Sukses

Manager Adalah Orang yang Menjalankan Kegiatan Manajemen, Ketahui Tugasnya

Manager adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengarahkan usaha yang bertujuan membantu organisasi dalam mencapai sasarannya.

Liputan6.com, Jakarta Manager adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengarahkan usaha yang bertujuan membantu organisasi dalam mencapai sasarannya. Dalam hal ini manager berperan mengatur manajemen di perusahaan.

Sedangkan, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, manager adalah orang yang bertanggung jawab dan bertanggung jawab yang menciptakan, mengatur, mengarahkan dan mengendalikan rencana untuk mencapai tujuan tertentu.

Tugas seorang manager adalah untuk mengintegrasikan berbagai jenis variabel (karakteristik, budaya, pendidikan, dll) kedalam suatu tujuan organisasi yang identik melalui penerapan mekanisme adaptasi. Tak hanya itu, masih banyak tugas manager.

Untuk lebih rinci, berikut ini ulasan mengenai pengertian manager menurut para ahli beserta fungsi dan tugas-tugasnya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (25/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Manajer Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui pengertian manager secara umum, berikut ini ada sejumlah pengertian manager menurut para ahli yaitu:

Robert Tanembaum

Manager adalah seseorang yang memimpin orang lain dan bertanggung jawab atas pekerjaan itu.

Millet

Manager adalah orang yang memimpin dan mengarahkan pameran orang-orang yang telah secara resmi diorganisasikan dalam kelompok untuk mencapai tujuan bersama.

Kimball and Kimball

Manager adalah orang yang memahami semua fungsi dan tugas, termasuk sistem perakitan perusahaan, pembiayaan, penyediaan semua peralatan di perusahaan, menentukan kontur dan menyiapkan kerangka organisasi untuk memilih pejabat terbaik.

James A.F Stonner

Manager adalah seseorang yang melakukan atau mengatur semua upaya perencanaan, organisasi, manajemen dan pengendalian anggota organisasi, serta penggunaan sumber daya organisasi lainnya untuk mencapai tujuan organisasi yang telah lama ditetapkan.

Prof. Dr. H. Arifin Abdurachman

Manager didefinisikan sebagai orang yang melakukan kegiatan atau kegiatan, “memproses kegiatan dalam urutan atau urutan”, lembaga atau orang yang melakukan kegiatan atau proses kegiatan.

Dr. Sp. Siagian

Seorang manager adalah seseorang yang memiliki kemampuan atau kemampuan untuk mencapai suatu hasil guna mencapai tujuan melalui karya orang lain.

3 dari 5 halaman

Fungsi Manager

Fungsi manager adalah untuk bertanggung jawab mengelola perusahaan. Manager mungkin bertanggung jawab pada sebuah departemen dan orang-orang yang bekerja di dalamnya. Dalam beberapa kasus, manager bertanggung jawab atas keseluruhan bisnis. Misalnya, "manager restoran", bertanggung jawab atas seluruh restoran.

Seorang manager adalah orang yang menjalankan fungsi managerial utama. Mereka harus memiliki kekuatan untuk mempekerjakan, memecat, mendisiplinkan, melakukan penilaian kinerja, dan memantau kehadiran. Mereka juga harus memiliki wewenang untuk menyetujui lembur, dan mengesahkan liburan. Berikut fungsi manager selengkapnya yang dilansir dari cliffnotes, yaitu: 

1. Perencanaan

Fungsi ini melibatkan pemetaan dengan tepat bagaimana mencapai tujuan tertentu. Katakanlah, misalnya, tujuan organisasi adalah meningkatkan penjualan perusahaan.  Manager pertama-tama perlu memutuskan langkah mana yang diperlukan untuk mencapai tujuan itu. Langkah-langkah ini mungkin termasuk meningkatkan periklanan, inventaris, dan staf penjualan. Langkah-langkah yang diperlukan ini dikembangkan menjadi sebuah rencana. Ketika rencana sudah ada, manager dapat mengikutinya untuk mencapai tujuan meningkatkan penjualan perusahaan.

2. Pengorganisasian

Setelah sebuah rencana dibuat, seorang manager perlu mengatur tim dan materialnya sesuai dengan rencananya. Memberikan pekerjaan dan memberikan wewenang adalah dua elemen penting dalam pengorganisasian.

3. Kepegawaian

Setelah seorang manager memahami kebutuhan daerahnya, dia dapat memutuskan untuk meningkatkan kepegawaiannya dengan merekrut, memilih, melatih, dan mengembangkan karyawan. Seorang manager dalam organisasi besar sering bekerja dengan departemen sumber daya manusia perusahaan untuk mencapai tujuan ini.

4. Memimpin

Seorang manager perlu melakukan lebih dari sekadar merencanakan, mengatur, dan mengatur timnya untuk mencapai tujuan. Dia juga harus memimpin. Memimpin melibatkan memotivasi, mengkomunikasikan, membimbing, dan mendorong. Ini membutuhkan manager untuk melatih, membantu, dan memecahkan masalah dengan karyawan.

5. Pengendalian

Setelah elemen lain berada di tempatnya, fungsi manager belum selesai. Dia perlu terus memeriksa hasil terhadap tujuan dan mengambil tindakan korektif yang diperlukan untuk memastikan bahwa rencana daerahnya tetap sesuai rencana. Semua manager di semua tingkat di setiap organisasi menjalankan fungsi ini, tetapi jumlah waktu yang dihabiskan manager untuk masing-masing fungsi bergantung pada tingkat manajemen dan organisasi tertentu.

4 dari 5 halaman

Tugas Utama Seorang Manager

Setelah mengetahui fungsi seorang manager, berikut ini terdapat beberapa tugas utama seorang manager, yaitu:

1. Memimpin suatu organisasi atau perusahaan.

2. Mengendalikan, mengelola dan mengatur organisasi.

3. Dapat meningkatkan perkembangan sebuah organisasi.

4. Dapat untuk mengatasi semua dari berbagai jenis masalah yang telah ada di dalam organisai.

5. Dapat untuk mengendalikan dan juga mengawasi suatu perorganisasian.

6. Menciptakan rasa kepercayaan terhadap orang lain.

7. Meningkatkan rasa tanggung jawab atas semua hal.

8. Dapat untuk mengevaluasi seluruh aktivitas dan juga kegiatan pada suatu organisasi.

9. Menggali dan juga mengembangkan suatu sumber daya telah dihak oleh sebuah perusahaan dan organisasi.

5 dari 5 halaman

Peran Manager dalam Perusahaan

Peran dari seorang manager terbagi menjadi tiga bagian yaitu sebagai berikut:

1. Peran antara pribadi

Peran ini yang berhubungan dengan orang serta kewajiban lain yang mempunyai sifat seremonial dan juga simbolis. Peran ini yang mencakup juga sebagai peran figur untuk para bawahannya, pemimpin dan penghubung.

2. Peran informasional

Peran ini yang mencakup peran dari manager untuk berkemampuan memantau serta dapat menyebar informasi, dan juga tentunya berperan sebagai jubir (juru bicara).

3. Peran dalam pengambilan keputusan

Peran pengambil keputusan ini yang mencakup peran untuk seorang wirausahawan, mampu menyelesaikan masalah, dapat membagi sumber daya serta mampu berunding. Yang dengan dilihat dari garis besar kegiatan atau juga aktivitas yang dapat dijalankan oleh para manager adalah untuk melakukan berbagai interaksi dengan orang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.