Sukses

Pengertian Pola Hidup Sehat, Tujuan dan Cara Penerapannya yang Wajib Diketahui

Liputan6.com, Jakarta Pengertian pola hidup sehat adalah gaya hidup yang memerhatikan semua aspek kondisi kesehatan seseorang. Tak hanya soal makanan, tapi juga kebiasaan orang tersebut dalam berolahraga dan menjalani gaya hidup.

Pola hidup sehat penting untuk diterapkan sehingga fungsi tubuh dapat terjaga secara optimal. Dengan menerapkan pola hidup sehat, berbagai penyakit dan masalah kesehatan dapat dicegah. Tubuh pun bisa tetap bugar dan mampu melakukan berbagai aktivitas tanpa hambatan. 

Pola hidup sehat tak hanya soal makanan dan olahraga, namun juga istirahat yang cukup. Tujuan utama dari menjaga pola hidup sehat adalah untuk menjaga kesehatan fisik baik jasmani maupun rohani. Menerapkan pola hidup sehat juga memiliki segudang manfaat bagi tubuh kita.

Berikut ini penjelasan mengenai pengertian pola hidup sehat menurut para ahli beserta manfaat dan cara penerapannya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (28/12/2021).

2 dari 4 halaman

Pengertian Pola Hidup Sehat Menurut Para Ahli

Sebelum mengetahui manfaat dan langkah penerapannya, Anda perlu untuk mengetahui pengertian pola hidup sehat. Berikut ini ada sejumlah pendapat mengenai pengertian pola hidup sehat menurut para ahli, antara lain:

Arimbi Nimpuno

Menurut chef Arimbi Nimpuno, konsep hidup sehat itu apabila segala sesuatunya dilakukan secara seimbang. Hal itu meliputi makan, olahraga, dan istirahat. Artinya tidak ada diet ekstrem atau olahraga ekstrem melainkan olahraga sesuai porsinya.

Yongky Sentosa

Sementara itu, menurut Head of Personal Health Philips Indonesia, Yongky Sentosa, pengertian pola hidup sehat adalah saat seseorang mampu berolahraga dan olahraga sesuai porsinya serta dikombinasikan dengan makan yang sehat dan bergizi.

Cindiawaty Pudjiadi (Dokter Spesialis Gizi)

Menurutnya pola hidup sehat tidak cukup hanya dengan makan, tidur dan olahraga. Lebih dari itu, sehat merupakan kondisi yang baik secara keseluruhan, meliputi fisik, mental dan spiritual. Itu semua bisa terwujud apabila didukung banyak hal, seperti makan sehat, olahraga teratur dan istirahat. Selain itu, pikiran juga harus terus dijaga agar tidak stres.

3 dari 4 halaman

Manfaat Pola Hidup Sehat Bagi Tubuh

Setelah mengetahui pengertian pola hidup sehat yang telah dijelaskan di atas, berikut ini ada sejumlah manfaat pola hidup sehat, antara lain:

1. Terhindar dari Berbagai Macam Penyakit

Manfaat pola hidup sehat yang pertama adalah tubuh menjadi lebih sehat. Dengan rutin mengonsumsi makanan sehat setiap hari, badan akan dipenuhi lebih banyak nutrisi dan dapat meningkatkan metabolisme serta memperkuat imun. Ketika menerapkan pola hidup sehat dengan melakukan hal-hal yang baik untuk tubuh, kemungkinan terkena penyakit ringan dan berat secara otomatis akan berkurang. Beberapa penyakit yang bisa anda hindari antara lain adalah maag dan obesitas karena makan tidak teratur, migrain karena terlalu banyak begadang, dan bahkan penyakit berat seperti jantung, diabetes, dan juga kanker.

2. Memiliki Banyak Energi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ketika anda menjalani pola hidup sehat dan memperhatikan apa yang anda masukkan ke dalam badan, maka metabolisme dapat meningkat. Ketika metabolisme bekerja lebih cepat, badan akan memiliki lebih banyak energi alami yang dapat digunakan untuk melakukan aktivitas seperti menyelesaikan pekerjaan dan berolahraga.

3. Meningkatkan Produktivitas

Manfaat menerapkan pola hidup sehat yang lainnya adalah produktivitas akan meningkat. Anda bisa melakukan kegiatan sehari-hari dan bahkan mewujudkan impian anda tanpa hambatan. Mengonsumsi makanan yang bernutrisi ternyata berpengaruh terhadap fungsi otak. Selain menyehatkan badan, otak juga dapat berfungsi lebih optimal dan bisa melakukan aktivitas dengan lebih produktif lagi.

4. Berat Badan Terjaga

Menjaga makan dan rutin berolahraga dapat memberi manfaat yaitu berat badan turun atau terjaga di batas normal. Ketika berat badan terjaga, badan akan terasa lebih ringan dan anda tidak akan mudah lelah ketika melakukan banyak aktivitas. Manfaat lain dari berolahraga secara rutin dan menjaga makan adalah meningkatkan kekebalan tubuh serta kesehatan jantung.

5. Bersikap Lebih Positif

Setelah menjalani pola hidup sehat, tubuh pasti akan terasa lebih sehat. Seperti contohnya ketika berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang dapat memicu perasaan tenang dan bahagia. Dengan terpicunya hormon ini, anda pun otomatis akan merasa lebih positif dalam menjalani hidup.

6. Kesehatan Mental Terjaga

Dengan melakukan rutinitas yang baik untuk jiwa dan raga, kesehatan mental akan terjaga dan cenderung menjadi lebih stabil. Sebagai contoh, beberapa orang Depresi yang pergi ke psikolog biasanya disarankan untuk mencari rutinitas baru yang tidak melibatkan substansi apa pun. Salah satu rutinitas yang biasa disarankan antara lain adalah olahraga dan mencoba berbagai hal baru yang bisa menambah pengalaman dan pengetahuan. Gaya hidup sehat mampu menyeimbangkan kesehatan jiwa dan raga, sehingga siapapun yang menjalaninya dapat sehat “sepenuhnya.”

4 dari 4 halaman

Cara Penerapan Pola Hidup Sehat yang Baik dan Benar

Setelah mengetahui pengertian pola hidup sehat beserta manfaatnya, berikut ini ada beberapa cara penerapannya yang bisa anda praktikkan, yaitu:

1. Makan Secara Sehat dan Seimbang

Penerapan pola hidup sehat yang pertama adalah dengan makan secara sehat dan seimbang. Makanan yang anda konsumsi setiap hari sebaiknya mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Karbohidrat dan lemak berfungsi sebagai sumber energi bagi tubuh.

2. Istirahat yang Cukup

Penerapan pola hidup sehat berikutnya adalah dengan istirahat yang cukup. Tidak hanya memenuhi kebutuhan, istirahat yang cukup juga bisa meningkatkan mood, dapat memelihara kesehatan kulit dan penampilan anda. Menurut beberapa ahli hormon pertumbuhan manusia (HGH) paling banyak diproduksi dalam keadaan tidur nyenyak. HGH adalah kunci yang akan membuat kita tetap sehat juga awet muda bahkan ketika kita sudah berhenti tumbuh pada usia-usia tertentu.

3. Hindari Stres Berlebihan

Permasalahan dalam kehidupan memang kerap kali datang silih berganti. Hal semacam ini tidak jarang membuat seseorang akan rentan mengalami stres. Padahal stres merupakan salah satu pemicu datangnya penyakit dan berisiko membuat tubuh tampak lelah. Banyak jalan keluar untuk menghindari stres, seperti melakukan meditasi setiap pagi sebelum bekerja usahakan dilakukan di luar ruangan. Bisa juga dengan mendengarkan alunan musik yang santai, berpikir positif dan jalan-jalan supaya otak jauh lebih fresh.

4. Rajin Berolahraga

Langkah yang selanjutnya ialah dengan rajin berolahraga. Aspek tersebut mutlak harus dilakukan karena mempunyai sejumlah manfaat baik yang bisa anda dapatkan untuk kesehatan tubuh. Dengan berolahraga, tubuh dan tulang akan menjadi terbiasa untuk bergerak aktif. Tidak hanya itu, olahraga juga akan mencegah anda dari bahaya obesitas. Hal itu dikarenakan pada saat berolahraga, tubuh akan mengeluarkan keringat dan itu bertanda lemak-lemak yang ada pada tubuh ikut terbakar.