Sukses

File adalah Kumpulan Informasi, Ini Pengertian Menurut Ahli

Mengenal file adalah data yang ada pada komputer atau secondary storage.

Liputan6.com, Jakarta Apa itu file? File adalah berasal dari kata bahasa Inggris yang memiliki arti data atau berkas. Maka mencari pengertian file dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) tidak akan ditemukan.

Para ahli menjelaskan pengertian file adalah kumpulan informasi yang dimuat dalam bentuk data pada secondary storage seperti komputer atau perangkat lainnya. Secara sederhana, file adalah kumpulan catatan atau arsip.

Dalam modul yang diterbitkan Universitas Islam Indonesia melalui uii.ac.id, file adalah data yang ada pada komputer. Itu artinya setiap data pada komputer dapat dikategorikan sebagai file. Itulah pengertian singkat tentang file yang perlu diketahui.

Berikut Liputan6.com ulas tentang file adalah kumpulan informasi lebih dalam lagi, Jumat (24/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal File

Memahami file adalah kumpulan informasi dalam bentuk data. File adalah berasal dari bahasa Inggris yang memiliki arti data atau berkas. Dalam modul yang diterbitkan Universitas Islam Indonesia melalui uii.ac.id, file adalah data yang ada pada komputer. Itu artinya setiap data pada komputer dapat dikategorikan sebagai file.

File adalah kumpulan berbagai informasi yang berhubungan dan juga tersimpan di dalam secondary storage. “Secara konsep file adalah memiliki beberapa tipe ada yang bertipe data terdiri dari numeric, character dan binary, lalu ada juga file yang bertipe program,” dijelaskan.

Hal yang sama disampaikan ahli dalam bidang ini Henrayudi, file adalah kumpulan data yang tersimpan dalam media yag memiliki informasi besar file, jam dan tanggal penyimpanan file, ciri file, dan attribut file. Apabila dipersingkat, Sindhunata menjelaskan file adalah kumpulan catatan atau arsip.

Keberadaan file adalah secara umum disimpan dalam bentuk folder atau dikategorikan hingga mudah untuk ditemukan saat diperlukan. Keinginan menyimpan file adalah tergantung pada pemiliknya, masing-masing file memiliki eksistensi. Eksistensi file inilah yang membedakan nilai setiap file yang ada.

3 dari 5 halaman

Pengertian File Menurut Para Ahli

1. Pengertian File Menurut Mcleod (PEARSON)

Pengertian file adalah koleksi record yang saling berhubungan, seperti satu file dari seluruh record yang berisi field kode-kode mata kuliah & namanya.

2. Pengertian File Menurut Edi S. Mulyanta

Pengertian file adalah urutan data yang digunakan untuk melakukan encode informasi digital untuk urusan penyimpanan & pertukaran data.

3. Pengertian File Menurut Hendrayudi

Pengertian file adalah data-data yang tersimpan dalam media yang mempunyai informasi besar file, tanggal & jam penyimpanan file, nama file, ciri file (ciri aplikasi yang membuat), & attribut file.

4. Pengertian File Menurut Rachmad Hakim S

Pengertian file adalah dokumen yang mengandung informasi tertentu & dapat dibuka dengan program.

5. Pengertian File Menurut Sindhunata

Pengertian file adalah kumpulan catatan atau arsip.

4 dari 5 halaman

Mengenal Eksistensi File

Bagaimana bentuk eksistensi file? Masih mengutip modul yang sama, eksistensi file adalah bisa diamati saat pengguna komputer “klik kanan” dan memilih “properties” kemudian muncul tulisan tiga huruf sesudah titik satu. Fungsi dari eksistensi file adalah mengetahui dan membedakan jenis file.

Cara lain yang bisa digunakan untuk mengetahui eksistensi file adalah “membuka Windows Explorer” kemudian pilih “View-Folder Options” dan pindahkan ke tap “File Types” maka akan ada puluhan atau ratusan eksistensi file yang ada. Asal muasal eksistensi file adalah penginstalan aplikasi pada sebuah perangkat komputer atau laptop.

