Sukses

Mengenal Arti Ukhti dalam Agama Islam, Beserta Makna dan Contoh Penggunaannya

Menurut bahasa Arab, arti ukhti kurang lebih adalah (perempuan) sudara-ku.

Liputan6.com, Jakarta Arti ukhti dalam islam perlu kita ketahui agar tidak salah dalam penyebutannya. Biasanya, panggilan ini sering ditunjukkan untuk saudara perempuan. Meski terdengar familiar, ternyata masih banyak orang yang belum tahu arti ukhti yang sebenarnya.

Kata ukhti terdengar familiar di kalangan muslim di Indonesia. Seiring berjalannya waktu, ukhti bukan sekedar panggilan untuk saudara perempuan. Dalam konteks Indonesia, panggilan tersebut merujuk pada orang-orang yang berpenampilan agamis. 

Dengan masuknya bahasa asing masuk ke Indonesia termasuk bahasa Arab, membuat masyarakat Indonesia banyak mengenal kosakata seperti akhi, akhwat, ikhwan. Meskipun begitu, masih banyak orang yang ternyata belum pahamtentang penggunaan setiap kata-kata tersebut.

Berikut ini penjelasan mengenai arti ukhti beserta makna dan contohnya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jum’at (24/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Arti Ukhti

Kata ukhti memang sering dipakai untuk sapaan untuk perempuan muslim. Kata ukhti sendiri sebenarnya berasal dari kata dalam bahasa Arab. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, arti ukhti kurang lebih adalah (perempuan) sudara-ku.

Kata ukhti sendiri sebenarnya sudah masuk ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Dalam KBBI, kata ukhti menduduki kelas kata nomina dengan keterangan bahwa kata tersebut berasal dari bahasa Arab. Menurut KBBI, arti ukhti adalah saudariku. Hal ini merujuk seperti arti ukhti dalam bahasa Arab.

Namun belakangan ini, kata ukhti sudah jadi sapaan yang cukup umum dipakai di sebagian kalangan. Tak saja menunjukkan hubungan yang dekat dan akrab, dalam konteks sosial kata ukhti juga mempunyai makna yang lebih luas. Dalam konteks sosial, arti ukhti sering dikaitkan dengan seorang perempuan yang berpenampilan agamis.

3 dari 5 halaman

Makna Panggilan Ukhti dalam Agama Islam

Dalam agama Islam, ternyata arti ukhti tak sekadar panggilan biasa. Secara lebih dalam, panggilan tersebut juga menunjukkan ikatan persaudaraan sesama umat muslim. Itu artinya, panggilan ukhti bisa dibilang mulia dan sangat dianjurkan lantaran dapat memperkuat hubungan persaudaraan muslim.

Sebab, sebagaimana yang kita tahu dalam agama Islam menjaga silaturahim antar sesama muslim menjadi suatu keharusan. Hal itu sebagaimana yang terkandung dalam surat Ali Imran ayat 103, yang bunyi artinya adalah sebagai berikut:

'Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu karena nikmat Allah, menjadilah kamu orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu daripadanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.' (QS. Ali Imran: 103)

Selain dalam potongan ayat di atas, pentingnya menjaga silaturahim salah satunya dengan memberi sapaan yang baik juga disebutkan dalam hadis. Adapun dalam hadis yang diriwayatkan dari Abu Hurairah ra ia berkata sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda:

"Sesungguhnya Allah SWT menciptakan makhluk, hingga apabila Dia selesai dari (menciptakan) mereka, rahim berdiri seraya berkata: ini adalah kedudukan orang yang berlindung dengan-Mu dari memutuskan. Dia berfirman: "Benar, apakah engkau ridha jika Aku menyambung orang yang menyambung engkau dan memutuskan orang yang memutuskan engkau?" Ia menjawab: iya. Dia berfirman: "Itulah untukmu."

4 dari 5 halaman

Contoh Penggunaan Kata Ukhti dalam Kehidupan Sehari-Hari

Untuk memahami arti ukhti sebagai istilah sapaan, tak akan lengkap jika tidak menyimak beberapa contoh penggunaannya. Berikut ini terdapat beberapa contoh penggunaan sapaan ukhti di keseharian, yaitu:

1. Ukhti fillah rahimakumullah

2. Apa kabar ukhti?

3. Jazakallah khair ukhti

4. Asalamu'alaikum ukhti

5. Permisi, mohon maaf ukhti boleh bertanya sekarang pukul berapa ya?

6. Ukhti, kenapa kamu tidak datang ke acara pengajian kemarin?

5 dari 5 halaman

Mengenal Arti Akhi, Akhwat, dan Ikhwan

Setelah mengetahui arti ukhti dalam islam, berikut ini ada beberapa penjelasan mengenai arti akhi, akhwat, dan ikhwan:

1. Arti Akhi

Kata akhi berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti saudara laki-lakiku. Akhi merupakan bentuk tunggal dari ikhwan, yang merupakan sebutan bersifat jamak untuk laki-laki secara umum (para ikhwan). Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, kata ikhwan memiliki arti saudara atau teman.

2. Arti Akhwat

Sementara itu, kata akhwat merupakan bentuk jamak dari ukhti. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, kata akhwat memiliki arti saudara perempuan, teman perempuan, atau perempuan muslim. Kata ini memiliki arti saudara-saudara perempuan dan ditujukan kepada sekelompok perempuan muslim. Kata akhwat dipakai untuk kata ganti orang ketiga.

3. Arti Ikhwan

Kata ikhwan berarti sebutan untuk saudara-saudara laki-laki atau sekelompok laki-laki atau secara umum. Kata ikhwan adalah bentuk jamak dari kata akhi yang memiliki makna sebutan untuk laki-laki muslim dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI. Kata ikhwan merupakan kata ganti orang ketiga. Kata ikhwan digunakan untuk merujuk kepada banyak laki-laki muslim secara keseluruhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.