara dua latihan yang berkaitan.

Menurut Kamus Merriam-Webster, interval adalah jumlah ruang atau waktu di antaranya. Menurut Cambrdige Dictonary, interval adalah sebuah periode antara dua peristiwa. Ini juga bisa berarti ruang antara dua poin.

3 dari 7 halaman

Pengertian interval secara umum

Interval adalah ukuran yang berbeda dari waktu atau jarak fisik atau temporal antara dua hal. Interval berarti jangka waktu tertentu yang ditandai oleh dua saat. Secara singkat, interval adalah karal antara benda. Interval dapat didefinisikan sebagai waktu antara dua peristiwa.

Misalkan kamu sedang berjalan kaki dari rumah ke sekolah. Kamu berjalan terus menerus dan mencapai sekolah dalam 10 menit. Sekarang, sambil berjalan pulang, kamu lelah dan memutuskan untuk duduk selama 2 menit. Kamu berhenti selama 2 menit dan kemudian mulai berjalan lagi menuju rumah. Jadi, bisa dikatakan kamu mengambil interval waktu 2 menit saat berjalan pulang.

4 dari 7 halaman

Interval waktu

Dalam fisika, interval adalah istilah yang digunakan untuk menyebutkan jarak ruang dan waktu. Interval waktu adalah jumlah waktu antara dua titik tertentu dalam waktu. Contohnya adalah: "Interval waktu antara jam tiga dan jam empat adalah satu jam."

Interval waktu diukur dalam unit yang berbeda. Setiap unit menggambarkan jumlah waktu yang berbeda, dan unit tertentu akan lebih cocok untuk jangka waktu tertentu.

Misalnya, jika kamu sedang memasak sesuatu di dalam oven, kamu akan memilih untuk mengukur waktu dalam menit, atau mungkin jam. Namun, jika sedang menunggu hari ulang tahun, kamu dapat mengukur waktu yang tersisa dalam hari, minggu, atau bulan.

5 dari 7 halaman

Interval dalam matematika

Dalam matematika, interval adalah rentang angka. Interval adalah set dari bilangan real yang berisi semua bilangan real berbaring antara dua nomor dari himpunan. Misalnya, himpunan bilangan x yang memenuhi 0 x 1 adalah interval yang berisi 0, 1, dan semua bilangan di antaranya.

Interval dibentuk oleh semua angka yang terletak di antara dua titik akhir himpunan. Interval ditulis dengan tanda kurung siku atau kurung, dan dua angka dipisahkan dengan koma. Kedua bilangan tersebut disebut titik akhir interval. Angka di sebelah kiri menunjukkan elemen terkecil atau batas bawah. Angka di sebelah kanan menunjukkan elemen terbesar atau batas atas.

Interval adalah angka yang berada di antara dua angka lainnya. Sebuah interval adalah kisaran angka antara dua angka yang diberikan dan mencakup semua bilangan real antara dua angka. Interval dapat ditulis menggunakan pertidaksamaan, garis bilangan, atau dalam notasi interval.

6 dari 7 halaman

Interval dalam musik

Pada musik, interval adalah perbedaan nada antara dua suara. Interval adalah jarak yang termasuk antara satu nada dengan nada lainnya, baik yang dibunyikan secara berurutan (interval melodis) atau secara bersamaan (interval harmonik).

Dalam istilah fisik, interval adalah rasio antara dua frekuensi sonik. Misalnya, dua nada yang terpisah satu oktaf memiliki rasio frekuensi 2:1. Ini berarti bahwa peningkatan nada secara berurutan dengan interval yang sama menghasilkan peningkatan frekuensi yang eksponensial, meskipun telinga manusia menganggap ini sebagai peningkatan nada linier.

Interval adalah bagian mendasar dari struktur musik. Ketika nada yang lebih rendah dari interval sederhana dinaikkan satu oktaf menjadi nada yang lebih tinggi, interval dikatakan terbalik dan mengambil nama yang berbeda.

7 dari 7 halaman

Interval dalam olahraga

Dalam olahraga, interval adalah jenis latihan yang melibatkan serangkaian latihan intensitas tinggi yang diselingi dengan periode istirahat. Latihan interval menggunakan dua sistem penghasil energi tubuh: aerobik dan anaerobik. Periode intensitas tinggi biasanya pada atau dekat dengan latihan anaerobik. Sedangkan periode pemulihan melibatkan aktivitas aerobik intensitas rendah.

Pelatihan interval dapat merujuk pada organisasi setiap latihan kardiovaskular (misalnya, bersepeda, berlari, mendayung). Ini menonjol dalam rutinitas pelatihan untuk banyak olahraga, tetapi terutama digunakan oleh pelari. Latihan interval melatih jantung untuk memompa lebih banyak darah ke otot dan melatih otot untuk mengekstrak oksigen lebih efisien.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.