Sukses

Hafiz Fatur Adik Irwansyah Jadi DPO Atas Kasus Penggelapan Dana, Ini 4 Faktanya

Adik Irwansyah, Hafiz Fatur, diduga gelapkan dana mencapai Rp 4,3 miliar.

Liputan6.com, Jakarta Kabar kurang sedap kini tengah dihadapi oleh pasangan selebriti Irwansyah dan Zaskia Sungkar. Pasangan yang menikah pada 2011 silam ini mendapati diri mereka telah menjadi korban penipuan. 

Sebelumnya kabar itu mereka ungkapkan lewat unggahan video YouTube The Sungkars Family. Dalam video tersebut Zaskia menceritakan bagaimana perasaan keluarganya yang ditipu. Lantaran kakak Shireen Sungkar ini terheran-heran karena orang yang menipu membawa harta mereka adalah saudara Irwansyah sendiri. 

Dari kabar itu, kemudian ini adik Irwansyah, Hafiz Fatur, pun ditetapkan menjadi tersangka. Diduga Hafiz Fatur telah melakukan tindakan penggelapan dana mencapai miliaran rupiah.

Tak ada itikad baik dan kooperatif dengan pihak kepolisian, nama Hafiz Fatur pun masuk dalam Daftar Pencarian Orang atau DPO. Lebih jelasnya berikut ini Liputan6.com rangkum 4 faktanya dari berbagai sumber, Minggu (26/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Diduga Gelapkan Dana Rp 4,3 Miliar

Hafiz Fatur dieknal sebagai adik Irwansyah yang juga kerap tampil berakting di beberapa FTV. Lama tak tampil di layar kaca, namanya mendadak mengejutkan publik.

Dirinya diduga telah melakukan tindakan penggelapan dana. Ia terseret dalam kasus yang diduga melakukan penipuan sebanyak miliaran rupiah pada kakaknya sendiri.

Ia dikabarkan melakukan pinjaman fiktif melalui program kredit usaha rakyat (KUR) di salah satu bank di Bogor senilai Rp 3,8 miliar. Selain itu, Hafiz juga menggelapkan uang Koperasi Taman Wisata Matahari (TWM). Total keseluruhan kerugian yang disebabkannya mencapai Rp 4,3 miliar.

3 dari 5 halaman

2. Jadi Buronan Polisi

Pihak kepolisian telah melayangkan surat panggilan sebanyak tiga kali pada Hafiz Fatur. Lantaran tak menggubris pemanggilan dan dianggap tak kooperatif, nama Hafiz Fatur keudian masuk dalam Daftar Pencrian Orang atau DPO. 

Keputusan polisi menjadikannya buronan ini juga dilatar belakangi pihak keluarga yang sudah tak lagi berkomunikasi dengan Hafiz Fatur. 

 

4 dari 5 halaman

3. Pakai Data Karyawan

Kasi Pidsus Kejari Kabupaten Bogor Dodi Wiraatmaja meneybut jika adik Irwansyah tersebut mengunakan data 22 karyawannya dari PT Halal Berkah Indonesia (HBI) untuk mengajukan pinjaman di BRI di KCP Tegar Beriman dengan total pinjaman Rp 3,8 miliar.

Ia  juga menggunakan koperasi Taman Wisata Matahari (TWM) untuk meminjam uang kepada bank. Rupanya diketahui jika kasus yang dilakukan Hafiz Fatur sudah dilakukan sejak 2018 lalu.

5 dari 5 halaman

4. Aset Harta Irwansyah dan Zaskia Turut Jadi Sasaran Penipuan

Lewat channel YouTube-nya, Zaskia SUngkar ungkap jika aset dan harta miliknya serta sang suami jadi sasaran penipuan saudara sendiri. 

"Irwan habis ketipu total dia jumlahin pokoknya wow, karena berupa aset aset dia, mobil aku juga, ini menghadapi ujian yang sangat besar menurut aku. Dia sakit hati ada dan yang nipu saudaranya sendiri,” ujar Istri Irwansyah itu.

Rumah, tanah, semuanya ilang rasanya emang berat banget. Dulu dia nabung syuting pagi pulang pagi, sampai syuting di Malaysia, kini sekarang ilang.” imbuh Zaskia. 

Zaskia mengungkapkan bahwa kini harta dan aset yang masih dipegang keluarga hanyalah rumah yang kini ditinggali saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.