Sukses

Kriss Hatta Akui Pindah Agama Lagi, Ini 5 Faktanya

Liputan6.com, Jakarta Nama artis tampan, Kriss Hatta tengah jadi perbincangan publik. Pasalnya, pria kelahiran 1988 ini secara terang-terangan mengumumkan kalau ia kembali memeluk agama Nasrani. Diketahui sebelumnya, Kriss Hatta sempat menjadi mualaf setelah menikah dengan Hilda Vitria di tahun 2015.

Kini pemain sinetron 3 Sempruuul Mengejar Surga itu kembali memeluk agama Kristen di tahun 2019 lalu, ketika ia masih berada di Rumah Tahanan (rutan) Cipinang atas kasus penganiayaan. Kriss Hatta pun merasa lega dan bahagia di perayaan Natal.

Kriss Hatta menyampaikan langsung kepada wartawan, Sabtu (25/12/2021). Ia mengaku tak perlu sembunyi-sembunyi lagi jika ingin beribadah. Saat ini, Kriss Hatta mulai terbuka dengan keyakinan yang dianutnya.

"Hari ini lebih baik dari pada tahun kemarin, tahun kemarin, itu aku merayakan sama mama sembunyi-sembunyi. Hari ini aku udah mulai terbuka (pindah keyakinan) di sosmed, mulai terbuka juga ke teman-teman," kata Kriss Hatta, di Gereja Sumber Kasih, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu (25/12/2021).

Berikut beberapa fakta mengenai Kriss Hatta yang mengakui pindah agama kembali, dirangkum Liputan.com dari berbagai sumber, Senin (27/12/2021).

2 dari 6 halaman

1. Sempat Diam-Diam Pindah Agama

Pemilik nama lengkap Krisdian Topo Khuhatta ini memilih diam-diam pindah keyakinan. Pasalnya, ia tak mau disebut sebagai artis yang mempermainkan keyakinan.

"Ya masih nutupin aja orang yang masih menganggap aku permainan agama, masih tertutup tapi ibadah mah ibadah aja, tapi nggak ada yang diposting-posting nggak ada," katanya seperti dikutip oleh Liputan6.com dari Kapanlagi.com, Senin (27/12/2021).

3 dari 6 halaman

2. Merasa Lega

Kriss Hatta tak menampik sempat merahasiakan keputusannya kembali jadi umat Kristiani. Pada Natal tahun lalu saja, ia diam-diam ke gereja. Kini Kriss Hatta mengaku sudah lega dan bisa berbagi ucapan selamat di media sosial.

"Sekarang lebih lega aja sih nggak perlu harus berpura-pura, bisa dibilang nanti job job kayak Christmas udah bisa lagi ini yang penting hatinya kan di sini," tutur Kriss Hatta.

4 dari 6 halaman

3. Tak Masalah Dihujat

Kriss Hatta paham betul apa yang ia lakukan akan dihujat oleh netizen lantaran disebut-sebut mempermainkan keyakinan. Menurutnya, hal itu sudah menjadi resiko setelah ia mengumumkan ke publik memutuskan pindah keyakinan.

"Udahlah, konsekuensinya seperti itu. Pasti dicengin mempermainkan agama, agama buat mainan," ungkapnya.

5 dari 6 halaman

4. Sudah Yakin

Kini, pria 33 tahun ini kembali merayakan Natal bersama keluarga besarnya. Ia mengaku, natal tahun 2021 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, tahun lalu Kriss Hatta masih menutup-nutupi kalau ia kembali memeluk agama Nasrani.

"Natal tahun ini memang beda karena peliputan di rumah ibadah. Tahun kemarin ada peliputan tapi cuma sebatas makan sama mampir ke rumah ibadah. Jadi ini kayak upaya gua untuk kayaknya harus kasih tahu ke publik kalau gua sudah berpindah keyakinan kembali atau nggak kembali lagi ke keyakinan yang awal," kata mantan suami Hilda Vitria Khan tersbut.

6 dari 6 halaman

5. Ibunda Kriss Hatta Buka Suara

Ibunda Kriss Hatta, Tuty Suratinah juga ikut buka suara terkait keputusan anaknya kembali memeluk agama Kristen. Tuty Suratinah tak mempermasalahkan keputusan anaknya yang kembali pindah agama. Menurutnya, agama apa saja sama di mata Tuhan.

Tuty menambahkan kemungkinan sang anak mendapatkan ketenangan setelah memeluk agama Kristen kembali. Keluarga Kriss Hatta memang menjunjung tinggi perbedaan agama. Mereka saling menghormati satu sama lain. Adik Kriss Hatta juga diketahui merupakan seorang mualaf. Sedangkan ayah Kriss Hatta diketahui memeluk agama Budha.

"Agama di mana saja sama. Cuma ya mungkin kembalinya ke semula, ya mungkin lebih plong, lebih terbukalah hatinya," kata Tuty.