Sukses

4 Fakta Meninggalnya Mbah Minto, YouTuber Jenaka dalam Video Gagal Mudik

Kabar duka YouTuber Mbah Minto meninggal dunia.

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka kini tengah menyelimuti Tanah Air, sempat viral dengan video-videonya yang membuat banyak orang tertawa. Tidak lain ialah Mbah Minto, seorang aktris YouTuber yang fenomenal ini telah menghembuskan napas terakhirnya pada Rabu (22/12/2021). Melalui kanal YouTube Ucup Klaten, almarhumah memang selalu membuat konten jenaka yang menginspirasi banyak orang. 

Salah satunya ialah video berjudul Gagal Mudik yang membuat namanya semakin melejit. Bahkan potretnya telah dikenal di kalangan pemerintah. Mengingat, di usia senjanya saat itu, YouTuber Mbah Minto tak hentinya berkarya dengan membawakan video parodi jenaka yang terinspirasi dari nilai kehidupan.  

Kini masyarakat merasa kehilangan sosok Mbah Minto. Sosok jenaka dan sederhananya membuat siapa saja merasa kagum akan kemampuannya berakting tanpa mengenal usia. Perempuan warga Dusun Selorejo, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten ini telah berpulang, meninggalkan karya yang bermakna. 

Kabar duka ini tersiar dalam akun Instagram Ucup Klaten. Berikut Liputan6.com merangkumnya dari berbagai sumber, Kamis (23/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Dikenal Petinggi Pemerintah

Aktingnya memerankan Simbah dalam video Gagal Mudik memang membuat masyarakat terhibur. Tak ketinggalan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang kala itu mengapresiasi prestasinya. Orang nomor 1 di Jawa Tengah tersebut lantas memberikan THR untuk Mbah Minto. 

Berkat konten video Gagal Mudiknya yang viral Mbah Minto juga beberapa kali diundang dalam acara talkshow nasional. Sebelum dan sesudahnya, Mbah Minto bersama Ucup Klaten memang gemar membuat konten jenaka yang menginspirasi banyak orang. 

3 dari 5 halaman

Sempat Dirawat di Rumah Sakit

Mengutip dari website Pemerintah Kabupaten Klaten, Mbah Minto Suwito Siyam atau yang terkenal dengan Mbah Minto meninggal Rabu malam (22/12) pukul 21.00 WIB di Rumah Sakit Islam Klaten. Almarhumah memang beberapa kali masuk rumah sakit hingga menghembuskan napas terakhirnya di usia 85 tahun. 

Putra kedua Mbah Minto, Wijiyanto menuturkan jika kondisi Mbah Minto Sebelumnya memang telah membaik. Namun dua hari terakhir kondisi kesehatan Mbah minto menurun, hingga terdengar kabar beliau telah tutup usia. 

“Simbah sempat dua kali dirawat di rumah sakit. Jadi hitungan kami, simbah dirawat selama 11 hari sampai Rabu malam (22/12) beliau meninggal dunia.” ujarnya. 

Menurut rencana jenazah Mbah Minto akan dikebumikan hari ini, Kamis, pukul 14.00 WIB di Sasonoloyo Wonosegaran Bugel, Jawa Tengah.

4 dari 5 halaman

Karya yang Terkenang

Kepergian Mbah Minto juga menjadi kabar duka mendalam bagi Ucup Klaten. Sebagai rekan kerja, keluarga, hingga simbok, banyak kenangan dan karya yang membuatnya larut dalam kepergian Mbah Minto.

"Sugeng tindak Simbok... Terimakasih untuk semua kebaikan dan ketulusanmu, karya-karyamu akan selalu kami kenang," tulis Ucup Klaten dalam akun Instagram pribadinya, Rabu, 22 Desember 2021.

Mbah Minto muncul sebagai fenomena baru di jagat hiburan tanah air. Walau mencapai puncak karirnya di usia senja, celoteh dan lawakannya selalu ditunggu penggemarnya. Bersama tandemnya Mas Ucup sekaligus sang sutradara, Mbah Minto jadi popular dengan lawakan yang edukatif. Kini Mbah Minto meninggalkan 3 orang anak yang semuanya sudah berkeluarga.

5 dari 5 halaman

Banjir Ucapan Bela Sungkawa

Kepergian Mbah Minto memang meninggalkan kesedihan bagi masyarakat Indonesia. Tak ketinggalan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menuliskan doa di akun Instagram pribadinya. 

"Ya Allah. Innalillahi wainna ilaihi raji'un. Selamat jalan Mbah Minto. Saya bersaksi, panjenengan adl orang baik. Insya Allah husnul khotimah. Terimakasih mbah, sudah jadi inspirasi dan penguat kami di kala pandemi," tulis Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam akun Instagram pribadinya, Kamis (23/12/2021). 

Sebelum itu, saat sakit netizen juga turut mendoakan kesembuhan Mbah Minto. Hingga takdir berkata lain, kepergian Mbah Minto meninggalkan duka yang mendalam bagi keluarga dan hiburan Tanah Air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.