Sukses

8 Manfaat Kunir Asem bagi Pria, Baik untuk Vitalitasnya

Liputan6.com, Jakarta Kunir asem merupakan ramuan tradisional yang sekarang sudah bisa didapat dalam bentuk suplemen. Tak hanya baik untuk kesehatan wanita, karena ada segudang manfaat kunir asem bagi pria. Apa saja manfaat kunir asem bagi pria?

Manfaat kunir asem bagi pria baik untuk kesehatan vitalitas, mental, hingga kulitnya. Adanya manfaat kunir asem bagi pria ini berasal dari kandungan kurkumin, sifat antiinflamasi, hingga antioksidan yang lebih baik daripada antioksidan sintetis lainnya.  

Kunir asem baik pula untuk kesehatan jantung dan memori pada pria dan wanita. Health Line mengungkap kurkumin pada kunir asem mampu meningkatkan fungsi pada endothelium atau lapisan pembuluh darah.

Berikut Liputan6.com ulas tentang manfaat kunir asem bagi pria lebih dalam, Selasa (28/12/2021).

2 dari 3 halaman

Manfaat Kunir Asem bagi Pria

1. Mencegah Kanker Prostat

Manfaat kunir asem bagi pria baik untuk mencegah perkembangan kanker prostat. Di Inggris sekitar 1 dari 8 pria akan didiagnosis dengan kanker prostat dalam hidup mereka. Ini merupakan salah satu ancaman kesehatan paling umum bagi pria di atas usia 50 tahun. Sebuah penelitian di Jerman yang dipaparkan The Turmeric, menemukan kurkumin dapat mencegah perkembangan kanker prostat.

2. Menyehatkan Mental Pria

Manfaat kunir asem bagi pria baik untuk menjaga kesehatan mentalnya. Di momen Bulan Kesadaran Kesehatan Pria, sebuah penelitian diungkap oleh The Turmeric, bahwa 77% pria yang mengikuti survei kesehatan mental telah menderita kecemasan, stres, atau Depresi, dan 40% dari mereka sulit mengatasinya.

Kesehatan mental pria masih dianggap sebagai hal yang tabu. Ini menjadikan banyak pria tidak bisa mendapat penanganan tepat ketika mereka mengalami gangguan mental. Manfaat kunir asem bagi pria diungkap The Turmeric, telah terbukti mampu mengatasi perasaan negatif, kecemasan, dan depresi yang dialami oleh kebanyakan pria.

3. Baik untuk Perawatan Wajah dan Kulit Pria

Manfaat kunir asem bagi pria baik untuk perawatan wajah dan kulit pria. Kulit pria sekitar 20% lebih tebal dari kulit wanita karena mengandung lebih banyak kolagen, membantu membuatnya lebih kencang.

Ini menjadikan pria memiliki pori-pori lebih banyak dan lebih besar daripada wanita dan produksi sebum lebih tinggi. Ini pun berarti pria memiliki kulit lebih berminyak dan lebih rentan terhadap kotoran.

The Turmeric mengungkap manfaat kunir asem bagi pria yang dijadikan masker wajah atau perawatan kulit akan menjaganya tetap sehat. Ini karena sifat anti-inflamasi dan anti-bakterinya yang dikemukakan oleh banyak penelitian. Tertarik untuk mencoba?

4. Meningkatkan Vitalitas Pria

Manfaat kunir asem bagi pria baik untuk meningkatkan vitalitasnya. Diperkirakan sekitar 15% pria mengalami kehilangan libido, baik karena usia atau karena tekanan emosionalnya.

Pada sebuah penelitian yang dikemukakan The Turmeric, manfaat kunir asem bagi pria telah terbukti meningkatkan aliran darah yang mampu mengatasi gangguan ereksi dan meningkatkan produksi testosteron untuk membantu meningkatkan dorongan seks pria.

3 dari 3 halaman

Manfaat Kunir Asem bagi Pria

5. Mengatasi Nyeri Sendi

Manfaat kunir asem bagi pria baik untuk mengatasi nyeri sendinya. Ini baik untuk masalah inflamasi akut maupun kronis yang berdampak buruk pada arthritis (radang sendi) dan masalah kesehatan lain yang berhubungan dengan sendi. Arthritis Foundation memberikan saran konsumsi kapsul kunir atau kunyit dengan kandungan 400-600 miligram sebanyak 3 kali sehari untuk bisa merasakan manfaat baiknya.

6. Menyehatkan Tubuh

Manfaat kunir asem bagi pria baik untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Sejumlah penelitian telah membuktikan kunyit dan asam sama-sama memiliki efek antioksidan. Ada senyawa kurkumin pada kunyit dengan aktivitas antioksidan yang tinggi, begitu pula pada asam jawa.

Kandungan antioksidannya lebih baik dan lebih tinggi dibanding pada antioksidan sintetis. Pada sebuah penelitian tentang manfaat kunir asem disebut formula terbaik minuman kunyit asam terdiri dari 25 persen asam, 5 persen kunyit, dan 70 persen air untuk kadar antioksidan yang maksimal.

7. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat kunir asem bagi pria baik untuk mencegah penyakit jantung. Salah satu kandungan baik dalam kunir asem yang memberikan manfaat ini adalah kurkumin yang dikonsumsi secara langsung maupun dari suplemen.

Health Line mengungkap kurkumin pada kunir asem mampu meningkatkan fungsi endothelium atau lapisan pembuluh darah.

Endothelial dysfunction merupakan penyebab paling umum masalah penyakit jantung. Saat endothelium mengalami masalah maka tekanan darah sulit dikendalikan, inilah penyebabnya.

8. Memperbaiki Memori

Manfaat kunir asem bagi pria baik untuk memperbaiki memorinya dan meningkatkan kesehatan otak. Hal ini diungkap dalam sebuah studi yang dikemukakan Health Line, kurkumin dapat meningkatkan kadar faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF).

BDNF pada kurkumi merupakan senyawa yang membantu otak manusia bisa membangun koneksi baru dan mendorong pertumbuhan sel-sel otak. Maka tak heran bila manfaat kunir asem bagi pria baik untuk mencegah gangguan otak seperti penyakit Alzheimer pada pria maupun wanita yang mengonsumsinya.