Dalam sebuah program komputer, tidak ada file yang tidak memiliki eksistensi. File program dikenal memiliki jenis eksistensi file “.exe” dan ada kalanya tidak dapat dikenali oleh Windows. Tidak munculnya eksistensi file adalah dipengaruhi ada program yang tidak terinstal dalam sebuah Windows untuk mengolah file tersebut.

5 dari 5 halaman

Contoh Eksistensi File

Ada banyak sekali contoh jenis eksistensi file dalam secondary storage seperti komputer. Apa saja? Ini penjelasan sebagian kecil contoh jenis-jenis eksistensi file masih mengutip modul yang sama:

1. .mp3 : Ekstensi seperti ini memang penanda untuk file MPEG-3. Aplikasi untuk memutar file jenis ini tak terhitung jumlahnya. Kebanyakan gratis pula. Namun, dengan aplikasi standar yang ada di Windows, yaitu Windows Media Player, Anda tetap bisa menikmati koleksi MP3

Anda.

2. .wav : Suara-suara untuk notifikasi sistem di Windows masih menggunakan format audio seperti ini. Berbeda dengan MP3, format ini cenderung gemuk. Anda bisa memutarnya dengan Windows Media Player.

3. .aif : CD audio komersial umumnya menggunakan format Audio Interchange File (aif), salah satu format audio digital dengan kualitas terbaik. Wajar kalau ukuran file dalam format ini rata-rata cukup besar. Untuk lagu berdurasi tiga menit saja, file .aif bisa memakan ruang hard disk sebesar 30 sampai 50 MB.

4. .ogg : Ogg Vorbis, begitulah nama lengkap format audio ini. Sebagian orang melihat kualitas format ini sedikit lebih baik dibanding MP3. Putarlah dengan Winamp versi terbaru, karena aplikasi tersebut sudah memiliki plug-in untuk membacanya.

5. .wma : Kependekan dari Windows Media Audio. Merupakan format asli file audio Windows Media Player yang dikembangkan oleh Microsoft. Rata-rata ukuran files berformat seperti ini lebih kecil dibanding format audio lainnya. Anda bisa memutarnya langsung dengan memilih [Windows Media Player] dari menu “Open With”.

6. .avi : Windows Media Player bisa memutar format ini, namun Anda perlu menginstal codec tambahan seperti Ace DivX Player.

7. .asx : Tipe seperti ini berisi link untuk video streaming yang diputar melalui jaringan internet. Gunakan Windows Media Player untuk memutarnya. File ini sendiri tidak benar-benar berisi data video di dalamnya.

8. .asf : Di dalamnya berisi data audio dan video. Anda bisa memutar files berekstensi ini dengan Windows Media Player.

9. .rm : Meski tidak bisa disimpan ke dalam PC, namun file Real Movie yang berekstensi .rm ini bisa dijalankan secara streaming via internet. Untuk memutar file ini Anda perlu aplikasi RealOne Player.

10. .mpeg dan .mpg : Format standar ini digunakan oleh kepingan DVD komersial. Karena ukurannya yang kecil, MPEG digunakan untuk mendistribusikan video lewat internet. Anda memerlukan codec agar bisa memutarnya di Windows Media Player.

11. .mov : Gunakan QuickTime Player, pemutar video buatan Apple, untuk menjalankan video berformat .mov.  File sistem beberapa tipe files akan langsung berjalan saat anda mengeklik-dobel file tersebut. Memang tidak bisa dijalankan dengan Microsoft Word dan Windows Media Player, karena file seperti di bawah ini merupakan file program atau sistem.

12. .exe : Ekstensi ini akan Anda temukan pada executable file. Merupakan file utama sebuah program dan berjalan secara otomatis saat Anda mengeklik-dobel.

13. .bat : Biasanya berisi sejumlah perintah yang dirancang untuk melakukan proses. Misalnya menyalin hard disk. File ini juga akan berjalan secara otomatis ketika diklik-dobel. Anda bisa menggunakan Notepad untuk membuat dan mengedit file ini.

14. .vbs : Ini adalah ekstensi dari file hasil olahan Visual Basic, aplikasi pemrograman yang dikembangkan Microsoft untuk membantu para programer membuat aplikasi berplatform Windows. Langsung saja klik-dobel untuk menjalankannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.