Sukses

Aksi Unik Astronaut Mencukur Rambut di Luar Angkasa, Hasilnya Bikin Takjub

Liputan6.com, Jakarta Kegiatan mencukur rambut memang menjadi rutinitas bagi setiap orang. Pasalnya, rambut akan terus tumbuh seiring waktu. Tak ketinggalan bagi para astronaut di luar angkasa, selayaknya manusia, rambut mereka juga butuh perawatan saat menghabiskan waktu berminggu bahkan berbulan-bulan di atas bumi. 

Mungkin akan timbul pertanyaan bagaimana cara mereka mencukur di luar angkasa. Mengingat, gravitasi nol yang akan mengangkat barang apa saja, termasuk satu helai rambut. Keunikan bercukur di luar angkasa tersebut terekam dalam video yang kini tersebar di media sosial. Melalui akun Twitter Matthias Maurer, aksi mereka jadi perhatian publik. 

Tak heran, cara bagaimana mencukur rambut di luar angkasa  mungkin menjadi pertanyaan sebelumnya. Momen unik tersebut diabadikan beberapa astronaut yang tergabung dalam Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Mengutip dari India Times, ISS merupakan adalah rumah bagi tujuh astronaut dari seluruh dunia. Apa saja kegiatan para astronot dilakukan namun bakal berbeda dengan manusia yang ada di bumi.

Mulai dari pergi ke kamar mandi, makan, tidur, hingga memotong rambut semuanya dilakukan dengan cara yang berbeda. Seperti apa momen unik para astronaut di luar angkasa ini? Berikut Liputan6.com merangkumnya dari berbagai sumber, Kamis (23/12/2021).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Semua Barang Melayang

Kita semua sudah tahu pasti, setiap benda yang berada di luar angkasa akan berada dalam kondisi gravitasi nol. Itu berarti benda apapun, termasuk manusia akan melayang-layang. Bebas bergerak kesana-kemari, inilah yang menyebabkan cara hidup astronaut berbeda dengan manusia di bumi.  

Begitu pula dengan kegiatan mencukur rambut, tak heran para astronaut dapat menghabiskan waktu di luar angkasa hingga berbulan-bulan lamanya. Saat itulah rambut mereka tumbuh dan ada waktunya untuk dipangkas. 

Saat ini, para astronaut adalah bagian dari tim yang tiba di ISS dengan SpaceX Crew Dragon dan diperkirakan akan tinggal di sana selama enam bulan ke depan. Ini menandai kunjungan pertama Maurer di stasiun luar angkasa, bekerja untuk misi "Cosmic Kiss". Maurer dibawa ke luar angkasa oleh SpaceX bersama dengan astronot NASA Tom Marshburn, Kayla Barron, dan Raja Chari. 

3 dari 3 halaman

Mesin Potong Rambut Khusus

Tidak adanya gravitasi inilah yang membuat para astonaut harus membawa peralatan yang lebih canggih, bahkan untuk mencukur rambut. Untuk menghindari masalah rambut yang tidak perlu, astronaut di ISS menggunakan pemangkas yang dirancang khusus yang memiliki penyedot debu. Setiap helai rambut yang terpangkas akan langsung tersedot tanpa melayang memenuhi ruangan stasiun luar angkasa. Hasilnyapun cukup bagus sekelas tukang cukur di luar angkasa. 

Dalam video tersebut, terlihat Raja Chari, seorang astronot Amerika sedang memotong rambut " Masuklah ke salon luar angkasa di mana tukang cukur @astro_raja  adalah pria dengan banyak talenta Karena tidak satu pun dari kita menginginkan rambut di mata kita, atau lebih buruk lagi@Space_Station, gunting rambut kita dilengkapi dengan penyedot debu. Bintang lima untuk ruang ini layanan stylist.”

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS