Sukses

Viral Kampung Dipenuhi dengan Makam, Penampakannya Bikin Merinding

Pemakaman langsung terlihat saat pintu rumah dibuka.

Liputan6.com, Jakarta Area pemakaman biasanya ditempatkan jauh atau dipisahkan dari permukiman penduduk. Pasalnya, pemakaman adalah area sakral. Sebagian orang juga menilai jika pemakaman merupakan salah satu tempat menyeramkan.

Tak jarang orang akan merasa merinding bila terlalu lama di kuburan. Namun, berbeda halnya dengan pemakaman yang satu ini. Makam-makam ini tampak memenuhi perkampungan penduduk. Warga pjuga tak segan tinggal di rumah yang dikelilingi oleh makam.

Dalam video yang diunggah akun TikTok @aadii_namina Senin (27/12/2021) saking banyaknya, makam-makam itu sampai berjajar di halaman rumah. Bahkan saat membuka pintu, sang pemilik rumah akan langsung disuguhi dengan pemandangan pemakaman.

Warga di kampung itu juga sudah terbiasa hidup dengan kuburan yang bahkan berada di teras rumah. Mereka sudah hidup berdampingan selama puluhan tahun. Sehingga mereka tak lagi merasa takut.

Berikut kisah selengkapnya, dilansir Liputan6.com dari TikTok @aadii_namina, Rabu (29/12/2021)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemakaman Terletak di Depan Pintu Rumah

Seperti yang ditampilkan dalam video, makam-makam tersebut letaknya berada dekat dengan rumah-rumah warga. Tak jarang keberadaannya langsung terlihat saat sang pemilik membuka jendela rumah mereka.

Kebanyakan makam yang berada di halaman depan tersebut berbentuk rapi, dan dibangun menggunakan keramik. Kampung yang berada di area makam ini terletak di TPU Kemlaten Cirebon, Jawa Barat. Sesuai dengan letaknya, kampung tersebut dinamakan Kampung Makam.

"ini rumah di depannya langsung makam, ini jalan tuh ke sana" kata pria yang ada di dalam video tersebut.

Di lokasi juga terdapat beberapa makam baru yang masih ada bunga segar di atasnya. Sementara itu, salah seorang warga yang tinggal di sana mengaku sudah terbiasa dengan suasana pemakaman di sekitar rumahnya.

@aadii_namina

INDONESIA punya cerita

♬ suara asli - 🔯 あ'アヂ_なみなみ 🔯 - 🔯 あ'アヂ_なみなみ 🔯
3 dari 3 halaman

Netizen Ikut Merinding

Sontak saja video kampung yang dipenuhi makam itu viral di media sosial. Hingga kini video tersebut telah ditonton lebih dari 7 juta pengguna TikTok dan banjir komentar. Tak sedikit orang ikut merinding melihat pemakaman yang berdempetan dengan rumah warga.

"Kasian bgt kurir klo antar barang ksitu malem," komentar @Rifan

"ya Allah,yang sy bingung urk air ,apakah layak utk d kosumsi," komentar @Katik

"ini perumhn terseram yg pernh ak tau," komentar @Alika&Rianto

"lebih baik gue pindah deh dri pada tiap hri jantunggan di ketok² kin sama penunggu situ," komentar @zaskiaputri4738

"itu gmna asal usulnya. tanah sengketa atau gmna.. jd bingung atara di buat kampung atau kuburan," komentar @Rina Kurniawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini