Sukses

Bisnis adalah Kegiatan Ekonomi, Ketahui Fungsi dan Aktivitasnya

Bisnis adalah salah satu kegiatan ekonomi.

Liputan6.com, Jakarta Bisnis adalah salah satu kegiatan ekonomi yang bisa ditemui setiap saat. Bisnis bahkan dipelajari dalam satu bidang ilmu. Bisnis adalah entitas yang menyediakan layanan, produk, atau keduanya kepada konsumen.

Bisnis adalah hasil dari individu-individu yang bekerja sama secara terorganisir. Salah satu fungsi bisnis adalah memenuhi kebutuhan masyarakat. Sementara tujuan bisnis adlaah untuk mecari keuntungan.

Secara umum, bisnis adalah setiap entitas yang mencari keuntungan dari suatu kegiatan. Bisnis adalah istilah yang luas, tetapi kegiatan mencari keuntungan ini umumnya mencakup penyediaan beberapa jenis barang atau jasa. Bisnis adalah bagian penting dalam aktivitas ekonomi.

Berikut pengertian bisnis, fungsi, dan aktivitasnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(24/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Asal kata bisnis

Bisnis berasal dari serapan bahasa Inggris Business. Kata ini berasal dari kata Inggris Kuno bisignis, yang berarti "kecemasan". Ini diartikan sebagai keadaan sibuk. Arti aslinya sudah usang, seperti pengertian bahasa Inggris Tengah tentang "keadaan banyak sibuk atau sibuk". Terakhir istilah sibuk digantikan oleh busyness.

Sementara business pada era modern saat ini merujuk pada kegiatan membuat, membeli, atau menjual barang atau memberikan jasa dengan imbalan uang. Menurut KBBI, bisnis adalah usaha komersial dalam dunia perdagangan, bidang usaha, dan usaha dagang.

Kata bisnis sering mengacu pada pekerjaan atau perdagangan tertentu. Kata bisnis dapat merujuk pada aktivitas yang dilakukan untuk pekerjaan. Bisnis juga dapat menggambarkan tujuan keuangan perusahaan.

3 dari 7 halaman

Pengertian bisnis secara umum

Bisnis adalah kegiatan mencari uang atau menghasilkan uang dengan memproduksi atau membeli dan menjual produk. Melansir Investopedia, bisnis adalah organisasi atau entitas giat yang terlibat dalam kegiatan komersial, industri, atau profesional. Istilah bisnis juga dapat digunakan untuk mendefinisikan upaya dan kegiatan individu untuk memproduksi dan menjual barang dan jasa untuk mendapatkan keuntungan.

Bisnis berkisar dalam skala dari kepemilikan tunggal hingga perusahaan internasional dan dapat berkisar dari kecil hingga besar. Bisnis umumnya mengacu pada organisasi yang mencari keuntungan dengan menyediakan barang atau jasa dengan imbalan pembayaran.

Tujuan bisnis akan bervariasi berdasarkan jenis bisnis dan strategi bisnis yang digunakan. Terlepas dari strategi yang dipilih, bisnis harus menyediakan layanan, produk, atau barang yang memenuhi kebutuhan masyarakat dalam beberapa cara.

4 dari 7 halaman

Pengertian bisnis menurut ahli

Peterson

Menurut Peterson, bisnis adalah serangkaian aktivitas yang berhubungan dengan pembelian atau penjualan barang atau jasa secara konsisten.

Dicksee

Menurut Dicksee, bisnis adalah bentuk kegiatan yang tujuan utamanya memperoleh keuntungan bagi yang mengusahakan atau berkepentingan.

Louis E. Boone

Bisnis adalah seluruh kegiatan dan usaha mencari keuntungan dengan menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan bagi sistem perekonomian. Beberapa bisnis memproduksi barang berwujud, sementara lainnya memberi jasa.

Raymond E Glos

Bisnis adalah seluruh aktivitas yang terorganisir oleh orang yang berkecimpung dalam bidang industri dan perniagaan. Mereka menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standar serta kualita hidupnya.

Grififin dan Ebert

Menurut Grififin dan Ebert, bisnis adalah organisasi yang menyediakan barang atau jasa dengan maksud mendapatkan keuntungan.

William Pride, dkk

Menurut profesor terkenal William Pride, Robert Hughes, dan Jack Kapoor, bisnis adalah 'usaha terorganisir individu untuk memproduksi dan menjual, demi keuntungan, barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan masyarakat.'

5 dari 7 halaman

Fungsi bisnis

Kegunaan Bentuk

Kegunaan Bentuk atau Form Utility dalam bisnis adalah fungsi di mana sebuah bisnis menghasilkan bentuk barang atau jasa yang dibutuhkan masyarakat.

Kegunaan Tempat

Kegunaan Tempat atau Place Utility adalah fungsi bisnis di mana sebuah bisnis menyalurkan suatu barang atau jasa ke lokasi terdekat yang bisa dijangkau konsumen.

Kegunaan Pemilikan

Kegunaan Pemilikan atau Possessive Utility adalah fungsi penjualan dalam bisnis.

Kegunaan Waktu

Kegunaan Waktu atau Time Utility adalah fungsi bisnis berupa penyimpanan dan pemasaran dalam bisnis. Ini merupakan fungsi di mana barang pada saat itu kurang bermanfaat untuk nanti dikeluarkan pada saat barang tersebut lebih bermanfaat.

6 dari 7 halaman

Macam aktivitas bisnis

Akuntansi

Akuntansi dalam bisnis adalah pengukuran, pemrosesan, dan komunikasi informasi keuangan tentang entitas ekonomi. Akuntansi biasa disebut sebagai bahasa bisnis. Ia mengukur hasil kegiatan ekonomi organisasi dan menyampaikan informasi ini ke berbagai pelaku bisnis.

Keuangan

Keuangan adalah bidang yang berhubungan dengan studi tentang uang dan investasi. Keuangan mencakup dinamika aset dan kewajiban dari waktu ke waktu di bawah kondisi tingkat ketidakpastian dan risiko yang berbeda. Dalam konteks bisnis dan manajemen, keuangan berkaitan dengan masalah memastikan bahwa perusahaan dapat dengan aman dan menguntungkan melaksanakan tujuan operasional dan keuangannya.

Manufaktur

Manufaktur adalah produksi barang dagangan untuk digunakan atau dijual dengan menggunakan tenaga kerja dan mesin, peralatan, pemrosesan kimia dan biologi, atau formulasi.

7 dari 7 halaman

Macam aktivitas bisnis

Pemasaran

Pemasaran didefinisikan oleh American Marketing Association sebagai "aktivitas, serangkaian institusi, dan proses untuk menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan penawaran yang memiliki nilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat pada umumnya."

Penelitian dan Pengembangan

Penelitian dan pengembangan mengacu pada kegiatan yang berhubungan dengan inovasi perusahaan atau pemerintah. Penelitian dan pengembangan merupakan tahap pertama pengembangan layanan atau produk baru yang potensial. Penelitian dan pengembangan sangat sulit untuk dikelola karena ciri khas penelitian adalah peneliti tidak mengetahui secara pasti bagaimana mencapai hasil yang diinginkan.

Penjualan

Penjualan dalam bisnis adalah kegiatan yang berkaitan dengan penjualan atau jumlah barang atau jasa yang terjual dalam jangka waktu tertentu. Penjualan seringkali terintegrasi dengan semua lini bisnis dan merupakan kunci keberhasilan perusahaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.